Hubungan Optimisme Dengan Problem Focused Coping Mahasiswa

Hubungan Antara Optimisme Dengan Problem Focused Coping 
Pada Mahasiswa Pengambil Skripsi

Mahasiswa akan mengalami permasalahan dalam kehidupan kesehariannya. Permasalahan  tersebut akan diselesaikan sendiri oleh mahasiswa karena merupakan tuntutan dan tanggung jawab yang harus dijalani, sehingga mahasiswa harus mampu menyesuaikan diri terhadap keadaan sekitarnya. Setiap permasalahan yang timbul akan mampu untuk diatasi dan diselesaikan jika seseorang memiliki sikap optimisme dimana optimisme itu sendiri berupa harapan-harapan positif yang akan membantu seseorang untuk bisa mengatasi hambatan-hambatan yang muncul dalam pencapaian tujuan atau target seorang individu (Scheier dan Carver, 1987).

Secara teoritis optimisme dapat mempengaruhi tingkat tanggapan penanganan masalah yang dilakukan oleh seseorang. Optimisme yang akan memberikan harapan positif bagi seseorang akan membantu terbentuknya kepercayaan diri untuk melakukan strategi coping yang bisa dan sesuai dilakukan untuk menghadapi masalah yang muncul. 

Menurut Carver dan Scheier dalam jurnal yang berjudul Optimism pada buku Positive Psychological Assesment seorang yang optimis akan lebih cepat menerima realitas tantangan yang muncul pada kehidupannya. Orang yang optimis akan lebih menggunakan strategi coping aktif yang lebih terfokus untuk menangani tantangan atau masalah yang dihadapinya (Lopez dan Snyder, 2003). Kecenderungan seseorang untuk melakukan problem focused coping akan lebih besar terjadi jika orang tersebut memiliki harapan positif atau optimisme. Hal ini ditunjukan dengan adanya semangat dan usaha pantang menyerah yang dilakukan dalam mengatasi masalah yang muncul. Sebagai perbandingan, seorang yang pesimistis akan cenderung menggunakan jenis coping emotion focused coping dimana merupakan bentuk pelarian dari masalah. Kecenderungan untuk percaya, meyakini, dan mengharapkan bahwa segala sesuatu akan menjadi baik berpengaruh pada persepsi individu dalam mendekati sumber tekanan atau masalah dan lebih proaktif serta asertif dalam penanganannya.

Individu dengan optimisme cenderung akan berusaha mengatasi masalahnya menggunakan strategi-strategi dalam problem focused coping yang dianggap mampu menyelesaikan, walaupun terkadang tidak selalu berakhir dengan kesuksesan.  Mahasiswa yang memiliki optimisme akan memandang kegagalan sebagai proses adaptasi terhadap kenyataan, dimana mahasiswa mengakui kenyataan akan kegagalan dan segera menyesuaikan diri. Mahasiswa akan membuat rencana yang lain agar tidak mengalami kegagalan yang sama.

Dasar teori ini menegaskan akan adanya hubungan yang signifikan antara optimisme dan problem focused coping. Hal ini dapat dilihat dari penjabaran teori di atas. Dengan adanya teori yang memperlihatkan hubungan antara optimisme dan problem focused coping maka skripsi ini dibuat untuk membuktikan bagaimana hubungan antara kedua variabel tersebut pada subyek penelitian mahasiswa yang sedang dalam proses skripsi. Teori ini akan menjadi asumsi akan adanya hubungan yang positif antara kedua variabel tersebut.  

Melihat penjabaran diatas terlihat bahwa fase mahasiswa yang mengambil skripsi adalah fase usia kedewasaan yang menurut teori adalah fase dimana manusia dapat berpikir logis dan realitas dalam menjalani sesuatu. Disaat dapat berfikir logis dan realistis seorang mahasiswa memiliki harapan logis yang mengarah pada motivasi yang kemudian menguat dan memperkuat tingkat optimisme mahasiswa tersebut. Dengan kuatnya optimisme seorang mahasiswa maka menurut teori semakin baik pula problem focused coping seseorang.
About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: