BURNOUT

What Is It?

Baron dan Greenberg (1990) mengartikan burnout sebagai sindrom kelelahan emosional, fisik dan mental yang diiringi perasaan rendahnya harga diri atau rendahnya efikasi diri, yang dihasilkan dari intensitas stress yang berkepanjangan.

Pendahuluan

Istilah burnout pertama kali diutarakan dan diperkenalkan kepada masyarakat oleh Herbert Freudenberger pada tahun 1973. Freudenberger adalah seorang psikolog klinis pada lembaga pelayanan sosial di New York yang menangani remaja bermasalah.. Freudenberger menjabarkan kasus tentang burnout dalam jurnal psikologi yang disebut dengan istilah “burnt out” sindrom (Farber, 1991).

Burnout diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Echols dan Shadily (1987) sebagai pemadaman. Tetapi terjemahan tersebut mungkin akan menimbulkan penafsiran yang kurang pas. Selanjutnya Davis dan Werther (1995) mendefinisikan burnout sebagai kondisi mental, emosional dan kadang kelelahan fisik yang disebabkan oleh hal yang mendasar dan stress yang berkepanjangan.

Lebih lanjut Rohman dkk (1997) mengatakan bahwa burnout merupakan keadaan internal negatif dari seseorang yang ditandai dengan tiga gejala, yaitu : kelelahan fisik, emosional, dan mental.

Ada beberapa ahli yang mendefinisikan tentang burnout, antara lain Maslach dan Jackson (dalam Schabracq dkk, 1996) yang mendefinisikan burnout sebagai sindrom dari kelelahan emosional, depersonalisasi dan menurunnya prestasi diri yang dapat terjadi pada individu yang bekerja. Sedangkan Pines dan Aronson (dalam Schabracq dkk, 1996) mendefinisikan burnout sebagai suatu kondisi kelelahan fisik, emosional dan mental yang disebabkan oleh keterlibatan yang lama atau jangka panjang pada situasi yang banyak permintaannya secara emosional.

Silahkan Download Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: