FREKWENSI PUASA

What Is It?

Puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa baik keinginan syahwat, perut, maupun faraj (kemaluan) seperti makan, minum dan jima’ dengan niat beribadah kepada Allah dari sejak terbit fajar sampai waktu terbenam matahari dengan beberapa syarat tertentu.

Pendahuluan

Puasa dalam bahasa Arab disebut dengan istilah saum atau siyam yang berarti imsak (menahan diri) dari segala sesuatu. Menurut istilah, puasa adalah salah satu bentuk ibadah dalam Islam yang berarti menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan ibadah tersebut pada siang hari (mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari).

Wahbah az-Zuhaili, ahli fikih dan usul fikih, mendefinisikan puasa sebagai menahan diri dari segala keinginan syahwat, perut serta faraj (kemaluan) dan dari segala sesuatu yang masuk ke dalam kerongkongan, baik berupa makanan, minuman, obat, dan semacamnya, pada waktu tertentu (mulai dari terbit fajar sadiq [sinar putih yang terbentang di ufuk timur] hingga terbenam matahari) yang dilakukan oleh orang muslim yang berakal, tidak haid, dan tidak pula nifas dengan melakukannya secara yakin (Dasuki, dkk., 1993).

Menurut Syeikh Muhammad Ali As-Shabuny, puasa adalah menahan diri dari makan, minum dan jima’ disertai dengan niat sejak dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, dan kesempurnaannya ialah dengan menjauhi hal-hal yang kotor dan tidak melakukan perkara yang diharamkan. Syeikh Muhammad bin Qosim Al-Ghazy mengatakan yang dimaksud puasa adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan, dengan niat yang ditentukan sepanjang hari puasa (yaitu hari-hari yang boleh dipuasai) yang dilakukan oleh orang Islam yang berakal dan suci dari haid dan nifas–bagi wanita. Al-Imam Taqiyuddin Al-Husaini berpendapat bahwa puasa adalah menahan diri dalam hal tertentu dari orang tertentu, di dalam waktu yang tertentu pula dengan beberapa syarat (Romli, 1985).

Download Versi Lengkapnya

Hubungan Antara Frekuensi Puasa Dengan Sikap Terhadap Perilaku Seksual

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: