INTENSI MENYONTEK

What Is It?

Intensi menyontek adalah niat untuk melakukan kecurangan melalui pemanfaatan informasi yang berasal dari luar dan perilaku yang tidak sah pada saat ujian dan pada saat pengerjaan tugas akademik

Pendahuluan

Kamus lengkap bahasa Indonesia dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1989) mengartikan contek sebagai meniru atau menjiplak atau mengutip tulisan sebagaimana aslinya karena malas belajar yang dilakukan setiap ujian atau bertanya kepada teman sebangkunya.

Menyontek dapat diartikan sebagai suatu tindakan kecurangan yang dilakukan dalam mengerjakan tes melalui pemanfaatan informasi yang berasal dari luar secara tidak sah (Sujana dan Wulan, 1994). Informasi dari luar tersebut bisa berasal dari buku, catatan, buku pelajaran, lembar jawaban orang lain, tulisan yang ditulis pada kertas kecil, sapu tangan, atau telapak tangan dan bentuk contekan lain yang equivalen dengan lembar contekan.

Thornburg (1982) mengatakan bahwa menyontek merupakan pengambilan atau permintaan bantuan yang tidak legal dalam tes. Menyontek merupakan tindak kecurangan dalam tes melalui pemanfaatan informasi yang berasal dari luar secara tidak sah. Sedangkan Stephens (1951) memakai istilah menyontek untuk menunjukan tindakan meningkatkan nilai secara tidak pantas dengan cara “melirik sejenak” (peeking) atau bentuk pelanggaran lain yang sejenis.

Redl dan Wattenberg (1957) menjelaskan bahwa siswa dikatakan menyontek apabila pada saat tes mereka membuka buku pelajaran atau catatan yang disembunyikan dibawah kertas pada laci meja atau menyalin jawaban dari siswa lain terutama siswa yang pandai dalam kelas.

Silahkan Download Selengkapnya

Download Versi Lengkapnya
EFIKASI DIRI DAN INTENSI MENYONTEK SISWA SMA MUHAMMADIYAH I PRAMBANAN JOGJAKARTA

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: