KECERDASAN EMOSI

What Is It?

Kecerdasan emosional adalah suatu kemampuan seseorang yang terdiri dari kemampuan untuk dapat memahami dan mengelola emosi diri sendiri agar terkendali dan kemampuan untuk memahami orang lain.

Pendahuluan

Istilah kecerdasan emosional pertama kali dikemukakan oleh Salovey dan Mayer (Shapiro, 1997) untuk menerangkan kualitas-kualitas emosional yang penting bagi keberhasilan seseorang. Kualitas-kualitas tersebut antara lain: empati, mengungkapkan dan memahami perasaan, mengendalikan amarah, kemandirian, kemampuan menyesuaikan diri, diskusi, kemampuan memecahkan masalah antarpribadi, ketekunan, kesetiakawanan, keramahan dan sikap hormat.

Goleman (2003) mendefinisikan bahwa kecerdasan emosional adalah suatu kemampuan, seperti kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustasi, mengendalikan dorongan hati dan tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar beban stress tidak melumpuhkan kemampuan berpikir, berempati dan berdoa.

Salovey dan Mayer (Stein dan Book, 2002) menjelaskan kecerdasan emosional sebagai kemampuan untuk mengenali perasaan, meraih dan membangkitkan perasaan untuk membantu pikiran, memahami perasaan dan maknanya, dan mengendalikan perasaan secara mendalam sehingga membantu perkembangan emosi dan intelektual.

Silahkan Download Selengkapnya

Download Versi Lengkapnya

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KECENDERUNGAN PENYALAHGUNAAN NAPZA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: