KEMATANGAN EMOSI

What Is It?

Menurut Kamus Bahasa Indonesia kontemporer (1991) matang adalah proses perkembangan seseorang menuju kedewasaan yang berhubungan dengan perkembangan fisik dan psikologis. Monks, Knoers, & Haditotono (2002) mengatakan bahwa kematangan merupakan suatu kemampuan berfungsi dalam tingkat yang lebih dari fungsi-fungsi psikis sebagai hasil dari pertumbuhan fisik.

Pendahuluan

Kematangan emosi menurut Morler adalah kemampuan seseorang untuk memberikan respon terhadap keseluruhan tingkatan emosi yang ada pada diri individu. Selain itu kematangan emosi juga merupakan hasil pilihan seseorang yang diambil secara sadar dan dari pilihan tersebut kita mempertanggungjawabkannya (http://www.ideodynamic.com/enneagram-monthly/EM_archiv.htm?2004)

Covey (www.franklincovey.com) mengemukakan bahwa kematangan emosi adalah kemampuan untuk mengekspresikan perasaan-perasaan yang ada dalam diri secara yakin dan berani, yang diimbangi dengan pertimbangan-pertimbangan akan perasaan dan keyakinan individu lain.

Kematangan emosi merupakan sebuah kualitas seseorang yang merupakan prestasi puncak dari pendidikan, hubungan mereka dengan orang lain serta karir (Ferrett dalam (http://www.sc.edu/fye/events/archive/pdf/2004_annual.pdf#search=’emotional%20maturityin%20pdf’). Masih menurut Ferret, kematangan emosi adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memahami dan mengontrol emosi yang ada dalam diri, adanya keinginan untuk tumbuh dan belajar, keinginan untuk menjadi orang yang baik, dan juga kapasitas seseorang untuk memiliki empati terhadap orang lain.

Kematangan emosi merupakan tahapan dari perkembangan dalam kehidupan emosional individu yang dapat dibandingkan dengan orang dewasa (Hurlock, 1949). Masih menurut Hurlock (1973), orang yang matang emosinya adalah seseorang yang dewasa yang belajar mengenai kapan dan bagaimana ia dapat mengontrol emosinya.

Silahkan Download Selengkapnya

Download Versi Lengkapnya

HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN PROACTIVE COPING PADA MAHASISWA BERORGANISASI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: