KLEPTOMANIA

What Is It?

Dalam kamus “ The Advanced Learner’s of Current English “, kata kleptomania diberi batasan sebagai “ irressistable tendency to steal not from poverty but from weakness of mind “ ( dalam Kaplan & Sadock,1997)
(kecenderungan yang tidak bisa ditahan untuk mencuri, bukan disebabkan karena kemiskinan tetapi karena kelemahan jiwa).

Pendahuluan

Berangkat dari batasan diatas, seorang kleptomania melakukan pencurian bukan karena ia memang memerlukan barang yang diambilnya atau bukan karena barang itu memiliki nilai yang mahal. Ia melakukan pencurian karena adanya dorongan yang tidak bisa ditahannya. Dilihat dari kacamata ilmu jiwa, kleptomania merupakan sebuah impuls abnormal untuk mencuri. Ini merupakan penyakit mental patologis.

Seperti gangguan pengendalian impuls lainnya, kleptomania ditandai oleh ketegangan yang memuncak sebelum tindakan, diikuti oleh pemuasan dan peredaan ketegangan dengan atau tanpa rasa bersalah, penyesalan, atau depresi selama tindakan. Mencuri adalah tidak direncanakan dan tidak melibatkan orang lain.

Walaupun pencurian tidak terjadi jika kemungkinan akan ditangkap, orang kleptomania tidak selalu mempertimbangkan kemungkinan penangkapan mereka, kendatipun penahanan yang berulang menyebabkan penderitaan dan rasa malu. Orang kleptomania mungkin merasa bersalah dan cemas setelah mencuri, tetapi mereka tidak marah atau balas dendam. Selain itu, jika benda yang dicuri adalah sasaran, diagnosis bukan kleptomania, karena kleptomania tindakan mencuri itu sendirilah yang merupakan sasaran.

Silahkan Download Selengkapnya

Download Versi Lengkapnya

Kontrol Diri Pada Penderita Kleptomania

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: