KOMITMEN ORGANISASI

What is It?

komitmen organisasi merupakan sikap individu dan nilai-nilai yang diberikan kepada organisasi dalam rangka untuk mengabdikan dirinya dalam satu organisasi serta terlibat dalam upaya-upaya mencapai misi, nilai-nilai dan tujuan perusahaan. Bentuk konkritnya adalah sejauhmana karyawan mencurahkan perhatian, gagasan, dan tanggungjawabnya dalam upaya mencapai tujuan perusahaan.

Pendahuluan

Tuntutan persaingan mensyaratkan karyawan agar lebih berwawasan global, lebih responsif terhadap pelanggan, lebih fleksibel, lebih produktif dan sebagainya. Tuntutan tersebut memerlukan komitmen karyawan yang memberikan emosi, intelektual, dan energi fisik mereka terhadap kesuksesan dalam mencapai tujuan perusahaan. Namun demikian, banyak perusahaan hanya menuntut karyawannya dan tidak memperhatikan bagaimana membangun komitmen mereka. Sehingga perusahaan-perusahaan ini akan menciptakan tekanan dan kekalutan, dengan demikian karyawan menjadi depresi dan mengalami gejala kekacauan (Sugeng,2002).

Komitmen diartikan sebagai sikap karyawan untuk tetap berada dalam organisasi dan terlibat dalam upaya-upaya mencapai misi, nilai-nilai dan tujuan perusahaan (Alwi, 2001). Tingkat komitmen baik komitmen organisasi terhadap karyawan maupun sebaliknya sangat diperlukan, karena melalui komitmen-komitmen tersebut akan tercipta iklim kerja yang profesional dan kualitas kehidupan kerja yang baik.

Dipboye (1994), memberikan definisi mengenai komitmen organisasi sebagai identifikasi dan keterlibatan karyawan dalam organisasi secara khusus. Komitmen organisasi mengacu kepada sikap karyawan mengenai organisasi secara menyeluruh dan karenanya mungkin tidak banyak dipengaruhi oleh kejadian sehari-hari seperti perbedaan pendapat dengan supervisor.

Silahkan Download Selengkapnya

Download Versi Lengkapnya
KOMITMEN ORGANISASI KARYAWAN SEBELUM DAN PADA MASA KRISIS

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: