PENYALAHGUNAAN NAPZA

What Is it?

Kecenderungan penyalahgunaan NAZA adalah keinginan dalam diri seseorang untuk menggunakan NAZA di luar indikasi medik dan pemakaiannya bersifat patologik dengan penggunaan secara berkala atau terus-menerus paling sedikit satu bulan atau sering digunakan sehingga pada akhirnya dapat merugikan kesehatan jasmani, mental dan kehidupan sosial

Pendahuluan

Berbagai istilah sering digunakan yang tidak jarang dapat menimbulkan salah pengertian tidak saja di kalangan medis tapi juga awam. Istilah Narkoba yang merupakan singkatan dari Narkotika dan Obat Berbahaya dan NAPZA yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif dapat menimbulkan kebingungan, yaitu pengertian Obat Berbahaya dan Psikotropika (Hawari, 2000).

Hawari menjelaskan lebih lanjut bahwa bila suatu Obat dikatakan Berbahaya atau Terlarang tentunya istilah ini tidak tepat karena dalam kenyataannya yang disalahgunakan bukan Obat dalam pengertian untuk pengobatan (Medicine) melainkan zat atau bahan yang membahayakan kesehatan manusia. Psikotropika banyak jenisnya sebahagian sebagai zat atau bahan berbahaya, sebahagian lagi untuk pengobatan dan adiktif sifatnya.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas untuk menghilangkan kerancuan istilah dan pengertiannya, peneliti menggunakan istilah yang lebih tepat yaitu NAZA, yang merupakan singkatan dari Narkotika, Alkohol dan Zat Adiktif. Kata alkohol tidak terdapat di dalam istilah yang telah diuraikan di muka, padahal alkohol merupakan zat atau bahan yang berdampak negatif bagi kesehatan manusia sebagaimana halnya dengan narkotika.

Silahkan Download Selengkapnya

Download Versi Lengkapnya
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KECENDERUNGAN PENYALAHGUNAAN NAPZA

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: