PERSEPSI DISIPLIN KERJA

What Is It?

Persepsi disiplin kerja adalah proses kognitif (di dalam pikiran) seseorang dalam memberi arti terhadap peraturan-peraturan yang berlaku, baik tertulis maupun tidak tertulis, yang ditangkap melaui inderanya sebagai bentuk dari pengendalian diri karyawan serta sanggup menjalankannya dan tidak mengelak untuk menerima sanksi-sanksinya apabila melanggar tugas dan wewenang yang diberikan

Pendahuluan

Persepsi pada hakekatnya adalah proses kognitif yang dialami oleh setiap orang di dalam memahami informasi tentang lingkungannya, baik lewat penglihatan, pendengaran, penghayatan perasaan dan penciuman. Kunci untuk memahami persepsi itu merupakan suatu penafsiran yang unik terhadap situasi, dan bukan suatu pencatatan yang benar terhadap situasi (Toha, 1995). Persepsi muncul karena adanya dua faktor baik internal maupun eksternal. Faktor internal antaranya tergantung pada proses pemahaman sesuatu termasuk di dalamnya sistem nilai tujuan, kepercayaan, dan tanggapan terhadap hasil yang dicapai. Faktor eksternal berupa lingkungan. Faktor ini menimbulkan persepsi karena didahului oleh suatu proses yang dikenal dengan komunikasi (Toha, 1995).

Daft (2003) mengartikan persepsi sebagai sebuah proses yang digunakan orang untuk dapat mengerti lingkungannya dengan cara menyeleksi, mengorganisasi dan menginterpretasikan informasi dari lingkungan. Setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda tergantung dari penafsiran atau pengartian dari apa yang ditangkap oleh inderanya. Seperti yang dikemukakan oleh Sigit (2003) bahwa persepsi ialah proses kognitif (dalam pikiran) seseorang untuk memberi arti terhadap stimuli dari lingkungan yang dapat ditangkap melalui inderanya (sensation).

Silahkan Download Selengkapnya

Download Versi Lengkapnya

HUBUNGAN BURNOUT DENGAN PERSEPSI DISIPLIN KERJA KARYAWAN ALAI YASA PT KERETA API ( PERSERO ) YOGYAKARTA

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: