PROACTIVE COPING

What Is It?

Greenglass (2001) mendefinisikan proactive coping sebagai strategi koping yang multidimensional dan lebih banyak melihat pada pencapaian tujuan akhir. Proactive coping memfokuskan pada perbaikan kualitas hidup dan menggabungkan elemen-elemen psikologi positif. Masih menurut Greenglass, proactive coping mengintegrasikan proses dari kualitas personal dalam memanajemen kehidupan dengan pengaturan diri untuk mencapai tujuan.

Sebelum membahas mengenai pengertian proactive coping tentunya diawali dengan pembahasan mengenai coping terlebih dahulu. Lazarus & Folkman pada tahun 1984 (Smet, 1994) mendefinisikan coping sebagai suatu proses di mana individu mencoba untuk mengelola jarak yang ada antara tuntutan-tuntutan (baik itu tuntutan yang berasal dari individu maupun tuntutan dari lingkungan) dengan sumber-sumber daya yang mereka gunakan dalam menghadapi situasi stressful. Selain itu Folkman dan Lazarus (Greenglass 2001) mengatakan bahwa coping merupakan sebuah respon atas tuntutan situasi yang bersifat stressful.

Lazarus (Greenglass, 2001) mendefinisikan coping sebagai suatu usaha merubah kognitif dan perilaku untuk mengelola stress yang bersifat psikologis. Selain itu Greenglass (2001) mengatakan bahwa coping merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan sebelum stress tersebut terjadi. Pada literarur yang berbeda Greenglass (Lopez dan Snyder, 2003) berpendapat bahwa coping selain dapat terjadi sebagai suatu peristiwa kritis dan dalam rangka mengatasi suatu pemasalahan, juga dapat dijadikan sebagai pendekatan proaktif untuk mendorong seorang individu mencapai tujuan yang telah ditetapkannya dan memenangkan persaingan.

Bandura (Greenglas, 2001) menjelaskan bahwa untuk melakukan coping diperlukan suatu perencanaan, tujuan yang jelas dan aktivitas kognisi, baik sebelum dan sesudah melakukan coping. Masih menurut Bandura, coping meliputi jalan untuk mencapai tujuan serta suatu pemrosesan informasi untuk menyeleksi, mengkonstruksi dan mengevaluasi dari coping yang telah dilakukan.

Silahkan Download Selengkapnya

Download Versi Lengkapnya

Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Proactive Coping Pada Mahasiswa Berorganisasi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: