SIFAT KETERGANTUNGAN

What Is It?

Sifat ketergantungan adalah pola dasar yang ada pada diri manusia untuk mengawali kehidupannya dan sebagai landasan untuk berinteraksi sosial pada kehidupan selanjutnya

Pendahuluan

Para ahli teori belajar-sosial (Bandura, Dollard, Sears, Miller) sepakat bahwa ketergantungan adalah dasar pada semua proses sosialisasi (Gunarsa, 1981). Selanjutnya mereka menambahkan bahwa sifat ketergantungan berawal dari pola asuh orangtua khususnya seorang ibu. Peranan tokoh ibu terlihat pada bayi di mana ibunya adalah pelindung dan pengasuh yang mengerjakan semua kebutuhan dan kesenangan anak.

Bilamana ibu sering berada dekat dengan bayi, ia akan menimbulkan kesenangan. Sebaliknya bila kehadiran ibu tidak sering dalam kehidupan bayi, hal ini akan menimbulkan perasaan tidak enak pada bayi tersebut. Keadaan semacam ini menimbulkan perasaan tergantung kepada tokoh ibu pada bayi. Hubungan bayi dan ibu ini merupakan interaksi-sosial yang mula-mula dialami oleh bayi, yang kemudian meluas dengan ayahnya, anggota keluarga yang lain, dilanjutkan sesuai bertambahnya usia dengan teman, guru.

Kesulitan-kesulitan yang timbul dalam tingkah laku setelah remaja dan dewasa dihubungkan dengan proses sosialisasi ini. Misalnya timbul agresivitas banyak disebabkan oleh perasaan takut dan cemas karena rasa ketergantungan dan kekecewaan yang timbul dengan reaksi-reaksinya serta ulangan-ulangan penguatan orangtua atau ibunya.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka sifat ketergantungan dapat diartikan sebagai sifat yang lebih suka bergantung kepada orang lain. Anak lebih suka diatur, dituntun, ditata, dan diperhatikan oleh orang lain. Bersambung…….

Silahkan Download Selengkapnya

Download Versi Lengkapnya

Hubungan Antara Sifat Ketergantungan Dengan Peniruan Agresivitas Verbal Pada Anak

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: