SIKAP TERHADAP PERILAKU SEKSUAL

What Is It?

sikap terhadap perilaku seksual adalah bentuk evaluasi/reaksi perasaan yang merupakan konstelasi komponen-komponen kognitif, afektif dan konatif yang saling berinteraksi dalam memahami, merasakan dan berperilaku dengan memihak/tidak memihak terhadap perilaku seksual–yang merupakan manifestasi dari dorongan seksual individu melalui beberapa aspek yaitu psikologis, sosial, moral dan biologis.

Pendahuluan

Thurstone dan Osgood (dalam Azwar, 1988) mendefinisikan sikap sebagai suatu bentuk evaluasi atau reaksi perasaan. Sikap seseorang terhadap objek adalah perasaan mendukung atau memihak (favorabel) ataupun perasaan tidak mendukung (tak-favorabel) objek tersebut. Ahli yang lain seperti Allport mengemukakan bahwa sikap merupakan semacam kesiapan untuk bereaksi terhadap sesuatu objek dengan cara-cara tertentu. Agaknya tidak keliru bila kita menafsirkan kesiapan dalam definisi ini sebagai suatu kecenderungan potensial untuk bereaksi apabila individu dihadapkan pada suatu stimulus yang menghendaki adanya respon.

Sikap merupakan salah satu faktor yang penting dalam analisis tingkah laku atau perbuatan manusia. Hal ini sangat diperhatikan dan dipertimbangkan oleh para ahli. Masri (dalam Hastuti, 1994) memandang bahwa sikap merupakan kecenderungan untuk mengadakan respon dengan cara-cara yang khas terhadap suatu objek, dapat berupa orang atau situasi.

Atkinson dkk (1983) mengemukakan bahwa sikap meliputi rasa suka dan tidak suka; mendekati atau menghindari situasi, benda, orang, kelompok; dan aspek lingkungan yang dapat dikenal lainnya, termasuk gagasan abstrak dan kebijakan sosial.

Silahkan Download Selengkapnya

Download Versi Lengkapnya

Hubungan Antara Frekuensi Puasa Dengan Sikap Terhadap Perilaku Seksual

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: