DUKUNGAN KELUARGA

What Is It?

Dukungan keluarga adalah bantuan yang berupa perhatian emosi, bantuan instrumental, maupun penilaian yang diberikan oleh sekelompok anggota keluarga yang terdiri dari suami, ibu dan ibu mertua terhadap perempuan hamil yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan psikisnya

Pendahuluan

Dua kebutuhan sosial dasar manusia adalah kebersamaan atau rasa memiliki dan memiliki juga memperoleh dukungan dari lingkungannya (Strauss dan Sayles, 1980). Manusia sebagai makhluk sosial senantiasa membutuhkan kehadiran orang lain dalam kehidupannya. Sehingga dalam hal ini, manusia membutuhkan kehadiran individu lain diantaranya untuk memberikan dukungan dan bantuan apabila ia menghadapi suatu masalah.

Hubungan interpersonal merupakan salah satu ciri khas kualitas kehidupan manusia karena sudah menjadi sifat kodrat bahwa manusia adalah makhluk monodualis yang memiliki sifat makhluk individu dan sosial. Bantuan sekelompok individu terhadap individu atau kelompok lain disebut dengan dukungan sosial. Salah satu dukungan sosial adalah dari keluarga.

Dukungan sosial dapat menjelaskan mengapa sebagian orang mampu mengatasi masalah lebih baik dibandingkan dengan orang lain ketika dihadapkan pada kondisi stress yang sama. Dukungan sosial (social support) merupakan sumber eksternal yang dapat membantu individu untuk mengatasi suatu permasalahan, apapun wujud dukungan yang diberikan, (Norris dan Kaniasty, 1996).

Download Selengkapnya
BAB I
BAB II

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: