KECEMASAN WANITA HAMIL

What Is It?

Kecemasan adalah keadaan yang tidak menyenangkan individu yang disebabkan oleh konflik internal. Objek kecemasan bersifat abstrak, sehingga individu mengalami kecemasan akan memiliki ketidakjelasan tentang hal yang dicemaskan. Kecemasan juga dapat ditandai oleh simptom simptom yang tidak menyenangkan dari tingkat yang rendah sampai ke tingkat yang lebih tinggi

Pendahuluan

Kecemasan adalah emosi dasar manusia yang sudah diakui selama 5000 tahun yang lalu (Cohen, 1969, May, 1968 dalam Sue, dkk, 1986). Dalam kamus psikologi yang disusun oleh Budiardjo dkk, 1967 (dalamYasa, 1989) kecemasan adalah keadaan tertekan dengan sebab atau tanpa sebab yang yang dimengerti. Kegelisahan hampir selalu disertai dengan gangguan sistem syaraf otonom yang dapat menimbulkan rasa mual.

Kecemasan merupakan keadaan yang tidak menyenangkan individu dan disebabkan oleh konflik internal. Obyek kecemasan bersifat abstrak, sehingga individu yang mengalami kecemasan akan memiliki ketidakjelasan tentang hal yang dicemaskan. Kecemasan ditandai dengan simton-simton fisik yang tidak menyenangkan dari tingkat yang rendah sampai tingkat yang lebih tinggi, sehingga manusia akan berusaha untuk mengurangi perkembangan tingkat kecemasannya (Smith, 1968).

Menurut Sue, dkk, 1986 (dalam Yasa, 1989) kecemasan memiliki efek yang tidak menyenangkan, dapat menimbulkan kesalahan psikomotor dan intelektual, dapat merusak fungsi psikologis dan dapat mengganggu konsentrasi atau memori. Untuk melawan kecemasan, individu harus dapat memberikan reaksi secara tepat. Jika terlalu panjang waktunya antara proses menyadari dan reaksi, dapat membahayakan kelangsungan hidup manusia. Sehingga setiap individu mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi kecemasannya.

Download Selengkapnya

BAB I
BAB II

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: