HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP BK DENGAN MINAT BERKONSULTASI DI SMU ISLAM 3 PAKEM YOGYAKARTA

Pendahuluan

Keberhasilan suatu pembangunan sangat ditentukan oleh faktor manusianya atau sumber daya manusianya. Untuk mencapai kualitas sumber daya manusia yang mampu mengawal proses pembangunan atau perubahan sosial, maka diperlukan pembinaan dan pengembangan melalui proses pendidikan, pendidikan dalam aspek-aspek tertentu memungkinkan terjadinya proses sosialisasi yang berfungsi untuk memelihara keutuhan dan kelanjutan hidup bermasyarakat. Dengan kata lain pendidikan berusaha menyiapkan generasi-generasi muda untuk mengisi peranan-peranan tertentu dalam masyarakat dan mewariskan pengetahuan dan keterampilan tertentu.

Dalam undang-undang No 20 Tahun 2003, pendidikan diartikan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Landasan yuridis di atas memberikan isyarat bahwa lembaga pendidikan khususnya pendidikan formal yang dikelola secara terpadu oleh guru, konselor, tenaga administrasi, kepala sekolah, serta bantuan dari berbagai pihak terutama orang tua siswa untuk mampu mengembangkan potensi serta memberikan layanan dan bantuan sesuai dengan kebutuhan siswa di sekolah.

Di sekolah, bimbingan dan konseling harus turut membantu siswa dalam proses terwujudnya tujuan pendidikan. Oleh karena itu bimbingan memperhatikan dan mendukung agar tujuan pendidikan terealisasi semaksimal mungkin pada diri setiap anak didik. Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan dan memberi pertolongan kepada mereka dalam mengikuti proses pendidikan. Dengan demikian bimbingan dan konseling merupakan salah satu bentuk kegiatan yang mempunyai peranan penting.

Melalui layanan bimbingan dan konseling para peserta didik dibantu mengenal diri dan lingkungannya, serta perencanaan masa depan. Hal tersebut sesuai dengan pendapat (Mappiare, 1984) yang menyatakan bahwa bimbingan diperlukan individu untuk menciptakan situasi yang dapat menstimulirnya memahami diri dan lingkungan sehingga ia mampu membuat pilihannya secara bijak dan tepat dimasa mendatang. Dengan demikian, maka bimbingan dan konseling seharusnya diterapkan dan dilaksanakan secara proaktif oleh guru pembimbing atau konselor sesuai dengan kerangka kerja yang telah ditetapkan, dalam hal ini melaksanakan bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar dan bimbingan jabatan atau karir. Yang tentu saja sesuai dengan kondisi atau keadaan siswa yang membutuhkan.

Dalam proses pendidikan di sekolah, siswa kadang mengalami berbagai masalah yang dapat menghambat prestasi belajarnya. Masalah yang muncul dalam proses belajar siswa dapat menimbulkan berbagai gangguan yang dimanifestasikan dalam berbagai macam tingkah laku seperti membolos, datang terlambat, tidak menyelesaikan tugas, yang pada gilirannya tinggal kelas. Dengan demikian, untuk mengatasi masalah yang dihadapi siswa di atas perlu adanya bantuan layanan khusus dari pihak sekolah, dalam hal ini berupa layanan bantuan bimbingan dan konseling.

Konselor sebagai petugas bimbingan dan konseling di sekolah memiliki andil yang sangat besar dalam membantu siswa untuk mengarahkan pada proses pencapaian masa depannya. Dalam hal ini guru pembimbing dan konselor perlu memberikan berbagai layanan bantuan sesuai dengan kebutuhan siswa agar siswa dapat bertindak serta bersikap sesuai dengan tuntutan dan keadaan lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat untuk mencapai perkembangan yang optimal. Karena itu dalam melaksanakan tugas dan peranannya di sekolah, guru pembimbing dan konselor dituntut untuk memiliki kemampuan dan bekerja secara profesional.

Download Selengkapnya

Download Versi Lengkap

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: