HUBUNGAN ANTARA ETOS KERJA DENGAN SIKAP KARYAWAN TERHADAP PERUBAHAN ORGANISASI

Pendahuluan

Zaman sekarang menunjukan bahwa perubahan merupakan salah satu fenomena yang sangat penting dalam era sekarang ini. Perusahaan-perusahaan saat ini harus mampu menghadapi perubahaan lingkungannya. Setiap perusahaan harus tunduk kepada lingkungannya dalam arti mampu melayani permintaan lingkungannya.

Organisasi merupakan pola hubungan yang saling berinteraksi, dalam interaksi organisasi dengan lingkungannya, organisasi seringkali menghadapi berbagai persoalan, terutama jika lingkungannya termasuk lingkungan yang tidak stabil dan berkembang terus-menerus, terhadap keadaan lingkungan yang berubah-ubah seperti ini organisasi diharuskan untuk menyesuaikan diri dengan mengatasi masalah-masalahnya, disamping itu organisasi juga sering mendapat masalah-masalah internal, yang mengharuskan organisasi mengatasinya sehingga tetap terjadi keterpaduan dalam diri organisasi tersebut (Munandar, 2001). Mengatasi masalah-masalah ekternal dan internal. Organisasi memerlukan kemampuan bila ingin mempertahankan diri dan ingin terus maju organisasi perlu melaksanakan perubahan organisasi.

Organisasi-organisasi yang ingin berhasil harus dapat mendorong inovasi dan menguasai perubahan atau mereka akan menjadi calon-calon kepunahan. Kemenangan akan mendatangi organisasi-organisasi yang mempertahankan kelenturan mereka, memperbaiki mutu mereka, dan mengalahkan pesaing-pesaing mereka dipasar dengan arus produk dan jasa yang inovatif.(Robbins, 2003).

Kurt Lewin (1951) mengungkapkan bahwa perubahan dalam organisasi juga sering menyebabkan individu mengalami masa penyesuaian yang seringkali membuat mereka tidak nyaman, misalnya diharuskan bekerja dengan struktur organisasi baru atau kehilangan kedudukan yang telah didapatkannya. Presepsi individu tentang tujuan organisasi dan strategi sering seringkali mempersulit proses perubahan yang terjadi dalam organisasi, dan apabila ada perubahan tujuan dan strategi baru yang sulit dilakukan karena belum dimengerti oleh karyawan.

Kurt Lewin juga menyadari bahwa proses perubahan seringkali gagal karena orang tidak mampu atau tidak mau mengubah sikap dan perilaku yang telah sering dijalani. Mengubah sikap dan perilaku merupakan hal yang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama, Rangka melakukan perubahan untuk menghadapi perubahan lingkungannya, Ada dua tujuan pokok yang harus dicapai oleh perusahaan, yaitu perubahan untuk meningkatkan kemampuan perusahan, perubahan untuk mengupayakan perubahan sikap dan perilaku karyawan. Perubahan terhadap sikap dan perilaku karyawan merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam melakukan adaptasi dengan lingkungannya.

Manusia (karyawan) merupakan kunci yang paling penting dalam menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam proses perubahan organisasi. Kegagalan dan kesuksesan perusahaan pada umumnya disebabkan oleh hal-hal yang dilakukan dan gagal dilakukan oleh para karyawan (Robbins, 2003). Sebagai Konsekuensi bahwa keberhasilan proses perubahan organisasi sangat ditentukan oleh karyawan, maka pihak manajemen harus memberikan perhatian pada faktor-faktor yang mempengaruhi sikap terhadap perubahan. Keberhasilan organisasi akan lebih cepat dicapai jika karyawanya mendukung dengan sikap yang positif.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan adalah etos kerja, seperti diungkapkan Myrdal (Asiffudin, 2004) dalam bukunya Asian Drama. Salah satu orang yang memiliki etos kerja yang tinggi adalah bersedia menerima perubahan. Sedangkan etos kerja adalah sikap dan pandangan terhadap kerja, kebiasaan kerja, ciri-ciri atau sifat-sifat mengenai cara kerja yang dimiliki seseorang, suatu kelompok manusia atau suatu bangsa hal ini diungkapkan Buchori (1994).

Download Selengkapnya

Download Versi Lengkap

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: