HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP HEDONIS DENGAN MINAT MEMBELI PRODUK PEMBERSIH WAJAH TWO IN ONE

Pendahuluan

Setiap manusia mempunyai dorongan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini sesuai dengan teori dorongan yang dikemukakan oleh Hull (Walgito, 1990) yang menyatakan bahwa setiap manusia mempunyai dorongan. Dorongan manusia ini berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan manusia yang mendorong manusia berperilaku. Setiap orang akan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhannya dengan menggunakan atau mengkonsumsi produk yang ada. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dilakukan dengan menarik manfaat atau kegunaannya (Assauri, 1990).

Seiring dengan perkembangan jaman sekarang ini, banyak wanita yang bekerja. Banyaknya wanita yang bekerja sekarang ini menyebabkan kurangnya waktu untuk merawat dirinya yang disebabkan oleh rasa lelah yang dirasakan sebagai akibat dari melakukan aktivitas sehari-hari. Persoalan ini mempengaruhi gaya hidup seseorang dan akan menimbulkan perubahan dalam pola konsumsi. Selain wanita yang bekerja, remaja yang masih duduk di bangku sekolahpun mengalami hal yang serupa.

Remaja sekarang ini mempunyai aktivitas yang beragam, karena sekarang ini tak jarang dijumpai remaja yang masih duduk dibangku sekolah yang mendapat jam tambahan pelajaran seusai jam sekolah sehingga jam pulang sekolah berubah sampai sore hari, atau mengikuti kegiatan lainnya diluar jam sekolah, misalnya mengikuti ekstrakulikuler atau mengikuti kursus atau les diluar sekolah sehingga waktu untuk merawat dirinya berkurang dikarenakan kondisi tubuh yang terlalu lelah melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu remaja berada pada masa mengalami perubahan dari segi jasmani, dimana hal ini akan mempengaruhi gaya hidup remaja khususnya remaja putri yang cenderung memperhatikan perubahan yang ada pada dirinya.

Hal ini terjadi karena remaja mempunyai rasa ketidakpuasan dengan adanya perubahan dari segi jasmani, sehingga remaja berusaha untuk menutupi bahkan menghilangkan rasa ketidakpuasan dengan merubah penampilan agar menjadi lebih menarik dan memuaskan. Kondisi seperti ini akan mempengaruhi akan mempengaruhi gaya hidup seseorang khususnya dalam pola konsumsi terhadap suatu produk.

Kondisi tersebut diperjelas lagi dengan keadaan masyarakat khususnya remaja yang mempunyai gaya hidup hedonis. Remaja yang gaya hidupnya hedonis mempunyai kecenderungan untuk mengikuti perkembangan mode yang ada dengan membeli barang yang dibutuhkan, baik itu produk kebutuhan rumah tangga, produk fashion, maupun produk kecantikan. Dalam hal ini yang akan dibahas adalah produk pembersih wajah two in one.

Konsumen pada awalnya akan teratur dalam membersihkan sisa make-up di wajah akibat seharian beraktivitas dengan tujuan agar muka masih tetap terawat, akan tetapi lama kelamaan akan merasa jenuh atau bosan untuk melakukan pembersihan wajah karena terlalu merepotkan, hal ini sesuai dengan sifat alamiah manusia yaitu memiliki perasaan jenuh atau bosan terhadap sesuatu. Adanya kondisi ini merupakan kesempatan bagi investor untuk menyediakan produk yang sesuai dengan gaya hidup konsumen. Berbagai produk atau barang banyak dijumpai. Produk atau barang yang sering diiklankan atau dipromosikan dan kebanyakan dikemas dalam kemasan yang praktis. Kemasan produk mempunyai tujuan untuk menarik hati calon konsumen agar membeli produk tersebut.

Download Selengkapnya

Download Versi Lengkap

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: