HUBUNGAN ANTARA RASA AMAN DI TEMPAT KERJA (WORKPLACE SAFETY) DENGAN STRES KERJA PADA KARYAWAN PT. ASP CABANG SUMATERA SELATAN

Pendahuluan

Kerja merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menyelesaikan sesuatu sesuai dengan prosedur yang diperintahkan, untuk menghasilkan sesuatu yang dapat dimanfaatkan atau berguna baik bagi diri sendiri, perusahaan atau lembaga tempat seseorang bekerja bahkan untuk orang lain. Kerja dapat juga dimaknai sebagai kegiatan yang dilakukan seseorang untuk mencari nafkah. Manusia bekerja tidak saja untuk mendapatkan penghasilan yang minimal layak untuk menghidupi dirinya sendiri dan keluarganya, tetapi juga untuk memenuhi tuntutan kemanusiaanya, misalnya mendapat status sosial dalam masyarakat, bahkan untuk memuliakan pribadinya sebagai manusia.

Menurut Anoraga (2006), seseorang bekerja karena ada sesuatu yang hendak dicapainya, dan orang berharap bahwa aktivitas bekerja yang dilakukannya akan membawanya kepada suatu keadaan yang lebih memuaskan daripada sebelumnya, misalnya terpenuhinya kebutuhan fisiologis seperti sandang, pangan dan papan yang lebih layak. Setiap pekerja mendambakan lingkungan kerja yang nyaman tanpa adanya gangguan, karena adanya gangguan di lingkungan kerja akan memberikan dampak negatif bagi pekerja salah satunya adalah stres kerja. Saat ini stres kerja masih menjadi suatu ancaman bagi pekerja di Indonesia, karena berdasarkan data dari http://www.faperta.ugm.ac.id (2001) diketahui bahwa stres pada pekerja meningkat pada enam tahun belakangan ini dan akan terus meningkat setiap tahunnya, hal ini dipicu oleh adanya krisis ekonomi dan gejolak-gejolak lainnya yang terjadi di Indonesia, data ini diperoleh dari survey yang dilakukan oleh Badan Litbang Departemen Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 1995. Kemudian pada tahun 2004, seorang pekerja wanita asal Riau melakukan bunuh diri, yang diduga karena mengalami stres akibat tekanan dari majikannya (www.kompas.com, 2004).

Kasus lainnya adalah pengakuan salah seorang karyawan yang mengungkapkan bahwa beberapa karyawan di PT. ASP cabang Sumatera Selatan mengalami stres kerja yang disebabkan oleh kondisi kerja yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan jiwa karyawan. Data ini diperoleh dari wawancara presurvey yang dilakukan di PT. ASP cabang Sumatera Selatan, yang merupakan suatu perusahaan perseroan yang bergerak dibidang distribusi rokok, terutama produksi PT. Djarum. Perusahaan ini mendistribusikan produk PT. Djarum diseluruh kawasan Sumatera Selatan. Berdasarkan data tersebut, diketahui bahwa kondisi kerja yang menimbulkan kecemasan dan perasaan tertekan diakibatkan oleh sering terjadinya perampokan di jalan saat mendistribusikan barang dan pencurian di kantor dengan kekerasan, adanya pemerasan dari preman saat memasok barang di pasar, dan lain sebagainya, yang hal ini berdampak pada terjadinya ketegangan pada karyawan di tempat kerja. Hal ini ditegaskan pula oleh district supervisor perusahaan tersebut, yang menyebutkan bahwa beberapa karyawan merasa stres, akibat beban pekerjaan di lingkungan kerja yang dirasakan karyawan sangat berisiko terhadap keselamatan jiwa karyawan.

Stres kerja lebih banyak memberikan dampak negatif bagi karyawan, sebagaimana yang telah diungkapkan oleh Schuller (Rini, http://www.e-psikologi.com, 2002), yang mengidentifikasi beberapa perilaku negatif karyawan yang berpengaruh terhadap organisasi. Menurut peneliti ini, stres yang dihadapi oleh karyawan berkorelasi dengan penurunan prestasi kerja, peningkatan ketidakhadiran kerja, serta tendensi mengalami kecelakaan. Kemudian Ancok (Rahayu, 2000) berpendapat, dari segi psikologis stres bisa menimbulkan perasaan tidak bahagia, perasaan tertekan dan perasaan tidak aman. Seringkali keadaan ini menimbulkan masalah seperti cepat marah, produktifitas kerja rendah, sering membuat kesalahan dalam bekerja dan lain sebagainya.

Download Selengkapnya

Download Versi Lengkap

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: