HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP SISTEM KOMPENSASI BENTUK JOB GRADE DENGAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN

Pendahuluan

Arus globalisasi dan era perdagangan bebas menjadikan perubahan iklim perekonomian dunia semakin bergejolak, termasuk juga di Indonesia. Perusahaan-perusahaan dituntut untuk peka dan dapat menyikapi dengan tepat perubahan-perubahan yang terjadi, agar perusahaan dapat tetap mempertahankan eksistensinya di tengah kondisi yang sangat dinamis ini.

Seluruh perubahan komponen dalam suatu organisasi seperti sumber daya manusia, sumber daya fisik, sumber daya informasi dan sumber daya finansial yang terjadi dapat dilaksanakan jika ada interaksi yang saling mendukung di antara komponen-komponen tersebut. Sumber daya yang ada tidak akan berjalan jika sumber daya manusianya tidak berkompeten dan tidak proaktif, karena sumber daya manusia merupakan salah satu aset yang berharga dan memegang peranan penting dalam mencapai tujuan organisasi, di samping sejumlah aset yang berupa fasilitas organisasi (Diahsari, 2002). Oleh karena itu, sumber daya manusia harus terus dimotivasi dan dikembangkan dalam usaha peningkatan kinerja perusahaan.

Peranan manusia sebagai sumber daya yang potensial bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan, akhir-akhir ini semakin dirasakan kepentingannya. Kesadaran ini menyebabkan banyaknya penelitian mengenai perilaku manusia dalam situasi kerja, dan sebagai hasilnya adalah semakin bertambahnya penghargaan terhadap sikap, perasaan dan motivasi.

Faktor manusia merupakan modal utama yang perlu diperhatikan dan dikelola secara profesional agar terwujud keseimbangan antara kebutuhan karyawan dengan tuntutan dan kemampuan organisasi perusahaan. Keseimbangan tersebut merupakan kunci utama perusahaan agar dapat berkembang secara produktif dan wajar (Mangkunegara, 2004). Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan salah satu faktor penentu agar perusahaan dapat bekerja secara efektif dan maksimal untuk bersaing di pasar global. Kinerja sumber daya manusia yang baik merupakan hal yang terpenting bagi kelangsungan hidup perusahaan ( Melianawati, dkk, 2001).

Salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan adalah motivasi kerja para karyawan. Motivasi kerja merupakan kesediaan seseorang untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi demi tujuan organisasi, yang dikondisikan oleh kemampuan berupaya untuk memenuhi beberapa kebutuhan individual (Robbins, 2003). Banyak kinerja perusahaan yang seharusnya bisa lebih ditingkatkan dengan tenaga SDM yang ada malah mengalami penurunan kualitas hanya karena kurangnya motivasi kerja para karyawan. Seperti halnya permasalahan yang pernah dialami PT. BRI, Tbk. Cabang Martapura Kalimantan Selatan pada tahun 2004, menurut Bapak Ilyasa Assistent Manajer Operational PT. BRI, Tbk. Cabang Martapura Kalimantan Selatan, karyawan mengalami kemunduran motivasi kerja yang disebabkan karena penghargaan yang dirasakan belum cukup memenuhi harapan-harapan mereka.

Karyawan merasa apa yang telah diberikan oleh perusahaan belum dapat memenuhi tujuan dari kebutuhan-kebutuhan pribadi mereka khususnya dalam sistem pengupahan/imbalan. Kemunduran-kemunduran itu terlihat dari sikap karyawan yang kurang bersemangat dalam bekerja seperti datang kekantor hanya berpatokan dengan jam ketentuan kantor (jam kerja dimulai dari pukul 07.00 WITA) dan jarang yang datang lebih awal, penurunan daftar nilai kinerja karyawan, bahkan kualitas pelayanan terhadap nasabahpun dirasakan menjadi sangat standar. Motivasi kerja yang kurang baik tersebut tentunya akan mempengaruhi produktivitas perusahaan. Oleh karena itu, PT. BRI, Tbk. mengatur bagaimana strategi yang tepat untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan.

Download Selengkapnya

Download Versi Lengkap

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: