Hubungan antara Dukungan Sosial Istri dengan Kecemasan Suami Menjelang Masa Pensiun

Oleh :

Mutya Gusti Rama

Dra. Aisah Indati, M.S

INTISARI

Dukungan sosial istri merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kecemasan suami menjelang masa pensiun. Dengan dukungan sosial istri yang tinggi maka kecemasan suami menjelang masa pensiun rendah demikian sebaliknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Dukungan Sosial Istri dengan Kecemasan Suami Menjelang Masa Pensiun. Semakin tinggi Dukungan Sosial Istri semakin rendah Kecemasan Suami Menjelang Masa Pensiun. Sebaliknya semakin rendah Dukungan Sosial Istri semakin tinggi Kecemasan Suami Menjelang Masa Pensiun.


Subjek dalam penelitian ini berjumlah 78 orang, terdiri dari suami yang bekerja baik di instansi negeri maupun swasta berusia 50-56 tahun yang masih memiliki tanggungan keluarga yang akan menjelang masa pensiun. Skala Dukungan Sosial Istri dibuat sendiri oleh penulis berdasarkan teori dari Sheridan & Radmacker (1992). Adapun aspek dukungan sosial istri yang akan diungkap adalah perhatian, emosional, instrumental, informasi, penilaian yang dalam penelitian ini aspek tersebut khusus diperoleh dari istri. Sedangkan skala Kecemasan Suami dibuat sendiri oleh penulis berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Brill & Hayes (1981) yaitu kehilangan status sosial, menurunnya penghasilan, kehilangan karir, kehilangan kesempatan berinteraksi dengan teman-teman dan kehilangan perasaan berarti bagi masyarakat sekitar.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan fasilitas program SPSS versi 11,5. Untuk menguji apakah terdapat hubungan antara Dukungan Sosial Istri dengan Kecemasan Suami Menjelang Masa Pensiun. Tekhnik yang digunakan adalah korelasi Product Moment dari Pearson yang menunjukkan korelasi sebesar r = – 630 dengan p

Kata kunci : Dukungan Sosial, Kecemasan Suami

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: