HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SUAMI DENGAN DEPRESI PASCA MELAHIRKAN

Oleh :
Nofi Ika Haryani

INTISARI

Studi ini dilakukan untuk melihat hubungan antara dukungan suami dengan depresi pasca melahirkan pada ibu pasca melahirkan dengan anak berusia minimal empat minggu atau satu bulan. Hipotesis penelitian adalah, ada hubungan negatif antara dukungan suami dan depresi pasca melahirkan. Semakin tinggi dukungan yang diberikan suami maka semakin rendah depresi pasca melahirkan.

Variabel yang diperiksa dalam penelitian ini ialah dukungan suami dan depresi pasca melahirkan. Dukungan suami merupakan variabel bebas dan depresi pasca melahirkan merupakan variabel terikatnya.
Skala yang digunakan adalah hasil modifikasi skala dukungan suami dari Pinasti (2004) mengacu pada aspek yang dikemukakan oleh Sarafino (1994). Skala depresi pasca melahirkan menggunakan Edinburgh Postnatal Depression Scale. Teknik korelasi Product Moment dipergunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini dengan fasilitas program SPSS versi 12.0.

Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang sangat signifikan antara dukungan suami dan depresi pasca melahirkan yang dibuktikan dengan nilai rxy = – 0,567; p = 0,000 (p

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: