HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KOMPETENSI SOSIAL PADA REMAJA

Oleh:
Danik RetnoAnggraini
Hepi wahyuningsih

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan negatif antara intensitas bermain game online dengan kompetensi sosial. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara intensitas bermain game online dengan kompetensi sosial. Semakin tinggi Intensitas bermain game online akan menunjukkan kompetensi sosial yang rendah begitupun sebaliknya semakin rendah intensitas bermain game online semakin tinggi kompetensi sosial.

Subyek penelitian ini adalah remaja yang suka bermain game online yang usianya 13 sampai 22 tahun. Adapun skala yang digunakan adalah skala intensitas bermain game online sejumlah 15 aitem berdasarkan aspek yang diambil dari pengertian pengertian intensitas menurut Chaplin (2004). Random House Unabridged Dictionary (1997), Nashori (2006) dan skala kompetensi sosial yang berjumlah 23 berdasarkan aspek kompetensi sosial yang dikemukakan oleh Durkin(1994).
Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dari spearman dengan perangkat lunak program SPPSS versi 12,00 untuk menguji apakah ada hubungan antara intensitas bermain game online dengan kompetensi sosial. Hasil korelasi dari spearman menunjukkan korelasi sebesar r = -0.101; p = 0.245 atau p > 0.05 yang artinya tidak ada hubungan negatif antara intensitas bermain game online dengan kompetensi sosial. jadi hipotesis penelitian ini ditolak.

Kata kunci : Intensitas bermain game online, kompetensi sosial.

Download FUll Version

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: