HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MENONTON TAYANGAN SINETRON DRAMA REMAJA DENGAN GAYA HIDUP HEDONIS PADA REMAJA

Oleh :
Sundari Dwi Saputri
Rr. Retno Kumolohadi

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara intensitas menonton tayangan sinetron drama remaja terhadap gaya hidup hedonis pada remaja. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara intensitas menonton tayangan drama remaja dengan gaya hidup hedonis pada remaja. Semakin tinggi intensitas menonton tayangan sinetron drama remaja, semakin tinggi gaya hidup hedonis pada remaja. Sebaliknya semakin rendah intensitas menonton tayangan sinetron drama remaja, semakin rendah intensitas menonton.

Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMU, yang berusia antara 16-17 tahun, kelas 2, jurusan IPS. Subyek yang digunakan langsung diambil dari SMU Panglima Sudirman yang berlokasi di daerah Bekasi. Adapun skala yang digunakan adalah hasil modifikasi Skala Gaya Hidup Hedonis dari Harjanti (2001) yang telah digunakan sebelumnya yang berjumlah 48 aitem, mengacu pada aspek yang dikemukan oleh well dan Tigert (Susianto,1993) dan Skala intensitas Menonton Tayangan Sinetron Drama Remaja yang belum pernah digunakan sebelumnya yang berjumlah 10 aitem, mengacu pada aspek yang dikemukakan oleh Mc Camey dkk (dalam Martani & Adiyanti, 1992).
Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 11.00 for windows untuk menguji apakah terdapat hubungan antara intensitas menonton tayangan sinetron drama remaja dengan gaya hidup hedonis pada remaja. Korelasi product moment dari Spearman menunjukan korelasi sebesar r = 0,765 yang artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara intensitas menonton tayangan sinetron drama remaja dengan gaya hidup hedonis pada remaja. Jadi hipotesis penelitian dapat diterima.

Kata Kunci : Intensitas Menonton, Gaya Hidup Hedonis

Download FUll Version

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: