HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PEKERJAAN DENGAN KREATIVITAS PADA TIM KREATIF PERIKLANAN DI YOGYAKARTA

Oleh :
Rezania
Bagus Riyono

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan antara karakteristik pekerjaan dengan kreativitas pada tim kreatif periklanan di Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara karakteristik pekerjaan dengan kreativitas pada tim kreatif periklanan di Yogyakarta. Semakin terkayakan (enrichment) karakteristik pekerjaan, semakin tinggi kreativitas. Sebaliknya semakin tidak terkayakan karakteristik pekerjaan, semakin rendah kreativitas.

Subjek dalam penelitian ini adalah tim kreatif periklanan yang ada di Yogyakarta. Tekhnik pengambilan subjek yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun skala yang digunakan adalah skala karakteristik pekerjaan bagian A merupakan adaptasi dari skala JDS (Job Diagnostic Survey) yang disusun oleh Hackman & Oldham (Tosi, 1990), skala karakteristik pekerjaan bagian B modifikasi skala Farhati (1996), mengacu pada aspek yang dikemukakan oleh Hackman & Oldham (Tosi, 1990), dan skala kreativitas yang mengacu pada aspek kreativitas pada tim kreatif periklanan yang mencakup 4 aspek yang dikemukakan oleh Negara dkk (2000).
Penelitian ini menggunakan fasilitas program SPSS versi 12.0 untuk menguji “apakah ada hubungan antara karakteristik pekerjaan dengan kreativitas pada tim kreatif periklanan di Yogyakarta?”.
Metode analisis data Korelasi product moment dari pearson pada skala karakteristik pekerjaan dengan kreativitas menunjukkan korelasi r = 0,355 p
Kata Kunci : Karakteristik pekerjaan, kreativitas

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: