HUBUNGAN ANTARA KEBERFUNGSIAN KELUARGA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL IBU

Oleh:
HENNY FEBRIANTY

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara keberfungsian keluarga terhadap kecerdasan emosional. Penelitian ini mengambil subjek ibu-ibu wali murid TK Ndasari Budi 2 Dusun Krapyak kulon, Pangungharjo, Sewon, Bantul. Sebagai sampel dalam penelitian ini akan diambil sebagian saja yaitu ibu-ibu wali murid untuk anak-anak TK B (TK Nol Besar).
Penelitian ini menggunakan metode data kuantitatif dengan menguji aitem menggunakan teknik korelasi product moment atau dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 11.0 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian secara keseluruhan memiliki tingkat keluarga yang berfungsi cukup baik.
Subjek penelitian secara keseluruhan memiliki tingkat kecerdasan emosional sedang. Ada hubungan positif dan signifikan antara keberfungsian keluarga dengan kecerdasan emosional. Semakin positif keberfungsian keluarga semakin tinggi kecerdasan emsional dan semakin negatif keberfungsian keluarga semakin rendah kecerdasan emosional. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ada korelasi positif antara keberfugsian keluarga dengan kecerdasan emosional diterima.

Download FUll Version

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: