HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KECENDERUNGAN PENYALAHGUNAAN NAZA

Oleh :
Sinta Priyastiwi
Hepi Wahyuningsih

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan kecenderungan penyalahgunaan NAZA. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara kecerdasan emosional dengan kecenderungan penyalahgunaan NAZA. Semakin tinggi kecerdasan emosionalnya, semakin rendah kecenderungan penyalahgunaan NAZA. Sebaliknya, semakin rendah kecerdasan emosionalnya, semakin tinggi kecenderungan penyalahgunaan NAZA.

Subjek dalam penellitian ini adalah remaja yang berusia 12-22 tahun, belum menikah, dan masih terdaftar sebagai siswa SLTP Negeri 10 Surakarta, siswa SMU Negeri 4 Surakarta, dan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri-Jurusan Teknik Manajemen Industri, Universitas Islam Indonesia. Teknik pengambilan subjek yang digunakan adalah metoda purposive sampling. Data yang digunakan adalah Skala Kecenderungan Penyalahgunaan NAZA yang dibuat oleh peneliti sendiri berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Haryanto (Sopa, 2001) dan Skala Kecerdasan Emosional yang dibuat oleh peneliti sendiri berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Goleman (2003).
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan program SPSS versi 11.0 untuk menguji apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan kecenderungan penyalahgunaan NAZA. Korelasi product moment dari Pearson menunjukkan korelasi sebesar r= -0,261 dengan p=0,004 (p
Kata kunci: kecerdasan emosional, kecenderungan penyalahgunaan NAZA

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: