HUBUNGAN ANTARA KENDALI DIRI INTERNAL DAN PERILAKU PENGAMBILAN RISIKO PADA POLISI

Oleh :
Ahadi Cahyadi
Ratna Syifa’a Rachmahana

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya hubungan antara kendali diri internal dan perilaku pengambilan risiko pada polisi. Variabel bebas adalah kendali diri internal dan variable tergantung adalah perilaku pengambilan risiko. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara kendali diri internal dan perilaku pengambilan risiko.

Subjek dalam penelitian ini adalah anggota kepolisian Republik Indonesia. Adapun skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah diadaptasi dari Rante (2003) yang selanjutnya dimodifikasi oleh peneliti dengan mengacu pada skala IPC-Locus Of Control dari Levenson. Dalam penelitian ini skala IPC dari Levenson akan digunakan secara berbeda dengan cara yang ditetapkan oleh Levenson, khususnya dalam cara pemberian skor. Skor dilihat dari segi internalnya, sehingga pada faktor internal dianggap sebagai butir favorable, sedangkan butir faktor eksternal dianggap sebagai butir unfavorable. Untuk skala Perilaku pengambilan risiko diadaptasi dari Puspita,A.G.(2003). Yang kemudian itemnya dimodifikasi oleh peneliti dengan mengacu pada konsep risk taking dari: As’ad (2002) Keberanian menanggung risiko akibat dari keputusan yang sudah diambil, Siagian (2001) Menyenangi strategi yang sifatnya ofensif dan memiliki tingkat keberanian, Sorentino dan Hewitt (1992) Suka menguji tingkat kemampuan, Atkinson (Sorentino & Hewitt, 1992) Memiliki orientasi pada kesuksesan, Levenson (1990) Suka mencari pengalaman baru.Teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dari pearson.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kendali diri internal dan perilaku pengambilan risiko pada polisi dengan rxy =0,146 dengan p = 0,001; p
Kata kunci : kendali diri internal, perilaku pengambilan risiko.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: