HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KECEMASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PENYANDANG CACAT TUNARUNGU

Oleh :
Khalimatus Sa’diyah
H. Fuad Nashori

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan komunikasi pada penyandang cacat tunarungu. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan kecemasan komunikasi interpersonal pada penyandang cacat tunarungu. Semakin tinggi kepercayaan diri para penyandang cacat tunarungu maka kecemasan komunikasi interpersonal semakin rendah. Sebaliknya, semakin rendah kepercayaan diri para penyandang cacat tunarungu maka kecemasan komunikasi interpersonal semakin tinggi.

Subjek penelitian ini adalah para penyandang cacat tunarungu yang bersekolah di SLB Negeri 3 Yogyakarta, SLB Negeri 4 Yogyakarta, SLB Wiyata Dharma II dan SLB Tunas Kasih pada bagian tunarungu (B) tingkat SMPLB dan SMLB di Yogyakarta. Adapun skala yang digunakan untuk mengetahui kecemasan komunikasi interpersonal disusun berdasarkan teori dari Burgoon dan Ruffner (1978). Skala kepercayaan diri disusun berdasarkan teori dari Lauster (1978).
Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan fasilitas program SPSS versi 12.0 untuk menguji apakah terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan komunikasi interpersonal pada penyandang cacat tunarungu. Korelasi product moment dari Spearman menunjukkan korelasi sebesar ?0,378 dengan p = 0,001 (p?0,01), sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan kecemasan komunikasi interpersonal dapat diterima. Hasil uji korelasi tersebut menunjukkan adanya hubungan yang sangat signifikan antara kedua variabel penelitian.

Kata kunci : Kepercayaan Diri, Kecemasan Komunikasi Interpersonal, Penyandang cacat tunarungu

Download FUll Version

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: