HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN SEKSUAL TERHADAP PERSELINGKUHAN PADA PASANGAN SUAMI-ISTRI

Oleh :
NOVIKA SARI
HEPPY WAHYUNINGSIH

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan negatif antara kepuasan seksual terhadap perselingkuhan pada pasangan suami – istri. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara kepuasan seksual terhadap perselingkuhan. Semakin tinggi kepuasan seksual maka semakin rendah perselingkuhan, semakin rendah kepuasan seksual maka semakin tinggi perselingkuhan.

Subjek penelitian ini adalah pengunjung pria maupun wanita yang telah menikah dengan pernikahan diatas atau sama dengan 5 tahun di Café Liquid dan tempat umum Alun-alun Kidul. Adapun skala yang digunakan adalah ada dua buah skala yang dibuat sendiri oleh peneliti. Dalam penyusunan skala digunakan skala Likert yang dimodifikasi menjadi empat kategori jawaban dengan meniadakan jawaban tengah (ragu-ragu). Skala yang digunakan adalah skala perselingkuhan dengan jumlah 21 aitem, mengacu pada aspek yang dikemukakan oleh Jackson (2000) dan skala kepuasan seksual sebayak 20 aitem yang mengacu pada aspek yang dikemukakan oleh Demon dan Byers (1999) dengan tambahan teori yang mendukung aspek-aspek kepuasan seksual dari beberapa tokoh yaitu Nugraha, Christopher dan Speacher.
Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan fasilitas program SPSS versi 10,0 untuk menguji apakah terdapat hubungan antara kepuasan seksual terhadap perselingkuhan. Korelasi product moment dari pearson menunjukkan korelasi rxy = – 0,404 menunjukkan hubungan negatif dengan hasil korelasi 0,002 (p
Kata kunci : kepuasan seksual, perselingkuhan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: