HUBUNGAN ANTARA KETRAMPILAN SOSIAL DENGAN KECENDERUNGAN DEPRESI PADA REMAJA

Oleh :
Ingga Kirana
Hepi Wahyuningsih

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan negatif antara ketrampilan sosial dengan kecenderungan depresi pada remaja. Hipotesis awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara ketrampilan sosial dengan kecenderungan depresi pada remaja. Semakin tinggi ketrampilan sosial pada remaja semakin rendah kecenderungan depresi, sebaliknya semakin rendah ketrampilan sosial pada remaja maka semakin tinggi kecenderungan depresi.

Subjek dalam penelitian ini adalah remaja yang berusia antara lima belas hingga delapan belas tahun, baik laki-laki ataupun perempuan, dan duduk pada bangku SMA Muhammadiyah 1 Muntilan.
Tekhnik pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan skala menggunakan metode skala ketrampilan sosial yang berberjumlah 33 aitem, mengacu pada skala ketrampilan sosial yang dimodifikasi dari inventori ketrampilan sosial yang dikembangkan oleh Riggio (Segrin dan Flora, 2000) dan skala depresi yang berjumlah 20 aitem mengacu pada teori Beck (1985) yang merupakan skala yang diadaptasi dari skala depresi dari Beck Depression Inventory (BDI).
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan komputer program spss for window 12 untuk menguji apakah ada hubungan antara ketrampilan sosial dengan kecenderungan depresi pada remaja. teknik korelasi product moment dari Spearmean’s Rho menunjukkan nilai sebesar rxy= -0,094 dengan p = 0,237 maka ada hubungan negatif yang tidak signifikan antara ketrampilan sosial dengan kecenderungan depresi, dengan demikian hipotesis yang diajukan oleh peneliti ditolak.

Kata kunci : Ketrampilan sosial, Kecenderungan Depresi
Download FUll Version

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: