HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI INTERPERSONAL DENGAN KEBAHAGIAAN ANAK-ANAK PANTI ASUHAN

Oleh :
Eva Amellia Wakhidah
H. Fuad Nashori

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan antara kompetensi interpersonal dengan afek anak-anak panti asuhan. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ada korelasi antara kompetensi interpersonal dengan afek pada anak-anak panti asuhan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak asuh panti dengan karakteristik usia remaja yaitu 15-20 tahun.

Subjek penelitian ini adalah anak-anak panti asuhan yang tinggal di dalam panti asuhan. Teknik pengambilan subjek yang digunakan adalah purposive sampling yaitu dengan pemilihan sekelompok subjek didasarkan atas ciri-ciri tertentu yang dipandang memiliki sangkut paut dengan ciri-ciri populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Adapun Adapun skala yang digunakan adalah skala kompetensi interpersonal yang dibuat sendiri oleh peneliti sejumlah 26 aitem berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Buhrmester dkk (1988) dan skala afek yang menggunakan Affect scale milik Diener dengan modifikasi sejumlah 16 aitem.
Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan fasilitas program SPSS versi 12,00 untuk menguji apakah ada hubungan antara kompetensi interpersonal dengan afek pada anak panti asuhan. Korelasi antara skala kompetensi interpersonal dengan skala afek memiliki korelasi 0,487 dengan p = 0,000 (p
Kata kunci: kompetensi interpersonal, afek dan anak panti asuhan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: