HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI EFEKTIF ANTARA REMAJA DAN ORANGTUA DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU DELINKUEN PADA REMAJA

Oleh :
Gathot Himmawan

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara komunikasi efektif antara remaja dan orangtua dengan kecenderungan perilaku delinkuen pada remaja. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ”Ada hubungan negatif antara komunikasi efektif antara remaja dan orangtua dengan kecenderungan perilaku delinkuen pada remaja”. Semakin tinggi komunikasi efektif antara remaja dan orangtua maka semakin rendah kecenderungan perilaku delinkuen. Sebaliknya semakin rendah komunikasi efektif antara remaja dan orangtua maka semakin tinggi kecenderungan perilaku delinkuen.

Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas II SMA N 2 Wonogiri yang berusia antara 16 – 18 tahun dan tinggal bersama kedua orangtua. Adapun skala yang digunakan adalah Skala Komunikasi Efektif antara Remaja dan Orangtua yang disusun berdasarkan aspek-aspek komunikasi efektif antara remaja dan orangtua yang dikemukakan Tubb dan Moore (Rakhmat, 1989) dan Panji (Endang, 1994) dan Skala Kecenderungan perilaku delinkuen yang disusun berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Jensen (Sarwono, 2003).
Metode analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dari Pearson untuk menguji apakah terdapat hubungan antara komunikasi efektif antara remaja dan orangtua dengan kecenderungan perilaku delinkuen. Hasil korelasi product moment menunjukkan koefisien korelasi r sebesar =–0,468 dengan p
Kata Kunci: Komunikasi efektif antara remaja dan orangtua, Kecenderungan perilaku delinkuen
Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: