HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN KREATIVITAS REMAJA PUTRI SMK NEGERI I DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Oleh :
Anny Anggraeni
Sukarti
RR. Indah Ria

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan antara konformitas dengan kreativitas pada remaja putri SMK Negeri I Depok. Hipotesisi penelitian yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara konformitas dengan kreativitas pada remaja putri SMK Negeri I Depok Sleman Yogyakarta.

Subjek penelitian adalah siswi kelas II Akuntasi yang berusia antara 15-18 tahun atau remaja tengah. Skala yang digunakan yaitu skala konformitas yang di modifikasi dari skala yang disusun oleh Siahaan (2001) yang mengacu pada teori Furhmann dan Cialdini yang berjumlah 33 aitem. Tes Kreativitas yang digunakan adalah tes kreativitas verbal dari Munandar. Tes tersebut terdiri atas enam subtes dengan masing-masing subtes terdiri dari 4 aitem.
Metode analisis yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan fasilitas program SPSS versi 11,0 untuk menguji apakah terdapat hubungan antara konformitas dengan kreativitas remaja putri. Korelasi Spearman’s rho menunjukkan korelasi sebesar r = -0,364 yang artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara konformitas dengan kreativitas. Jadi hipotesis peneliti diterima.

Kata Kunci: Konformitas, Kreativitas

Download FUll Version

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: