HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU PRODUKTIF PADA REMAJA AKHIR

Oleh :
Yani Oktavio HSB
Sonny Andrianto

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan positif antara konsep diri dengan perilaku produktif pada remaja akhir. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara konsep diri dengan perilaku produktif pada remaja akhir. Semakin tinggi konsep diri yang dimiliki remaja akhir, maka akan semakin tinggi juga tingkat perilaku produktif pada remaja. Demikian sebaliknya semakin rendah taraf konsep diri pada remaja maka akan semakin rendah juga tingkat perilaku produktif pada remaja.

Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan secara random dengan subjek penelitian remaja akhir dengan rentang usia 18-21 tahun, yang merupakan Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Institut Sains dan Teknologi AKPRIND. Penyajian tes untuk kedua alat tes tersebut dilakukan dengan sistem skala. Metode pengumpulan data penelitian dengan menggunakan 2 skala yaitu, skala perilaku produktif dan skala konsep diri. Skala perilaku produktif merupakan adaptasi dari ciri-ciri perilaku produktif yang diungkap oleh Timpe (1992). Sedangkan pada Skala Konsep Diri dimodifikasi dari skala konsep diri Rahmawati, A (2000) mengacu pada aspek yang dikemukakan oleh Berzonsky (1981).
Metode Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dengan teknik pengolahan data jenis SPSS 12.0 for windows. Korelasi product moment dari Pearson menunjukkan korelasi sebesar r = 0,529 ; p = 0,000 (p
Kata Kunci : Konsep Diri, Perilaku Produktif

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: