HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL DENGAN COPING PADA REMAJA

Oleh :
Joko Widodo
Sukarti

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan antara Locus Of Control dengan Coping pada remaja. Hipotesis yang diajukan adalah Ada hubungan antara locus of control dengan coping pada remaja, dimana subjek dengan orientasi locus of control internal menggunakan problem focus coping sedangkan subjek dengan orientasi locus of control eksternal menggunakan emotion focus coping.

Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SMA Negeri 1 Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Propinsi Jawa Tengah. Skala yang digunakan adalah hasil modifikas Skala Locus Of Control dari Cahyadi (2006) yang didasarkan pada teori yang yang diungkap oleh Levenson (Robinson & Shaver, 1974) dan Skala Coping dari Elyza (1996) yang mengacu pada Ways Of Coping Shcale dari Folkman dan Lazarus (Aldwin & Revenson, 1987).
Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yakni Korelasi Phi (Ø) selanjutnya untuk menentukan apakah hubungan tersebut signikan digunakan uji X2 untuk tabel kontingensi 2×2., uji validitas dan reliabilitas dengan SPSS for windows 11.0. Besarnya koefisien Phi (Ø) adalah 0,707 dengan taraf signifikasi P
Kata Kunci : Locus Of Control, Coping.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: