HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI KELAHIRAN BAYI PADA WANITA HAMIL

Oleh :
Siti Mar’atun Solichah
Hj.Ratna Syifa’a R

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan negatif antara kepercayaan diri dan dukungan suami dengan kecemasan dalam menghadapi kelahiran bayi pada wanita hamil. Dugaan awal yang daijukan dalam penelitian ini adalah Ada hubungan negatif antara kepercayaan diri dan dukungan suami dengan kecemasan menghadapi kelahiran bayi pada wanita hamil. Semakin tinggi tingkat kepercayaan diri dan dukungan suami maka akan semakin rendah tingkat kecemasan menghadapi kelahiran bayi pada wanita hamil. Semakin rendah tingkat kepercayaan diri dan dukungan suami, maka akan semakin tinggi tingkat kecemasan menghadapi kelahiran bayi pada wanita hamil.

Subjek dalam penelitian ini adalah wanita hamil pertama yang kehamilannya berada pada trimester tiga berada di rumah bersalin Sakina Idaman Yogyakarta, sebanyak 60 subjek. Alat ukur yang digunakan adalah skala kepercayaan diri dari Dariyo (1997), skala Dukungan suami berdasarkan aspek-aspek dari House dan Kahn (dalam Cohen dan Syme, 1985), skala kecemasan dari Dariyo (1997).
Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan fasilitas program SPSS versi 10.0 for Windows untuk menguji apakah terdapat hubungan antara kepercayaan diri dan dukungan suami dengan kecemasan dalam menghadapi kelahiran bayi pada wanita hamil pertama. Hasil regresi liniear berganda menunjukkan bahwa r = – 0.759 dan p = 0.000 (p
Kata kunci : Kecemasan, Kepercayaan Diri dan Dukungan Suami

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: