UBUNGAN ANTARA INTENSITAS BERMAIN GAME ON-LINE DENGAN KECERDASAN EMOSI

Oleh :
Windi Triana Lailani
Uly Gusniarti

INTISARI

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui intensitas bermain game on-line dengan kecerdasan emosi. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara intensitas bermain game on-line dengan kecerdasan emosi.

Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak usia 12-15 tahun yang sering berkunjung ke tempat-tempat game center untuk bermain game on-line. Subjek yang digunakan sebagai responden dalam penelitian ini berjumlah 57 orang. Adapun skala yang digunakan pada variabel intensitas bermain game on-line dibuat sendiri oleh penulis dengan mengacu kepada teori-teori yang relevan. Sedangkan untuk skala kecerdasan emosi menggunakan skala yang dibuat oleh Indriani (2003) dengan mengacu pada aspek-aspek kecerdasan emosi yang dikemukakan oleh Goleman (2005).

Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan fasilitas program SPSS 12,0 For Windows. Hasil analisis data dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson menunjukkan nilai r = 0,296 p = 0,025 (p

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: