Pengaruh Tingkat Kecerdasan Spiritual Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga Pada Suami Istri Di Desa Selokbesuki Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang

ABSTRAK

Keluarga sebagai lingkungan pertama yang membentuk pribadi akan memberikan pengaruh besar dalam kehidupan individu saat ini dan kelak. Oleh sebab itu iklim keluarga harmonis akan menanamkan sikap positif yang dapat menuntun individu dalam menjani kehidupan dengan arif. Sikap positif harus dimulai dari paradigma yang berpusat pada prinsip hakiki sebagai peta penuntun pribadi kejalan hidup yang lebih bijaksana. Salah satu pembawa keluarga pada keharmonisan adalah kecerdasan spiritual, karena ia mampu menuntun pribadi kearah paradigma yang berpusat pada prinsip yang benar sehingga membuat iklim keluarga menjadi harmonis. Asumsi inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “pengaruh tingkat kecerdasan spiritual terhadap keharmonisan rumah tangga pada suami istri di desa selokbesuki kecamatan sukodono kabupaten lumajang”.

Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana tingkat kecerdasan spiritual suami istri?, 2). Bagaimana tingkat keharmonisan rumah tangga suami istri?, 3). Apakah terdapat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap keharmonisan rumah tangga pada suami istri di Desa Selokbesuki Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang?. Populasi dalam penelitian ini adalah 123 pasang suami istri, dengan teknik purpusive sampling diambil 25 pasang suami istri sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan tehnik pengumpulan data yaitu angket, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.

Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat 24 % suami istri yang mempunyai tingakat kecerdasan spiritual tinggi, 54 % sedang, dan 22 % rendah. Tingkat keharmonisan rumah tangga yang diperoleh dari subjek penelitian adalah sebanyak 24 % mempunyai tingkat keharmonisan rumah tangga tinggi, 64 % sedang, dan 12 % rendah. Hasil pengujian hipotesis didapatkan Fhitung ≥ Ftabel (327,86 ≥ 4,04) yang berarti bahwa terdapat hubungan tingkat kecerdasan spiritual terhadap keharmonisan rumah tangga. Besarnya pengaruh kecerdasan spiritual terhadap keharmonisan rumah tangga adalah sebesar 87,2 % dan 12,8% adalah faktor lain. Kecerdasan spiritual mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap keharmonisan rumah tangga karena ia membimbing manusia untuk memandang dan menjalani kehidupan berdasarkan paradigma pribadi utuh yang berpusat pada prinsip hakiki. Manifestasinya akan keluar dalam tindakan, sikap dan ucapan yang akan membawa terhadap iklim keluarga yang harmonis.

Keterangan :

  1. Kondisi dokumen lengkap dari Cover – Pustaka + Skala
  2. Kode Skripsi :PSI-03

Untuk mendapatkan seluruh isi dokumen tersebut, silahkan anda berdonasi dengan kirim voucher pulsa XL / im3 Rp.10.000,- Kemudian silahkan anda kirimkan ke nomor +6281949785959

Format sms permintaan :

Ketik : skripsi <spasi> kode skripsi <spasi> jenis voucher pulsa <spasi> 14 digit voucher <spasi> email anda

Contoh : skripsi TE-01 im3 94554825937184 jhony@yahoo.com

Setelah sms tersebut kami terima, dokumen penelitian segera kami kirimkan ke email anda.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: