PELAKSANAAN PROMOSI DALAM UPAYA MEMELIHARA LOYALITAS PELANGGAN PADA PT.INDOSAT Tbk.CABANG BANDUNG

*ABSTRAK*

/"Pelaksanaan Promosi Dalam Upaya Mempertahankan Loyalitas Pelanggan
Pada PT. Indosat Tbk. Cabang Bandung". Disusun oleh Abdul Ghofar Ismail,
NPM B0B 02 230, dibawah bimbingan Ibu Hj. Sri Djatnika S.
Arifin.S.E.,M.Si., diajukan untuk memenuhi salah satu syarat dalam
menempuh Ujian Sidang Program Diploma III Pendidikan Ahli Administrasi
Perusahaan Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran./

/Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tujuan, pelaksanaan, faktor
pendukung dan faktor penghambat Pelaksanaan Promosi Dalam Upaya
Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada PT. Indosat Tbk. Cabang Bandung,
dalam Pelaksanaan penelitian, Metode yang digunakan adalah Metode
Penelitian Deskriptif, yang memberikan gambaran secara jelas mengenai
keadaan perusahaan sehubungan dengan masalah yang diteliti. Teknik
pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data primer dilakukan
dengan cara observasi dan wawancara, dan untuk memperoleh data sekunder
digunakan studi kepustakaan./

/Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Tujuan Pelaksanaan Promosi
Pada PT Indosat Tbk. Cabang Bandung, diantaranya: Memperkenalkan produk,
modifikasi tingkah laku, Mengingatkan konsumen tentang produk,
meningkatkan penjualan, menghadapi persaingan. /

/Pelaksanaan promosi pad PT Indosat Tbk Cabang Bandung, dengan cara
sebagai berikut: Dilakukan yang didasari penelitian pasar (market
research), menentukan target dan segmentasi penjualan, memilih media
promosi sesuai pasar yang dituju, mempersiapkan dan mensosialisasikan
rencana penjulan ke divisi penjualan di setiap daerah, mengkoordinasikan
rencana penjualan dengan divisi di wilayah Jawa Barat /

/Pada pelaksanaan promosi dalam upaya mempertahankan loyalitas pelanggan
terdapat faktor-faktor pendukung, antara lain : Faktor internal (
strenght / kekuatan ) yang dimiliki oleh PT. Indosat Tbk. Cabang Bandung
antara lain dengan adanya manejemen yang baik, sumber daya manusia yang
handal. Sedangkan faktor eksternal ( opportunity / peluang ) yang ada
seperti peluang pasar yang potensial. /

/Adapun faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan promosi dalam upaya
mempertahankan loyalitas pelanggan terdapat faktor-faktor pendukung,
antara lain : Faktor internal ( weakness / kelemahan ) yang dimiliki
oleh PT inddosat Tbk. adalah faktor anggaran yang di keluarkan oleh
perusahaan. Sedangkan faktor eksternal (threats / ancaman ) yang harus
dihadapi anata lain faktor pesaing yang bermain pada bisnis yang sama./

/ /

*Latar Belakang*

Seiring dengan perkembangan perekonomian di negara Indonesia saat ini,
juga pengaruh dari perkembangan teknologi yang menyebabkan perusahaan
dalam perkembangannya dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif,
sehingga membuat semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis, dengan
semakin ketatnya tingkat persaingan maka dibutuhkan pula fungsi
pemasaran yang baik, sehingga tujuan yang di harapkan oleh perusahaan
akan tercapai, karena pemasaran perupakan pilar utama yang penting dalam
kelangsungan hidup perusahaan.

Perusahan yang unggul adalah mereeka yang dengan tangkas menyiasati
perubahan bisnis dan dapat memanfatkan peluang-peluang yang ada, serta
mereka yang berhasil memberikan kepuasan bagi pelanggannya, tentunya
dengan sesuatu yang hal yang efektif dan efisien, salah satunya melalui
komunikasi secara baik bagi pelanggannya, sehingga hubungan antara
produsen atau perusahan dengan pelanggannya akan semakin erat dan harmonis.

Perusahaan membutuhkan komunikasi dengan pelanggannya yaitu dengan cara
melakukan promosi, semakin gencar perusahaan melakukan promosi maka akan
semakin dekat di benak pelanggannya. Oleh karena itu banyak perusahan
yang berani mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk biaya promosi.
Media atau alat promosi yang sering dilakukan perusahaan antara lain
melalui: periklanan, Penjualan Personal, Pemasaran Langsung, Hubungan
Masyarakat, dan Promosi Penjualan, Alat alat promosi tersebut dapat
digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dari perusahaan itu sendiri.

Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan
penelitian tentang masalah promosi dalam upaya mempertahankan loyalitas
pelanggan pada PT.Indosat Tbk. Cabang Bandung yang merupakan perusahaan
yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi, penulis akan mencoba
membahas mengenai promosi khususnya produk jasa telekomunikasi yang
diterapkan perusahaan dengan judul :

*"PELAKSANAAN PROMOSI DALAM UPAYA MEMELIHARA LOYALITAS PELANGGAN PADA
PT. INDOSAT Tbk. CABANG BANDUNG".*

* *

*Identifikasi Masalah*

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat diidentifikasikan masalah-masalah
pokok sebagai berikut :

1.) Apa tujuan pelaksanaan promosi pada PT. Indosat Tbk cabang Bandung

2.) Bagaimana pelaksanaan promosi dalam upaya memelihara loyalitas
pelanggan pada PT. Indosat Tbk cabang Bandung

3.) Faktor faktor yang Mendukung pelaksanaan promosi dalam upaya
memelihara loyalitas pelanggan pada PT. Indosat Tbk cabang Bandung

4.) Faktor faktor yang menghambat pelaksanaan promosi dalam upaya
memelihara loyalitas pelanggan pada PT. Indosat Tbk cabang Bandung

*Maksud dan Tujuan Penelitian*

Maksud dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi
sebagai bahan untuk menyusun Laporan Tugas Akhir ini, yang merupakan
salah satu syarat dalam menempuh ujian sidang Program Diploma III PAAP
FE-UNPAD Bandung jurusan Manajemen Pemasaran.

Adapun tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui:

1.) Tujuan pelaksanaan promosi pada PT. Indosat Tbk cabang Bandung

2.) Bagaimana pelaksanaan promosi dalam upaya memelihara loyalitas
pelanggan pada PT. Indosat Tbk cabang Bandung

3.) Faktor faktor yang mendukung pelaksanaan promosi dalam upaya
memelihara loyalitas pelanggan pada PT. Indosat Tbk cabang Bandung

4.) Faktor faktor yang mendukung pelaksanaan promosi dalam upaya
memelihara loyalitas pelanggan pada PT. Indosat Tbk cabang Bandung

*Kegunaan Penelitian*

1.) Bagi perusahaan

Khususnya bagi PT. Indosat Tbk. Cabang Bandung, hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan bahan pertimbangan
atau masukan dalam memperbaiki serta meningkatkan pelaksanaan promosi
yang dilakukan oleh perusahaan dalam upaya memelihara loyalitas
pelanggannya.

2.) Bagi penulis

Hasil penelitian diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan
secara teoritis maupun secara praktis juga pengalaman mengenai promosi.

3.) Bagi pihak lain

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran
yang berarti pada semua pihak, khususnya rekan-rekan mahasiswa dalam
melaksanakan penelitian yang berhubungan dengan masalah pelaksanaan
promosi di masa yang akan datang.

BERSAMBUNG………………….

*JIKA ANDA BERMINAT DENGAN SKRIPSI VERSI LENGKAPNYA, SILAHKAN PESAN:*
*CARA SMS*
*Ketik : Pesan EM-02*
*Kirim Ke : 081949785959*
*CARA EMAIL*
*Pesan EM-02*
*Kirim Ke : Indiegos@gmail.com <mailto:Indiegos@gmail.com>*
*Donasi Rp.50.000,-*
*Pembayaran Ditransfer ke Rekening :*
*Atas Nama : Nur Fatimah*
*No Rek : 318501000831507*
*BANK RAKYAT INDONESIA (BRI)*
*Setelah Transfer silahkan konfirmasi kami, File akan kami kirim
langsung ke email anda setelah anda melakukan pembayaran donasi tsb.*

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: