TINJAUAN PELAKSANAAN SALURAN DISTRIBUSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. AL – FATH PRODUCTION BANDUNG

*ABSTRAK*

/* *Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tujuan, pelaksanaan,
faktor pendukung, dan faktor penghambat dalam pelaksanaan saluran
distribusi dalam upaya meningkatkan penjualan pada CV. Al-Fath
Production di Bandung./

/Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif,
yang memberikan gambaran secara jelas mengenai keadaan perusahaan
sehubungan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang
digunakan untuk mendapatkan data primer dilakukan dengan cara observasi
dan wawancara, dan untuk memperoleh data sekunder digunakan studi
kepustakaan./

/Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan saluran distribusi
dalam upaya meningkatkan penjualan pada CV. Al-Fath Production di
Bandung adalah memperkenalkan dan menguatkan merk AL-FATH, menjangkau
pasar sasaran, melakukan pengendalian jumlah persediaan produk di
gudang, menghadapi persaingan, meningkatkan volume penjualan./

/Pelaksanaan saluran distribusi untuk meningkatkan penjualan pada CV.
Al-Fath Production di Bandung menggunakan saluran satu tingkat, dan
saluran dua tingkat. CV. Al-Fath Production membagi dua jenis pemasok
barang jadi berupa titip produksi dan produksi langsung./

/Pada pelaksanaan strategi pemasaran terdapat faktor – faktor yang
mendukung pelaksanaan saluran distribusi dalam upaya meningkatkan
penjualan pada CV. Al-Fath Production di Bandung adalah pertimbangan
produk, pertimbangan perantara, pertimbangan perusahaan, pertimbangan
pesaing, pertimbangan pasar./

/Adapun yang menjadi faktor – faktor yang menghambat pelaksanaan saluran
distribusi dalam upaya meningkatkan penjualan pada CV. Al – Fath
Production di Bandung adalah keterlambatan supply (pasokan),
keterbatasan sarana, keterbatasan tenaga kerja, dan kejadian yang tidak
terduga./

*Latar Belakang*

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, memiliki
dampak yang luas disegala bidang. Salah satu bidang yang paling terkena
dampaknya adalah* *sektor perekonomian.* *Bidang perekonomian memegang
peranan penting dalam menunjang bidang – bidang yang lainnya, baik itu
dalam aspek sosial, politik, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta
kesejahteraan masyarakat.

Sebuah negara yang memiliki sistem perekonomian yang kuat akan mampu
bersaing dengan negara – negara maju lainnya didunia. Indonesia sebagai
negara yang kaya dan potensial akan sumber daya alamnya, harus dikelola
dengan baik sehingga mampu menunjang bidang perekonomian. Dewasa ini
perkembangan sektor perekonomian di Indonesia khususnya dunia usaha,
baik yang dikelola pihak pemerintah maupun swasta sudah menunjukan hasil
yang cukup menggembirakan, terutama perkembangan perekonomian Indonesia
pasca kirisis.

Perusahaan sebagai pelaku dunia usaha dituntut harus mampu mengembangkan
suatu rencana strategis pengembangan usaha terutama dalam menyikapi
persaingan yang terjadi, untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan
dalam skala jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

Untuk mencapai tujuan tersebut disadari bahwa tujuan pemasaran sangat
diperlukan yaitu untuk membuat perusahaan memperoleh apa yang menjadi
tujuan perusahaan. Merancang sistem saluran distribusi dalam aspek
strategi pemasaran adalah hal yang penting dalam usaha mempertahankan
kelangsungan hidup perusahaan, yang mana strategi pemasaran merupakan
cara untuk mengetahui faktor-faktor yang dikendalikan dan yang tidak
dapat dikendalikan agar dapat memperoleh keunggulan bersaing,
meningkatkan volume penjualan dan laba perusahaan yang maksimal.
Strategi pemasaran mempunyai peran yang sangat penting untuk
keberhasilan perusahaan umumnya dan dibidang pemasaran khususnya.
Disamping itu saluran strategi pemasaran harus dapat memberi gambaran
yang jelas dan terarah tentang apa yang akan dilakukan perusahaan dalam
menggunakan kesempatan atau peluang pada beberapa pasar sasaran.

Salah satu prioritas dalam penentuan strategi pemasaran perusahaan
adalah dalam aspek penentuan saluran distribusi pemasaran produk. Karena
perusahaan yang mampu menerapkan dan mengembangkan strategi saluran
distribusi pemasaran yang tepat, dapat menghasilkan volume penjualan
produk yang optimal, sehingga menghasilkan laba dan mendatangkan
keuntungan bagi perusahaan.

Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan
penelitian tentang masalah pelaksanaa strategi saluran distribusi produk
pada CV. Al-Fath Production Bandung. CV. Al-Fath Production Adalah
perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan distribusi produk
fashion, printing, Accesories, souvenir, dll. Penulis akan mencoba
membahas mengenai pelaksanaan saluran distribusi yang diterapkan
perusahaan dengan judul :

* "TINJAUAN PELAKSANAAN SALURAN DISTRIBUSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN
PENJUALAN PADA CV. AL-FATH PRODUCTION BANDUNG*

*Identifikasi Masalah*

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka masalah
yang dapat diidentifikasi adalah sebagai berikut:

1. Apa tujuan pelaksanaan saluran distribusi pemasaran dalam upaya
meningkatkan volume penjualan pada CV. Al – Fath Production di Bandung

2. Bagaimana pelaksanaan saluran distribusi pemasaran dalam upaya
meningkatkan volume penjualan pada CV. Al – Fath Production di Bandung

3. Faktor-faktor apa saja yang mendukung pelaksanaan saluran
distribusi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada CV.
Al – Fath Production di Bandung

4. Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan
saluran distribusi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan
pada CV. Al – Fath Production di Bandung

*Maksud dan Tujuan Penelitian*

Maksud penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data yang diperlukan,
mengolah dan menganalisanya berdasarkan teori yang didapat dari hasil
perkuliahan. Adapun hasil pengolahan dan analisa data tersebut, akan
dipergunakan untuk menyusun Laporan Tugas Akhir, sebagai salah satu
syarat yang harus dipenuhi dalam menempuh Ujian Sidang Diploma III
Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan Fakultas Ekonomi Universitas
Padjadjaran.

BERSAMBUNG……………………

*JIKA ANDA BERMINAT DENGAN SKRIPSI VERSI LENGKAPNYA, SILAHKAN PESAN:*
*CARA SMS*
*Ketik : Pesan EM-03*
*Kirim Ke : 081949785959*
*CARA EMAIL*
*Pesan EM-03*
*Kirim Ke : Indiegos@gmail.com <mailto:Indiegos@gmail.com>*
*Donasi Rp.50.000,-*
*Pembayaran Ditransfer ke Rekening :*
*Atas Nama : Nur Fatimah*
*No Rek : 318501000831507*
*BANK RAKYAT INDONESIA (BRI)*
*Setelah Transfer silahkan konfirmasi kami, File akan kami kirim
langsung ke email anda setelah anda melakukan pembayaran donasi tsb.*

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: