[psikologi_transformatif] Digest Number 5955

There are 6 messages in this issue.

Topics in this digest:

1. Buku yang Membuat Saya Malas Membacanya
From: Anwar Holid

2. Fix Your Xbox 360 or 3 Red Light Problems
From: jtygjnjh_yuhj@yahoo.com

3. Keberkahan Sholat Lima Waktu
From: muhamad agus syafii

4. Undangan menulis artikel seksualitas – JURNAL GANDRUNG
From: Soe Tjen Marching

5. Hak-Hak Karyawan Kontrak & Outsoucing -23 Januari 2010
From: Informasi Training

6. Online University courses
From: Chinis A

Messages
________________________________________________________________________
1. Buku yang Membuat Saya Malas Membacanya
Posted by: "Anwar Holid" wartax@yahoo.com wartax
Date: Mon Jan 11, 2010 2:23 pm ((PST))

Buku yang Membuat Saya Malas Membacanya
—Anwar Holid

Haji Backpacker, Memoar Mahasiswa Kere Naik Haji
Penulis: Aguk Irawan
Penerbit: Edelweiss
Tebal: 200 halaman
ISBN: 978-602-8672-03-0

Haji Backpacker karya Aguk Irawan (Edelweiss, 200 hal.) merupakan contoh buku yang membuat saya malas membacanya. Tentu bukan karena isinya, melainkan karena editing dan penulisannya yang buruk. Isi sebuah buku sangat relatif dan subjeknya bisa tentang apa pun, karena ada banyak faktor yang bisa membuatnya menarik buat dibaca. Sementara editing dan persoalan penulisan itu jelas, karena ada standar dan aturan tertentu. Salah satunya kita ingin membaca tulisan yang efektif, enak dibaca, menggunakan EYD dengan baik. Tidak usah sangat ketat dan kaku, cukup masuk akal saja, biar membuat pembacaan jadi lebih mudah dan nyaman. Apalah artinya EYD selain sekadar kesepakatan berbahasa untuk memudahkan kita berkomunikasi?

Mari kita perhatikan kalimat pertama buku ini: "Kenapa kamu membawa, gula batu?" Tanya seseorang yang duduk bersebelahan di sebuah perjalanan kereta.

Seorang yang terlatih membaca tulisan bahasa Indonesia bisa langsung menunjuk kenapa tulisan itu buruk. Salah menggunakan dan menempatkan koma, teledor menggunakan huruf kapital. Sangat elementer. Saya kembali gagal menahan diri untuk membiarkan betapa kesalahan semacam ini terjadi lagi dalam buku-buku terbitan kita. Kenapa penerbit tergesa-gesa menawarkan produk semacam ini tanpa pengawasan memadai? Bagaimana mungkin penulis yang biodatanya ditulis sepanjang empat halaman di buku itu bisa menulis seperti itu? Bagaimana mungkin penyunting membiarkan hal seperti itu lolos dari pengawasannya? Itu baru di kalimat pembuka!

Bila kesalahan di kalimat pertama sudah begitu mencolok, bisa kita bayangkan ke dalam-dalamnya. Maka saya memutuskan untuk bolak-balik saja membacanya, sekadar ingin tahu buku ini berisi tentang apa. Saya lebih ingin menyoroti keanehan penulisan dan buruknya penyuntingan buku ini, biar jadi pelajaran buat kita semua—pembaca yang ingin mendapatkan buku bermutu yang disiapkan dengan sungguh-sungguh.

Kejanggalan penggunaan huruf kapital maupun tanda baca bertebaran di buku ini, ditambah lagi salah ejaan, inkonsistensi format italic, dan cara penulisan. Contoh, di baris ke lima di bawah kalimat pertama tertulis "negeri piramida", sementara di halaman 7 tertulis "Negeri Piramida"; mau menggunakan "jemaah" atau "jamaah"; "hotel Hilton" atau "Hotel Hilton" dan sejenisnya, aku atau saya, atau lebih teledor lagi: menulis "Allah Saw." (hal. 53).

Keteledoran dan penyuntingan berlepotan seperti itu sulit ditoleransi. Cukup sekian saya mengkritik, biar saya tak semakin tampak nyinyir dan bawel, seakan-akan jadi polisi EYD dan paling tahu soal penyuntingan. Seperti saya akui sejak jauh hari, saya juga bukan editor teladan yang bebas dari kesalahan seperti itu—tapi boleh taruhan, kesalahan saya tak sebanyak itu dalam sebuah buku. Buat saya, penyuntingan dalam buku ini mengerikan. Kalau kita pikirkan lebih lanjut bahwa buku ini diterbitkan penerbit yang berafiliasi dengan Islam, makin malulah kita membayangkannya. Subjek buku ini tentang rukun Islam, tapi kualitas kontrolnya hancur-hancuran. Dalam hati saya berdoa untuk diri sendiri, semoga kinerja saya sebagai editor tambah bagus dan awas. Rasanya saya punya iktikad untuk membuat buku jadi lebih baik.

Sisanya, saya hanya berani menduga-duga. Kenapa penerbit tetap melempar buku ini ke pasar meski penyuntingannya buruk? Kenapa tampak tergesa-gesa, seakan-akan mengabaikan keinginan pembaca atas produk berkualitas? Apa penerbitan buku ini begitu terdesak oleh kekuatan luar biasa sampai mustahil ditunda demi perbaikan pracetaknya?

Beberapa bulan lalu saya mengkritik kejanggalan editing buku lain sampai sang editor menganggap saya berniat mendiskreditkan kinerja dan namanya, bahkan menuduh saya jahat terhadapnya, kini saya dikirimi buku dengan kasus yang tampaknya lebih parah. Tapi kalau dibiarkan rasanya saya membohongi diri sendiri, bahwa kita ingin menerbitkan buku yang baik, memiliki keterbacaan tinggi, luwes menggunakan norma bahasa—bukan asal-asalan.

Semoga kita belajar dari kasus penerbitan buku ini. Jangan lagi kita menyia-nyiakan kertas, tinta, biaya produksi untuk buku dengan kualitas editing rendahan. Nanti malas kita membacanya.[]

Anwar Holid, editor, penulis, dan publisis. Blogger @ http://halamanganjil.blogspot.com.

KONTAK: wartax@yahoo.com | HP: 085721511193 | Panorama II No. 26 B Bandung 40141.

Link terkait:
http://www.ptiman.com
http://www.ptiman.com/katalog/edelweiss/125-haji-backpacker.html

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
2. Fix Your Xbox 360 or 3 Red Light Problems
Posted by: "jtygjnjh_yuhj@yahoo.com" jtygjnjh_yuhj@yahoo.com jtygjnjh_yuhj
Date: Mon Jan 11, 2010 3:33 pm ((PST))

Fix Your Xbox 360 or 3 Red Light Problems

Watch my videos and discover how you can easily fix your Xbox 360 or 3 Red Light within the next hour.

Click here : http://free-bizzz.com/index.php?option=com_content&view=article&id=53&Itemid=63

Enjoy

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
3. Keberkahan Sholat Lima Waktu
Posted by: "muhamad agus syafii" agussyafii@yahoo.com agussyafii
Date: Mon Jan 11, 2010 6:21 pm ((PST))

Keberkahan  Sholat Lima Waktu

By: agussyafii

Saya mengenal seorang bapak yang bekerja di bengkel. Beliau memiliki kebiasaan selalu sholat diawal waktu. Begitu azdan terdengar beliau selalu mengajak semua teman-temannya untuk menyegerakan sholat lima waktu. Menurut pengalamannya sholat tepat waktu membawa keberkahan dalam hidupnya. Keberkahan itu adalah kemudahan-kemudahan dalam menjalani hidup ini.

Siang itu beliau bertutur, 'Saya membiasakan diri untuk selalu sholat tepat waktu. Memang banyak orang yang mengatakan bahwa sholat tepat waktu memudahkan kita mendapatkan rizki, saya  senantiasa mendapatkan rizki dalam bentuk uang saja tapi juga dalam bentuk yang lain. Oleh karena itu saya selalu membiasakan diri berdoa untuk mendapatkan keberkahan  dalam hidup ini.'

Alhamdulilah setelah saya membiasakan diri untuk sholat tepat waktu, apapun yang saya menjadi niat akan selalu dapat terpenuhi. Misalnya saya pernah ingin sekali makan ayam goreng tepung, saya sudah berusaha untuk titip kepada tetangga saya yang biasa beli tapi ya karena memang bukan rizki pada hari itu dia beli. Ya, dalam hati saya berkata" Ya. Alloh saya ingin sekali makan ayam goreng tapi kok nggak ada yang bisa saya titipi untuk beli ya?"

Subhanallah lewat magrib anak saya yang ke-2, dia kebengkel dengan membawa ayam kentucky dalam jumlah yang cukup banyak. Saya langsung menangis ya Alloh memang hanya Alloh yang dapat menjawab semua keinginan kita. Bukan itu saja banyak kemudahan yang saya dapatkan setelah saya membiasakan diri sholat Lima waktu tepat pada waktunya. Dari anak saya yang mau masuk pesantren tapi disuruh, Pindah kontrakan bengkel yang lebih baik dan masih banyak lagi lainnya. Untuk membiasakan diri itu memang susah tapi kalau sudah menjadi kebutuhan akan semakin mendarah daging Insya Alloh kita akan mendapatkan manfaatnya. Itulah keberkahan saya menjalankan sholat tepat waktu.' Begitulah beliau bertutur pada saya.


Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'." (Al-Baqarah: 45).

Wassalam,
agussyafii


Yuk, sambut satu cinta untuk anak-anak Amalia. Dalam kampanye program 'Satu Cinta Untuk Amalia (TALIA)'  Hari Ahad, Tanggal 17 Januari di Monas (Momumen Nasional) Jakarta. Kirimkan dukungan dan komentar anda di http://agussyafii.blogspot.com atau http://www.facebook.com/agussyafii, http://www.twitter.com/agussyafii, atau sms di 087 8777 12 431

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
4. Undangan menulis artikel seksualitas – JURNAL GANDRUNG
Posted by: "Soe Tjen Marching" smarching@yahoo.com smarching
Date: Mon Jan 11, 2010 11:12 pm ((PST))

Teman-teman,
Saya mengundang anda untuk menulis di Jurnal Gandrung edisi 2. Mohon menyebar luaskan kembali info ini kepada siapa saja yang mampu menulis artikel seksualitas kritis. Makasih banyak.

Soe Tjen Marching.
UNDANGAN MENULIS di JURNAL GANDRUNG
 

Jurnal Gandrung
adalah jurnal kajian seksualitas kritis. Dalam ancangan ini seksualitas
dan gender dipandang sebagai beraneka ragam dan dikonstruksi secara
sosial-budaya. Seksualitas, yang dipahami sebagai bagian integral
kepribadian setiap manusia, dikaji dari pinggir atau tepi untuk
memahami pusat atau tengah yang ternyata berkemungkinan lain dari yang
dipahami secara konvensional, apalagi normatif. Seksualitas, termasuk
kesehatan dan kesejahteraan serta hak seksual dan reproduksi, disadari
terkonstruksi dalam interaksi antara individu dan struktur sosial
seperti ekonomi, nasion dan negara, hukum dan HAM, media, budaya,
sejarah, dan sistem kepercayaan, ideologi dan fundamentalisme. Jurnal
Gandrung diterbitkan oleh Yayasan GAYa NUSANTARA, dengan dukungan dari
Hivos.

Panjang Artikel: 5000 – 10.000 kata (33.000 – 66.000 karakter).
Gaya penulisan:
Chicago Manual of Style dan Pedoman Ejaan Yang Disempurnakan dan
Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Font Palatino Linotype 11 pt (catatan
kaki 9 pt).
Batas Waktu: 1 Juni 2010

Artikel dikirimkan ke:
GAYa NUSANTARA
E-mail: gayanusantara@gmail.com
atau
REDAKSI
Soe Tjen Marching
E-mail: gandrung@gayanusantara.or.id

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
5. Hak-Hak Karyawan Kontrak & Outsoucing -23 Januari 2010
Posted by: "Informasi Training" infotraining07@yahoo.co.uk infotraining07
Date: Mon Jan 11, 2010 11:15 pm ((PST))

HRD Forum Event 71
Hak-Hak Karyawan Kontrak

dan Outsourcing

Sesuai perundang-undangan yang berlaku di Indonesia
Sabtu, 23 Januari 2010 – Investasi Hanya Rp 300.000,-

Hotel Sofyan Cikini – Jakarta Pusat

——————————————————————————–

Hanya Rp 300.000,-

Daftar Segera ! NOW !!

Kami pastikan kursi akan terisi penuh !!

Banyak alasan mengapa perusahaan memberlakukan PKWT maupun outsourcing, diantaranya adalah alasan efisiensi, cost reduction, peningkatan profit dan mungkin alasan-alasan lainnya. Dengan sistem kerja kontrak (PKWT) dan outsourcing ini sebagian perusahaan mempunyai asumsi efiensi bisa lakukan, cost reduction terhadap labor cost dapat di tekan dan keuntungan dapat diperbesar. Sangat sensitifnya sistem kerja kontrak (PKWT) ini membuat pemerintah mengeluarkan aturan secara khusus melalui UU No.13 Thn 2003 dan kepmen 100 thn 2004 – tentang Ketentuan Pelaksanaan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).

Mungkin banyak kasus pelanggaran yang terjadi terhadap hak-hak karyawan kontrak (PKWT) maupun outsourcing, Mulai dari penentuan jenis pekerjaan yang boleh di PKWT kan maupun di outsource, lamanya waktu perpanjangan kontrak, upah, upah lembur, THR, jamsostek, hak berserikat & lainnya. mengapa hal ini terjadi ? kemungkinan dikarenakan tidak & kurang mengertinya praktisi HRD terhadap aturan normatif tentang Hak-hak Karyawan Kontrak (PKWT) dan tidak/kurang mengertinya karyawan kontrak itu sendiri terhadap hak-haknya.

HRD Forum Event kali ini akan memandu, menguraikan & menjelaskan apa Hak-hak Karyawan Kontrak maupun outsourcing, Hak-hak saat memulai hubungan kerja, Hak selama masa kerja sampai saat terjadinya pemutusan hubungan kerja yang sesuai dengan Aturan per undang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Sekilas Materi yang dibahas :
Hak-hak Karyawan Kontrak saat memulai Hubungan Kerja
Jenis pekerjaan yang boleh di PKWT kan maupun di outsource
Perjanjian Kerja lisan atau tertulis
Masa Percobaan ?
Hak-hak atas upah, lembur, THR
Hak atas Cuti, cuti melahirkan, cuti keguguran & cuti lainnya
Hak atas Jaminan kesehatan & Jamsostek
Hak atas Pesangon
Jika pekerja sakit berkepanjangan
PHK sebelum selesainya Kontrak
Jika kontrak/perjanjian tidak sesuai dengan pekerjaan
Prosedure penuntutan Hak Karyawan Kontrak
dan lain-lain

Pembicara :
HRD Forum Event kali ini akan dipandu oleh Denny H Makarim, SH
beliau adalah seorang praktisi SDM, Trainer dan Konsultan dalam bidang Industrial Relation.

Tanggal & Lokasi :
Sabtu, 23 Januari 2010
Sofyan Cikini hotel – Jakarta

Waktu :
9.00 s/d 13.00 wib

Investasi :
HANYA Rp 300.000,-
(Materi, Certificate of Participation, Lunch)
-Tempat Terbatas – Daftar Sekarang Juga !!

No Account :
BCA – KCP Ahmad Yani – Bekasi
No. Rek : 739 041 0829 a/n Bahari Antono

Bukti transfer asli dibawa saat acara dan diserahkan pada saat registrasi ulang

Information & Registration :
Rani & Citra

Hotline
08788-1000-100
08788-1888-899
0815- 1049-0007
021-70692748

Pendaftaran Via SMS : 0815 1049 0007 ; 08788-1000-100 ; 08788-1888-899
(Nama, Perusahaan, Event 71)

E-mail: Event@HRD-Forum.com
Website : www.HRD-Forum.com

——————————————————————————–

Form Pendaftaran – Event 71 – Hak-hak Karyawan Kontrak & Outsourcing

Name: ��������
Company: ������
Address: ������..
Phone/HP: �����..
E-mail: �������..
Date of Transfer: ��..

——————————————————————————–

http://hrd-forum.com/HRD%20Forum%20-%20Komunitas%20HRD%20Indonesia%20-%20great%20Supervisor.htm

Dimana saya dapat melihat agenda Training HRD Forum ?
www.HRD-Forum.com
http://trainingseminar.wordpress.com/
http://www.Agenda.HRD-Forum.com/
http://seminarhr.wordpress.com/
http://www.Komunitas-HRD.com/
http://hrdforum.wordpress.com/
http://www.Diskusi-HRD.com/
http://www.DiskusiHRD.wordpress.com/
http://informasitraining.blogspot.com/

Tertarik mengadakan Inhouse Training Program ?
Hubungi kami segera di event@HRD-Forum.com
atau di HOTLINE Kami :
08788-1000-100
08788-1888-899
0815- 1049-0007
021-70692748

Ingin bergabung dalam komunitas HRD yang kami fasilitasi ?
Kirim email kosong ke :
Diskusi-HRD-Subscribe@yahoogroups.com

Ingin belajar, diskusi & berkumpul bersama praktisi HRD seluruh Indonesia ?
bergabunglah dalam mailing list Kami
Diskusi-HRD@yahoogroups.com
dengan mengirimkan email kosong ke :
Diskusi-HRD-subscribe@yahoogroups.com

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
6. Online University courses
Posted by: "Chinis A" a_chinis@yahoo.com a_chinis
Date: Tue Jan 12, 2010 1:05 am ((PST))

Online University courses

http://onlineuniversitycours.blogspot.com

Spyware Removal Downloads

Advanced
sexual compatibility matching

http://friendfinder.com/go/g1117503

Messages in this topic (1)

————————————————————————
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/

<*> Your email settings:
Digest Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
psikologi_transformatif-normal@yahoogroups.com
psikologi_transformatif-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
psikologi_transformatif-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

————————————————————————

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: