Pelatihan Pengembangan Diri Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa Berprestasi Rendah

Pengaruh Pelatihan Pengembangan Diri (Self Development Training) Pada Harga Diri Remaja Berprestasi Belajar Rendah
Pemaparan yang telah dikemukakan di atas setidaknya menunjukkan betapa pentingnya pelatihan pengembangan diri. Melalui pelatihan pengembangan diri, seseorang akan selalu berusaha untuk bisa maju. Hal tentu akan berkorelasi positif dengan harga diri seseorang tersebut. Bila individu sudah memiliki keinginan untuk maju yang itu berarti bahwa dia optimis dengan kemampuan dirinya, maka dia akan memandang diri secara positif dan kemudian individu tersebut memiliki harga diri tinggi. Sebuah penelitian baru-baru ini dilakukan (Santrock, 2001) dengan mengikuti siswa-siswa selama beberapa bulan pertama saat duduk di kelas 1 sekolah menengah.
Penelitian ini menemukan bahwa siswa yang memiliki harga diri tinggi, di mana dia sangat yakin dengan kemampuan yang dia miliki meskipun dengan tingkat intelegensinya biasa-biasa saja, dapat mengukir prestasi belajar tinggi. Martins dkk (2002) melalui penelitiannya mengenai hubungan antara self esteem dan prestasi belajar pada 838 siswa sekolah menengah pertama menemukan korelasi positif antara keduanya. Di mana anak yang memiliki self esteem tinggi akan cenderung memiliki prestasi akademis tinggi dan begitu juga sebaliknya.
Klass dan Hodge (1978) kemudian menyatakan bahwa salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan harga diri remaja adalah melalui pengembangan pribadi atau diri remaja, terutama melalui pelatihan. Hasil ini semakin memperkuat pentingnya meningkatkan harga diri remaja guna mengukir prestasi belajar tinggi melalui pelatihan pengembangan diri.
Dalam pelatihan kali ini, materi-materi pelatihan pengembangan diri yang diberikan diarahkan pada upaya untuk meningkatkan harga diri peserta yang dalam hal ini adalah remaja berprestasi belajar rendah. Ada lima materi pelatihan, yaitu: materi konsep diri, motivasi berprestasi, goal setting, seni memimpin diri sendiri dan materi metode belajar efektif. Materi konsep diri bertujuan untuk membuka pemahaman remaja mengenai kesalahan cara memandang pada diri, sekaligus membimbing remaja untuk mengetahui potensi atau kelebihan yang mereka miliki untuk dioptimalkan.
Materi motivasi berprestasi bertujuan untuk memahamkan remaja mengenai pentingnya memiliki motivasi berprestasi tinggi. Sehingga dari sini, remaja akan memiliki semangat untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Materi goal setting bertujuan untuk mengarahkan remaja untuk memiliki impian dalam hidup sekaligus menentukan cara mencapai impian tersebut, sehingga dengan adanya impian tersebut remaja diharapkan memiliki arah yang jelas dalam menjalani hidup. Materi seni memimpin diri bertujuan memberikan pemahaman pada remaja akan besarnya kendali diri dalam menentukan hasil akhir dalam hidup, sehingga remaja harus belajar menjadi pemimpin untuk diri sendiri, terutama ke arah yang positif.
Sedangkan materi metode belajar efektif sebagai materi tambahan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dialami, sehingga diharapkan remaja akan menemukan metode yang paling tepat atau efektif untuk mereka gunakan dalam belajar.
Melalui pemberian materi-materi di atas, diharapkan peserta akan mendapatkan satu pencerahan diri, motivasi baru, memiliki cara pandang jauh ke depan, rasa optimis, dan percaya diri sebagai ciri-ciri dari harga diri yang tinggi.
Akhirnya, pelatihan pengembangan diri ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan harga diri remaja berprestasi belajar rendah agar mampu mengukir prestasi. Dengan kata lain, bila remaja sudah mampu memahami diri dan potensi mereka, memiliki motivasi untuk mengoptimalkan potensi, memiliki impian dalam hidup, dan memperoleh jalan mencapai impian tersebut, maka remaja berprestasi belajar rendah diharapkan akan mengalami peningkatan harga diri yang nantinya akan berkorelasi positif pada peningkatan prestasi belajar di sekolah.
Versi Lengkap Softcopy Dapat Dipesan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: