Tingkat Efikasi Diri Core Skill Mahasiswa Yang Aktif Berorganisasi Dan Bekerja Paruh Waktu

Perbedaan Tingkat Efikasi Diri Core Skills Mahasiswa Ditinjau Dari Status Keaktifan Dalam Berorganisasi Dan Bekerja Paruh Waktu
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan tingkat efikasi diri core skills (EDCS) pada mahasiswa ditinjau dari status keaktifan dalam berorganisasi dan bekerja paruh waktu. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa tingkat EDCS mahasiswa AOPW lebih tinggi dari mahasiswa AO, mahasiswa APW dan mahasiswa TAOPW; tingkat EDCS mahasiswa AO lebih tinggi dari mahasiswa TAOPW; tingkat EDCS mahasiswa APW lebih tinggi dari mahasiswa TAOPW; dan tidak ada perbedaan signifikan antara tingkat EDCS mahasiswa AO dengan tingkat efikasi diri core skills mahasiswa APW.
Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat efikasi diri core skills antara mahasiswa yang aktif berorganisasi dengan mahasiswa yang tidak aktif berorganisasi dimana tingkat EDCS mahasiswa yang aktif berorganisasi memiliki tingkat EDCS yang lebih tinggi dari mahasiswa yang tidak aktif berorganisasi. Hasil pengolahan data juga menunjukkan bahwa terdapat pula perbedaan tingkat EDCS antara mahasiswa yang aktif dengan mahasiswa yang tidak aktif bekerja paruh waktu.
Tingkat EDCS mahasiswa AOPW lebih tinggi dari mahasiswa AO, APW dan TAOPW dapat terjadi karena mahasiswa yang aktif dalam kegiatan berorganisasi dan bekerja paruh waktu sekaligus memiliki kesempatan yang lebih banyak dari mahasiswa AO, APW dan TAOPW untuk melatih berbagai core skills misalnya bekerja sama dalam organisasi, mengemukakan ide, mencari solusi dan menyelesaikan masalah, memanfaatkan teknologi untuk mencari informasi yang diperlukan termasuk juga untuk keefektifan berkomunikasi dan lain sebagainya.
Banyaknya kesempatan untuk melatih core skills akan membuat efikasi core skills mahasiswa menjadi lebih tinggi karena telah terbiasa melakukan core skills. Hal ini didukung oleh Pajares dan Schunk (2001) yang menjelaskan bahwa ketika seseorang telah terbiasa melakukan suatu tugas atau aktivitas, efikasi dirinya untuk sukses dalam melakukan tugas atau aktivitas tersebut akan menjadi lebih tinggi. Pajares dan Schunk mengistilahkan hal tersebut dengan self efficacy for performance.
Suatu unit usaha atau perusahaan pada dasarnya merupakan suatu organisasi jika mengacu pada pendapat Davis (Sutarto, 2002) bahwa organisasi adalah suatu kelompok orang yang sedang bekerja ke arah tujuan bersama di bawah kepemimpinan. Mooney (Sutarto, 2002) juga menyatakan organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk pencapaian tujuan bersama. Sejumlah aktivitas dan tugas yang dilakukan dalam berorganisasi dan bekerja pun juga hampir sama. Hal tersebutlah yang mungkin menjadi penyebab mengapa tingkat efikasi diri core skills antara mahasiswa AO tidak berbeda secara signifikan dengan mahasiswa APW.
Komunikasi yang efektif merupakan prasyarat terbinanya kerja sama yang baik untuk mencapai tujuan dalam suatu organisasi (Suprihanto dkk,2003). Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas bekerja sama dan berkomunikasi adalah aktivitas mendasar yang terjadi dalam suatu organisasi ataupun unit usaha. Aktivitas dalam kegiatan berorganisasi dan bekerja juga antara lain adalah pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan merupakan sebuah proses menganggapi sebuah masalah dengan mencari dan memiliki solusi atau serangkaian tindakan yang akan menciptakan nilai bagi organisasi (Wisnu dan Nurhasanah, 2005).
Tidak hanya itu, kemampuan bekerja dengan angka juga merupakan aktivitas yang tidak dapat dihindari karena saat ini tidak sedikit peristiwa dalam kehidupan organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif melalui angka-angka (Siagian, 2004). Wisnu dan Nurhasanah (2005) mengemukakan bahwa teknologi juga hadir dalam setiap aktivitas organisasi. Teknologi adalah kombinasi dari keterampilan, pengetahuan, kemampuan, teknik, materi, mesin, komputer, alat-alat dan peralatan yang digunakan manusia untuk mengubah bahan mentah menjadi benda berharga dan jasa (Wisnu dan Nurhasanah, 2005).
 Silahkan Pesan Jika Anda Berminat Dengan Softcopy Versi Lengkap  

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: