Perbedaan Urutan Kelahiran Dalam Pengambilan Keputusan

Perbedaan Urutan Kelahiran Dalam Pengambilan Keputusan
Hipotesis penelitian yang diajukan pada penelitian ini adalah ada perbedaan urutan kelahiran dalam pengambilan keputusan. Berdasarkan hipotesis yang diajukan maka, analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan pengambilan keputusan pada anak sulung, anak tengah dan anak bungsu.
Adanya perbedaan pengambilan keputusan yang signifikan antara anak sulung dan anak tengah dapat dilihat berdasarkan karakteristik bahwa anak sulung adalah anak yang lahir pertama kali atau berada pada posisi pertama dalam urutan kelahiran. Umumnya anak sulung merupakan masalah bagi orang tua yang belum berpengalaman berperan sebagai orang tua, sehingga kelahiran anak sulung mempunyai perhatian dan perlindungan yang berlebihan dari orang tua (Very & Zannini, dalam Mednick dkk, 1975).
Orang tua juga mempunyai harapan atau tuntutan yang tinggi terhadap anak sulung. Orang tua menuntut anak agar anak berprestasi dan sang anak berusaha untuk memenuhi dan mematuhi harapan tersebut (Hurlock, 1978). Anak sulung juga sering mendapatkan bantuan dari ibu dan orang dewasa, sedangkan anak tengah cenderung mempunyai karakteristik cenderung berorientasi pada kelompok teman sebaya (peer group) yang membantunya menjadi populer dan mempunyai teman (Hurlock, 1978). Hal ini membuat anak tengah lebih independen, sifat itu terbentuk juga dari perlakuan orang tua yang sudah berpengalaman sehingga tidak terlalu melindungi anak (Very & Zannini, dalam Mednick dkk, 1977).
Perbedaan pengambilan keputusan yang sangat signifikan antara anak sulung dan anak bungsu dapat dilihat dari karakteristik anak sulung dimana orang tua mempunyai harapan dan tututan yang tinggi dan anak sulung juga harus bertanggung jawab pada adik-adiknya dan juga keluarganya. Sedangkan anak bungsu cenderung manja dan tidak bertanggung jawab, karena anak bungsu dilahirkan paling akhir dalam keluarga (Sinolungun, 1979).
Pengambilan keputusan antara anak tengah dan anak bungsu tidak ditemukan adanya perbedaan. Hal ini disebabkan anak tengah dan anak bungsu cenderung tidak dibebani tanggung jawab yang sangat berat oleh orang tua (Sinolungun; dalam Lessiohadi, 1979).
Silahkan Pesan Jika Anda Berminat Dengan Softcopy Versi Lengkap   

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: