[psikologi_transformatif] Digest Number 5969

There are 13 messages in this issue.

Topics in this digest:

1. Hadiri Seminar Berbobot! Human vs Robot, Which One Are You? 24 Feb 2
From: Juneman

2. Rezim SBY Sukses Hantar RI Dililit Gurita Perdagangan Bebas
From: andre andreas

3a. Fw: 5 Nasabah Bank Century bunuh diri, termasuk seorang Profesor
From: sinaga harez posma
3b. Re: Fw: 5 Nasabah Bank Century bunuh diri, termasuk seorang Profesor
From: audifax –

4. Berkah Sholat Fardhu
From: muhamad agus syafii

5. Demo Damai
From: abe setiawan

6. BUNG HATTA dan PASAL 33 UUD 1945
From: abe setiawan

7. Social Network Mendorong Terjadinya People Power – & Profesional Pow
From: abe setiawan

8a. Universities in USA Apply to the best undergraduate programs and cla
From: Chinis A

9. MELANCARKAN ASPIRASI/KEINGINAN MASYARAKAT (?)
From: abe setiawan

10. Mahasiswa Minta Kasus Century Ditangani KPK
From: abe setiawan

11. LAUNCHING MAJALAH BHINNEKA di CCCL
From: Soe Tjen Marching

12a. You're Invited!
From: tattoobikeraqchick

Messages
________________________________________________________________________
1. Hadiri Seminar Berbobot! Human vs Robot, Which One Are You? 24 Feb 2
Posted by: "Juneman" juneman@gmail.com neumanmail
Date: Tue Jan 26, 2010 4:48 am ((PST))

Seminar Knowledge Management Series

HUMAN VS ROBOT, WHICH ONE ARE YOU?
MANAGING PARADOX IN TALENT MANAGEMENT

Rabu, 24 Februari 2010, Pukul: 08.30 – 15.00

Balai Kartini, Lt. 2, Mawar Room, Jl. Gatot Subroto, Kav. 37, Jakarta Selatan

*** Why You Should Attend

Dalam ekonomi abad 21, manusia memegang posisi sentral sebagai aset organisasi. Meskipun produk dan proses merupakan hal yang penting, namun inovasi yang dihasilkan oleh manusia lah yang menjadi competitive advantage bagi organisasi. Perusahaan yang secara lebih efektif merekrut, melibatkan, mengakses, dan mengembangkan karyawannya lah yang dapat menjadi yang terbaik.

Hadirilah !! Seminar Knowledge Management yang dipersembahkan oleh HIMPUNAN PSIKOLOGI INDONESIA (HIMPSI) dan KLIK.

*** Tema, Waktu, dan Narasumber

FILOSOFI MANAGING PARADOX
Waktu: 09.15 – 10.45

"Selama bertahun-tahun, para manajer perusahaan beranggapan bahwa tugasnya adalah untuk mengatasi perasalahan. Namun, sebenarnya permasalahan itu merupakan sebuah paradoks, yakni dua gagasan atau tujuan yang saling bertentangan namun dua-duanya penting. Bagaimana menyiasati situasi itu?"

Narasumber:
ROBERT H. IMAM
Dosen Filsafat Ilmu Pengetahuan

Profil: Dosen Sekolah Tinggi Filsafat ternama ini telah menghasilkan banyak pandangan dan kontribusi, melalui tulisan (seperti salah satu esai dalam buku "Sesudah Filsafat: Esai-esai untuk Franz Magnis-Suseno"), tulisan dalam jurnal yang berjudul "Neoliberalisme, Era Baru dan Peradaban Pasar".
Robert H. Imam juga seorang praktisi yang mengimplementasikan Knowledge Management di salah satu perusahaan yang cukup ternama.

CHANGE & TALENT MANAGEMENT
Waktu: 10.45 – 12.15

"Talent Management dalam organisasi berbicara mengenai 20% konsep dan 80% implementasi. Implementasi Talent Management menuntut adanya perubahan paradigma manusia yang bernaung di dalam organisasi tersebut. Untuk itu, upaya organisasi dalam mengimplementasikan Talent Management tidak lepas dari change management. Sesi ini akan membahas strategi dan trik dalam implementasi Talent Management."

Narasumber:
ANDREAS WENAS
Direktur HR, Tudung Group

Profil: Praktisi yang kompeten di bidang SDM dan mampu membahas pengelolaan perubahan dalam organisasi terkait implementasi Talent Management.

IMPLEMENTASI TALENT MANAGEMENT DI DALAM ORGANISASI
Waktu: 13.15 – 14.45

"Talent Management, yang muncul di tahun 1990-an, adalah proses mengembangkan dan mengintegrasikan karyawan baru maupun mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang sudah ada. Mengingat bahwa Talent Management merupakan kunci keberhasilan dalam perusahaan-perusahaan, maka sesi ini akan sangat bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan yang ingin terus mengembangkan usahanya."

Narasumber:
IBNOE EFFENDY
Direktur HR, HSBC

Profil: Praktisi dengan latar belakang psikologi yang dapat menjelaskan mengenai Talent Management dengan titik berat pada manusianya dan menekankan pada faktor-faktor yang dimiliki manusia yang mengarahkannya dalam berespon terhadap situasi baru.

Moderator:
IRIS TUTUARIMA

*** Undangan:
Non Anggota: Rp 1.500.000
Anggota: Rp 800.000

*** Hubungi

IKA 0812 1967 5601
NOVI 0812 9267 043

Sekretariat Panitia:
Jl. Bangka XII No. 17A
Kemang, Jakarta 12720

Tel: 021 718 0350, 719 3076
Fax: 021 718 0345

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
2. Rezim SBY Sukses Hantar RI Dililit Gurita Perdagangan Bebas
Posted by: "andre andreas" mataharikusatu@yahoo.com mataharikusatu
Date: Tue Jan 26, 2010 11:29 am ((PST))

Siaran Pers FOR Indonesia (Front Opisisi Rakyat Indonesia) 25/01/10 Jakarta

Baca juga Maklumat FOR-Indonesia
Diserukan pada saat Deklarasi Front Oposisi Rakyat Indonesia 21 Desember Januari 2010    "Rezim SBY Gagal"
http://lenteradiatasbukit.blogspot.com/2010/01/maklumat-front-oposisi-rakyat-indonesia.html
Saat ini mata kita mengarah ke angka kalender "28" Januari, yang akan terjadi dalam dua hari ke depan, di mana Rezim SBY genap berusia Lima Tahun Seratus Hari (1900 Hari). Dalam kekuasaannya untuk yang kedua kalinya ini, negeri Indonesia telah mengalami reorganisasi wilayah melalui berbagai macam undang-undang yang mengubah Indonesia sebagai negara pasar bebas dalam hal investasi, perdagangan dan keuangan negara. Banyak orang tidak menyadari hal ini, karena disangkanya telah hadir demokrasi dengan simbol keterbukaan di Indonesia, padahal itulah negara pasar bebas. Begitu negara ini telah alih fungsi sebagai pasar bebas, maka kedaulatan ekonomi-politik ada di tangan pedagang dan investor besar, dan rakyat Indonesia teralienasi dari tanah, kerja, dan identitas kesejarahan lokal/kebangsaannyanya. Inilah titik kritis Rezim SBY.

Mari kita simak hantaran Rezim SBY menuju pasar bebas. Hal ini memang berhubungan dengan konsep unipolar dari penguasaan dunia yang didominasi oleh sebuah negara, dan agar efisien, dunia unipolar ini harus membentuk globalisasi. Globalisasi perdagangan bebas merupakan modus operandi yang banyak dipakai untuk mempercepat ekspansi rezim neoliberal. Mulanya WTO (World Trade Centre Organization) yang mengatur perdagangan bebas dunia, dan kemudian diciptakan FTA (Free Trade Agreement) yang cakupan peraturannya lebih menyeluruh dalam mengatur hubungan perdagangan regional ketimbang WTO. Indonesia telah terikat WTO sejak 1994, kemudian diatur oleh FTA (melalui AFTA 2002). FTA Indonesia telah menjalin dengan China-Asean FTA (CAFTA) sejak 2004, Jepang-Indonesia EPA pada 2007, dengan New Zealand-Australia (NZFTA,) dengan Uni-Eropa dan juga dengan AS.

Dengan FTA, Rezim SBY membuka pintunya terbuka lebar bagi invasi ekonomi kapitalis. Dalam situasi krisis ekonomi global ini, FTA seperti konstitusi dunia yang menentukan kedaulatan ekonomi sebuah negara. Sebagai negara pasar bebas, rakyat pun dimobilisasi ke dalamnya sebagai "kuli-kuli pasar bebas" yang dibuat saling bersaing dengan sesamanya dalam sistem kerja outsourcing, ekspor tenaga kerja domestik, yang semuanya tanpa jaminan keselamatan dan kesejahteraan. Petani dan nelayan dibiarkan bersaing dengan pengusaha yang menguasai tanah hingga lautnya dengan teknologi dan modal besar, tanpa perlindungan. Layaknya, dalam persaingan yang tidak seimbang, maka posisi petani, nelayan yang diusir dari tanah dan lautnya serta dibuat terasing sebagai buruh adalah yang mengalami kehancuran fatal selama pemerintahan Rezim SBY.

Kami menegaskan, terdapat tiga sokoguru Indonesia yang saat ini hancur fatal, yakni petani, nelayan dan buruh, serta kaum perempuan dari ketiga sokoguru tersebut. Kaum perempuan mempunyai beban masalah yang bertambah karena diperlakukan sebagai tenaga kerja (alat produksi kapitalis) sekaligus konsumen dalam pasar bebas. Runyamnya, pada saat pemerintahan SBY menyusun rencana strategis yang dinamakan National Summit 2009, malahan berisi tentang proyek yang tetap menguntungkan pengusaha besar, yakni pembangunan infrastuktur untuk menunjang industri strategis, proyek peningkatan pengusaha dalam negeri agar mampu bersaing dengan modal bebas, dan pembenahan birokrasi sipil dan militer yang mendukung pasar bebas agar bejalan efektif. Tak ada political will yang kuat untuk mensejahterakan dan melindungi rakyatnya dari gurita pasar bebas.

Ketiga rencana strategis yang diprioritaskan Rezim SBY selama masa pemerintahannya ini benar-benar hanya menjadikan Indonesia sebagai polisi pasar bebas yang berjaga pada rute produksi, distribusi hingga reproduksi sosial –yang dibebankan utama kepada kaum perempuan, agar tidak ada yang luput dari hukum pasar bebas FTA. FTA akan semakin meningkatkan impor berbagai produk industri dan pertanian pada tingkat tarif bea masuk yang sangat rendah bahkan dapat mencapai nol persen. Saat ini saja Indonesia telah mengimpor hampir seluruh produk pertanian, beras, kedelai, produk peternakan seperti 30 persen kebutuhan daging nasional, sebanyak 70 persen dari total konsumsi susu, bahkan jeroan. Kecenderungan pada impor yang terus membesar semakin menyebabkan sektor pertanian dan industri dalam negeri terpuruk. Lebih ironi lagi, ketika impor perikanan dalam 5 tahun terakhir terus mengalami pertumbuhan Kecenderungan pada impor yang terus membesar semakin menyebabkan
sektor pertanian, perikanan dan industri dalam negeri terpuruk. Adapun subsidi telah dicabut atas Di sisi lain, liberalisasi dan percepatan penyediaan lahan dan izin konsesi untuk pembukaan industri ekstraktif (perkebunan skala besar, migas dan pertambangan) terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan industri negara maju. Tindakan menjadikan Indonesia sekedar sebagai bangsa konsumen dan penyedia bahan mentah (raw materials) yang diekstraksi dari kekayaan sumberdaya alam adalah suatu tindakan sistemik mendorong terjadinya pelanggaran Hak Asasi Manusia serta penghancuran lingkungan hidup dan sumber daya alam tersisa (ecocide). Suatu penghianatan dari amanat rakyat dan konstitusi UUD 1945, khususnya Pasal 33!
Aliansi Rakyat Bersatu (ARB), WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia), Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP), Konsorsium Pembaharuan Agraria (KPA), FPPK, FGII, Indonesia Corruption Watch (ICW), Indonesia Budget Centre (IBC), IKOHI, Institut Global Justice (IGJ), Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Konfederasi KASBI), Serikat Pekerja PT PLN (SP PLN), KIARA (Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan), Koalisi Perempuan Indonesia (KPI), Kontras, YAPPIKA, Sarekat Hijau Indonesia (SHI), Kamerad, KPOP, KM-Raya, KM-UI, KMU, PERGERAKAN, Pusat Studi Hukum & Kebijakan (PSHK), Posberaksi, PPRP Jakarta, Persatuan Perjuangan Indonesia(PPI), Revolusi Desember 09, SRMPI, STIGMA, Gerilya, GPPI.
 

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
3a. Fw: 5 Nasabah Bank Century bunuh diri, termasuk seorang Profesor
Posted by: "sinaga harez posma" sinagahp@yahoo.com sinagahp
Date: Tue Jan 26, 2010 5:02 pm ((PST))

5 Nasabah Bank Century bunuh diri

By indah septiyaning on 26 Januari 2010 | 15:28

Jakarta–Forum Nasabah Bank Century menemukan ada 5
nasabah yang bunuh diri akibat skandal Bank Century. Ada yang bunuh
diri dengan loncat dari gedung lantai 7 hingga minum air sabun.

"Teman-teman nasabah ada yang bunuh diri. Ada 5 korban yang
tercatat," ujar Koordinator perwakilan nasabah Bank Century, Z Siput L
saat memberikan tanggapan kepada anggota Pansus di Gedung DPR, Senayan,
Jakarta, Rabu (26/1).

Menurut Siput, korban pertama bernama Sayuti yang loncat dari lantai
tujuh. Lalu menyusul 2 orang nenek-nenek berusia 70 tahun dan 80 tahun
bunuh diri dengan meminum air sabun di Jambi. Kemudian ada nasabah di
Surabaya bunuh diri juga.

"Satu lagi ada profesor dr Dibyo Prabowo yang merupakan rektor
Atmajaya Yogyakarta. Dia bunuh diri juga. Dia kehilangan duit sebanyak
Rp 16 miliar," jelasnya.
Selengkapnya dan artikel/berita baru lainnya, kunjungi: http://janganbunuhdiri.net/jbd-info/

Messages in this topic (2)
________________________________________________________________________
3b. Re: Fw: 5 Nasabah Bank Century bunuh diri, termasuk seorang Profesor
Posted by: "audifax -" audivacx@yahoo.com audivacx
Date: Tue Jan 26, 2010 9:40 pm ((PST))

Kira2 psikolog punya penjelasan apa ya?

— On Wed, 1/27/10, sinaga harez posma <sinagahp@yahoo.com> wrote:

From: sinaga harez posma <sinagahp@yahoo.com>
Subject: [psikologi_transformatif] Fw: 5 Nasabah Bank Century bunuh diri, termasuk seorang Profesor
To: apsylum@yahoogroups.com, psikonet@yahoogroups.com, cogito83@yahoogroups.com, pascasarjanaFpsiUI@yahoogroups.com, pascapsi2005@yahoogroups.com, psikologi_transformatif@yahoogroups.com
Date: Wednesday, January 27, 2010, 7:59 AM

 

5 Nasabah Bank Century bunuh diri

By indah septiyaning on 26 Januari 2010 | 15:28

Jakarta–Forum Nasabah Bank Century menemukan ada 5
nasabah yang bunuh diri akibat skandal Bank Century. Ada yang bunuh
diri dengan loncat dari gedung lantai 7 hingga minum air sabun.

"Teman-teman nasabah ada yang bunuh diri. Ada 5 korban yang
tercatat," ujar Koordinator perwakilan nasabah Bank Century, Z Siput L
saat memberikan tanggapan kepada anggota Pansus di Gedung DPR, Senayan,
Jakarta, Rabu (26/1).

Menurut Siput, korban pertama bernama Sayuti yang loncat dari lantai
tujuh. Lalu menyusul 2 orang nenek-nenek berusia 70 tahun dan 80 tahun
bunuh diri dengan meminum air sabun di Jambi. Kemudian ada nasabah di
Surabaya bunuh diri juga.

"Satu lagi ada profesor dr Dibyo Prabowo yang merupakan rektor
Atmajaya Yogyakarta. Dia bunuh diri juga. Dia kehilangan duit sebanyak
Rp 16 miliar," jelasnya.
Selengkapnya dan artikel/berita baru lainnya, kunjungi: http://janganbunuhd iri.net/jbd- info/

Messages in this topic (2)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
4. Berkah Sholat Fardhu
Posted by: "muhamad agus syafii" agussyafii@yahoo.com agussyafii
Date: Tue Jan 26, 2010 7:52 pm ((PST))

Berkah Sholat Fardhu

By: agussyafii

Malam sehabis maghrib sekitar jam 7 malam saya kedatangan tamu. Awalnya saya mengenalnya lewat milis. Seorang bapak muda yang istrinya sedang mengandung. Lewat email dia bertanya, istri saya sedang hamil sungsang Mas Agus..apa ya yang harus dilakukan?' Saya kemudian menceritakan bahwa Adik perempuan saya dulu pernah mengalami kehamilan seperti itu, cobalah sholat fardhu dan ketika waktu sujud agak lama.

'Satu hal lagi yang paling penting, cobalah meminta maaf pada ayah dan ibu. Barangkali ada sesuatu yang disengaja atau tidak disengaja berbuat khilaf kepada ayah dan ibu, mohon maaflah kepada mereka. Insya Alloh akan membantu mempermudah kelahiran putra anda, Mas' jawab saya waktu itu.

Terdengar suara anak-anak Amalia sedang mengaji. Beberapa anak sibuk menghapal hadis Nabi. Sementara yang lainnya mengerjakan tugas untuk menulis surat-surat pendek. Sang Tamu nampak tersenyum berseri. Istri saya menyuguhkan secangkir teh hangat. 'Silahkan Mas, dinikmati dulu teh manis,' kata saya padanya.

Setelah menikmati teh hangat, Beliau bercerita. 'Setelah kemaren Mas Agus menyarankan sholat fardhu dan sujudnya agak lama, alhamdulillah anak saya bisa terlahir dengan normal, tidak perlu harus sampai sesar.'

'Saat istri saya sedang hamil dan divonis oleh bidan bahwa istri saya akan mengalami kesulitan saat melahirkan karena posisi atau kondisi bayi yang sungsang menurut bidan, saat mendengar tersebut setiap malam istri saya menjalankan sholat fardhu dan berdoa memohon kepada Alloh  SWT agar diberikan yang terbaik dan memohon maaf kepada kedua orang tua, bila ada kekhilafan dan alhamdulillah saat melahirkan berjalan normal sehingga bidan yang menanganinya terheran – heran kalau istri saya melahirkan normal. itulah pengalaman yang sangat berharga buat saya, Mas Agus.'

'Saya  yakin bahwa benar adanya doa dalam sholat fardhu dengan keyakinan dan kekhusuan maka Allah akan mengabulkannya.' Ucapnya,  Malam begitu larut. Terasa menjadi hening. Berkah sholat fardhu terasa begitu nyata. Subhanallah..

Wassalam,
agussyafii


Tulisan ini dalam rangka kampanye program Kegiatan 'Amalia Satukan Hati (SEHATI)' Hari Ahad, Tanggal 14 Februari 2010 Di Rumah Amalia. Kirimkan dukungan dan komentar anda di http://agussyafii.blogspot.com atau http://www.facebook.com/agussyafii, http://www.twitter.com/agussyafii, atau sms di 087 8777 12 431

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
5. Demo Damai
Posted by: "abe setiawan" setyawan_abe@yahoo.com setyawan_abe
Date: Tue Jan 26, 2010 8:50 pm ((PST))

Demo Damai
http://www.inilah.com/news/politik/2009/12/10/213881/demo-damai-sby-dituntut-minta-maaf/
Bayu Hermawan

Fadjroel Rahman
(inilah.com /Dokumen)

INILAH.COM, Jakarta – Aktivis Gerakan Indonesia Bersih, Fadjroel Rahman menuntut Presiden SBY meminta maaf karena peringatan hari antikorupsi berjalan tidak rusuh seperti apa yang dikatakan SBY.
"Melihat kejadian kemarin, dimana aksi benar-benar berjalan aman dan terkendali dan sama sekali tidak sesuai dengan pidato yang disampaikan Presiden, maka Presiden harus benar-benar meminta maaf," tegas Fadjroel Rahman kepada INILAH.COM, Jakarta, Kamis (10/12).
Dirinya juga mengatakan, pidato presiden yang sangat intimidatif yang disampaikan sebelum aksi 9 Desember benar-benar membawa kerugian bagi civil society.
"Jelas, kita jadi susah untuk apa-apa, mau bikin panggung susah, pinjam alat soud system susah, bahkan rencana kami untuk mengelar acara di malam sebelum aksi yang rencananya akan digelar di TIM gagal karena tidak mendapatkan izin," katanya.
Selain merugikan gerakan civil society, menurutnya, apa yang disampaikan Presiden SBY sedikit banyak berpengaruh di masyarakat.
"Sedikit banyak ada pengaruhnya mulai dari mereka yang enggan pergi dan beraktivitas keluar, hingga mereka yang enggan ikut aksi karena takut terjadi kerusuhan," ujar Fadroel. Saat dikatakan apakah itu yang menyebabkan jumlah peserta aksi tidak sesuai apa yang ditargetkan, Fadjroel tidak memungkirinya.
Seharusnya, sambung dia, Presiden SBY tidak perlu menyampaikan hal itu, karena itu justru membuat dirinya dinilai sebagai pemimpin yang mudah takut. "Jika mereka mengatakan hal-hal yang ditakutkan Presiden tidak terjadi, karena Presiden sudah mengingatkan sebelumnya, itu tidak bisa dijadikan alasan pembenaran, itu salahnya kenapa mengikuti laporan intelijen yang salah," imbuhnya.
Fadjroel juga mengingatkan, orang-orang tidak bisa mengurus negara hanya dengan cara ancam mengancam. "Karena itu adalah cara yang khas ala Orba, jadi jika pemerintah sekarang menjalankan cara itu jadi pemerintah sekarang tidak beda dengan Orba," cetusnya. [mut]

Menambah banyak teman sangatlah mudah dan cepat. Undang teman dari Hotmail, Gmail ke Yahoo! Messenger sekarang! http://id.messenger.yahoo.com/invite/

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
6. BUNG HATTA dan PASAL 33 UUD 1945
Posted by: "abe setiawan" setyawan_abe@yahoo.com setyawan_abe
Date: Tue Jan 26, 2010 9:03 pm ((PST))

 
  BUNG HATTA dan PASAL 33 UUD 1945

Ringkasan Pembukaan UUD 1945
Penjajahan di atas dunia harus dihapuskan
Segenap bangsa Indonesia dan tumpah darah Indonesia harus dilindungi
Kesejahteraan umum harus dimajukan
Kehidupan bangsa harus dicerdaskan
Bangsa Indonesia harus ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasar kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial

Bab XIV Kesejahteraan Sosial

Pasal 33
Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan
Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara
Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat

Pasal 34
Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara

Penjelasan Pasal 33 UUD 45
Dalam pasal 33 tercantum dasar demokrasi ekonomi, produksi dikerjakan oleh semua, untuk semua dibawah pimpinan atau penilikan anggota-anggota masyarakat. Kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan, bukan kemakmuran orang-seorang. Sebab itu perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Bangun perusahaan yang sesuai dengan itu ialah koperasi.

Perekonomian berdasar atas demokrasi ekonomi, kemakmuran bagi semua orang! Sebab itu cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hidup orang banyak harus dikuasai oleh negara. Kalau tidak, tampuk produksi jatuh ke tangan orang-seorang yang berkuasa dan rakyat yang banyak ditindasinya.
Hanya perusahaan yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak boleh ada di tangan orang-seorang.
Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung dalam bumi adalah pokok-pokok kemakmuran rakyat. Sebab itu harus dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Bab XIV Perekonomian Nasional dan Kesejahteraan Sosial
Pasal 33 (Amandemen ke-4 tahun 2002)
Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan
Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara

Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat
Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional
Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang

Bab XIV Perekonomian Nasional dan Kesejahteraan Sosial
Pasal 34 (Amandemen ke-4 tahun 2002)
Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara
Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan
Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak
Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang

Arti Pasal 33 menurut BPUPKI
Panitia Keuangan dan Perekonomian bentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang diketuai oleh Mohammad Hatta merumuskan pengertian dikuasai oleh negara sebagai berikut:
(1) Pemerintah harus menjadi pengawas dan pengatur dengan berpedoman keselamatan rakyat; (2) Semakin besarnya perusahaan dan semakin banyaknya jumlah orang yang menggantungkan dasar hidupnya karena semakin besar mestinya persertaan pemerintah;(3) Tanah … haruslah di bawah kekuasaan negara; dan (4) Perusahaan tambang yang besar … dijalankan sebagai usaha negara

Arti Pasal 33 menurut MK
Penafsiran mengenai konsep penguasaan negara di Pasal 33 UUD 1945 juga dapat dilihat dalam Putusan MK mengenai kasus-kasus pengujian undang-undang terkait dengan sumber daya alam. Mahkamah dalam pertimbangan hukum Putusan Perkara UU Migas, UU Ketenagalistrikan, dan UU Sumber Daya Air (UU SDA) menafsirkan mengenai "hak menguasai negara (HMN)" bukan dalam makna negara memiliki, tetapi dalam pengertian bahwa negara hanya merumuskan kebijakan (beleid), melakukan pengaturan (regelendaad), melakukan pengurusan (bestuursdaad), melakukan pengelolaan (beheersdaad), dan melakukan pengawasan (toezichthoundendaad)

Pemikiran Ekonomi Bung Hatta (1)
Pemikiran ekonomi Mohammad Hatta bertolak belakang dengan mazhab neo-klasik. Menurut Sritua Arief, Hatta adalah seorang ekonom strukturalis. Menurut Hatta, Pasar yang liberal dan sistem Kapitalisme telah menciptakan kesengsaraan masyarakat luas, karena sistem ini hanya dinikmati golongan kecil elit, sementara golongan masyarakat banyak diabaikan atau menurut istilah Hatta "ditindasinya".

Hatta menempatkan pentingnya norma sosial masyarakat, institusi negara, dan faktor-faktor non-ekonomi lainnya dalam pembangunan ekonomi.
Hatta dalam bukunya "krisis ekonomi dan kapitalisme" (1934) menekankan gejala krisis dan konjunktur adalah "penyakit" yang dibawa setelah dunia masuk ke era kapitalisme. Negara-negara yang menggantungkan sepenuhnya pada dunia industri, akan rentan terhadap krisis maupun konjunktur. Karena itu Hatta berkesimpulan bahwa sektor- sektor yang sifatnya tidak membutuhkan modal tinggi seperti industri kecil (Hatta mengungkapkan dengan sektor pertukangan) ataupun pertanian haruslah dipertahankan.

Pemikiran Ekonomi Bung Hatta (2)
Bung Hatta menegaskan perlunya kemandirian ekonomi dengan cara segera merestruktur perekonomian Indonesia, merubah Indonesia dari posisi "export economie" di masa jajahan, yang menempatkan Hindia Belanda sebagai onderneming besar dan penyediaan buruh murah dengan cara-cara eksploitatif, menjadi perekonomian yang mengutamakan peningkatan tenaga beli rakyat dan menghidupkan tenaga produktif rakyat berdasar kolektivisme, yang artinya "sama sejahtera". ("Ekonomi Indonesia di Masa Datang", Pidato Wakil Presiden RI tanggal 3 Februari 1946)

Bung Hatta memberikan patokan-patokan bagi hutang luar negeri ( Tracee Baru, Universitas Indonesia, 1967), yaitu "bahwa setiap hutang luar negeri harus secara langsung dikaitkan dengan semangat meningkatkan self-help dan self-reliance, di samping bunga harus rendah, untuk menumbuhkan aktivita ekonomi sendiri. Bantuan luar negeri harus mampu membuat kita bergerak sendiri atas kekuatan sendiri, serta bersifat komplementer … jadi bersifat sementara dan pelengkap Tidak pula atas syarat politik sebagai langkah kembalinya neo-kolonialisme dan kolonialisme ekonomi"

Dalam sambutan terakhirnya kepada ISEI (sebelum wafatnya) tahun 1979, Mohammad Hatta menyatakan "…Pada masa akhir-akhir ini negara kita masih berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, tetapi praktek perekonomian di bawah pengaruh teknokrat kita sekarang menyimpang dari dasar itu … Politik liberalisme sering dipakai sebagai pedoman, berbagai barang penting bagi kehidupan rakyat tidak menjadi monopoli Pemerintah, tetapi dimonopoli oleh orang-orang Cina…".

(….Bagaimana cara melaksanakan dan mewujudkannya….?)

Berselancar lebih cepat. Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka browser. Dapatkan IE8 di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
7. Social Network Mendorong Terjadinya People Power – & Profesional Pow
Posted by: "abe setiawan" setyawan_abe@yahoo.com setyawan_abe
Date: Tue Jan 26, 2010 9:11 pm ((PST))

….People Power & Profesional Power …. (?)
 
Social Network Mendorong Terjadinya People Power
Sumber : http://new-media.kompasiana.com/2010/01/16/social-network-mendorong-terjadinya-people-power/
 
Efektifitas social movement (people power) dengan memanfaatkan teknologi memang masih menimbulkan pro dan kontra. Gerakan pro demokrasi Iran memang mampu mengeksploitasi kedahsyatan Twitter dan Facebook, tapi sampai sejauh ini mereka menghadapi tembok tebal yang susah ditembus.
 
Berbeda dengan kita di Indonesia, solidaritas facebookers dalam kasus Bibit-Chandra terbukti manjur menggiring opini publik yang berdampak besar bagi para pengambil keputusan. Meskipun dari sisi akuntabilitasnya masih dipertanyakan. Masalahnya, belum tentu pendukung Bibit-Chandra tahu persis duduk perkaranya. Atau dengan kata lain mereka hanya sebagai simpatisan belaka. Angka-angka pun menjadi relatif dan sangat susah untuk dipertanggung jawabkan.
 
Mencontoh keberhasilan tersebut, muncul lagi gerakan sosial di dunia maya untuk mendukung Prita. Apapun motif dibalik gerakan tersebut terbukti sangat efektif mendorong publik untuk menentang segala bentuk ketidakadilan. Pengumpulan koin yang katanya mencapai ratusan juta tersebut berhasil menggambarkan keberpihakan besar publik yang berujung pada bebasnya Prita dari tuntutan pidana dan perdata.
 
Dari dua prototype social movement diatas, kesadaran masyarakat akan kekuatan masyarakat sipil yang dielaborasi dengan kecanggihan teknologi semakin besar. Euforia ini hampir sama dengan pertama kalinya gerakan reformasi digulirkan. Kepercayaan yang demikian besar telah mengenyampingkan logika berpikir yang sehat. Terbukti, kekecewaan terhadap reformasi yang nyatanya cuma berganti kulit menghentak kita semua bahwa ada yang salah selama ini.
 
Kasus dongkrak rating pada Kompasiana juga telah membuka mata kita semua betapa rawannya sebuah teknologi jika dikuasai oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kita seolah-olah telah meletakkan media sebagai alat bagi dewa keadilan untuk mengetukkan palunya.

Lebih aman saat online. Upgrade ke Internet Explorer 8 baru dan lebih cepat yang dioptimalkan untuk Yahoo! agar Anda merasa lebih aman. Gratis. Dapatkan IE8 di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer/

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
8a. Universities in USA Apply to the best undergraduate programs and cla
Posted by: "Chinis A" a_chinis@yahoo.com a_chinis
Date: Tue Jan 26, 2010 9:23 pm ((PST))

Universities in USA Apply to the best undergraduate
programs and classes

http://onlinedegres.blogspot.com

Earn $ 200 money? join now!!!
free registration! free url! making money online is just easy. join now for
free . Just refer 3 friends and get your profit… dont think and wait too
long. its free, nothing to lose! join up now!!!
earn more than $2000 per month
join now

Engineering Management
Learn management techniques from
best-in-class organizations

http://projectmanagerr.blogspot.com

Messages in this topic (2)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
9. MELANCARKAN ASPIRASI/KEINGINAN MASYARAKAT (?)
Posted by: "abe setiawan" setyawan_abe@yahoo.com setyawan_abe
Date: Tue Jan 26, 2010 9:29 pm ((PST))

Pileg telah berlalu dan Kita telah memilih wakil-wakil yang kita percaya pada kesempatan itu. Kita punya aspirasi? kenapa tidak KITA SALURKAN ASPIRASI KITA MELALUI WAKIL KITA YANG TELAH KITA PILIH PADA PILEG LALU?

…"Yayasan Indonesia Raya" sebuah wacana (?). Mudah-mudahan 'Bila Semua Negara' damai, dunia menjadi aman.

Berselancar lebih cepat. Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka browser. Dapatkan IE8 di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
10. Mahasiswa Minta Kasus Century Ditangani KPK
Posted by: "abe setiawan" setyawan_abe@yahoo.com setyawan_abe
Date: Tue Jan 26, 2010 10:05 pm ((PST))

(Bukan kah beberapa fungsi DPR adalah : Legislasi, controlling dan budgetting?…)
 
Mahasiswa Minta Kasus Century Ditangani KPK
 
TASIKMALAYA-MI: Aksi Mahasiswa yang tergabung dalam kesatuan aksi mahasiwa muslim Indonesia (KAMMI) minta kasus century diserahkan untuk ditangani sepenuhnya oleh KPK.

Mereka dalam aksinya digelar dan berorasi di alun-alun Tasikmalaya kemudian berjalan kaki menuju tugu Adipura kota Tasikmalaya dengan pengawalan Polisi, Selasa (26/1).

Ketua KAMMI cabang Tasikmalaya, Rahmatuloh, mengatakan, pihak KPK dipercaya mampu dalam menuntaskan kasus bank Century yang selama ini belum kunjung selesai.

"Kami harap bank Century diserahkan kepada KPK, biar KPK yang meyelesaikannya," katanya ditengah-tengah aksi.

Ia menilai pansus yang dipercaya akan menuntaskan permasalahan kasus Century belum membuahkan hasil memuaskan bagi masyarakat bangsa Indonesia.

Selain itu menurut dia, permintaan menyerahkan kasus Century kepada KPK seiring selesainya program 100 hari pemerintah Indonesia yang kembali dijabat oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Karena sebentar lagi akan selesai program 100 hari SBY, sebaiknya KPK yang menindaklanjuti kasus Century dengan harapan dapat diselesaikan dengan cepat," katanya.

Menurut dia, KPK merupakan sebuah lembaga yang fokus terhadap pembertasan korupsi serta dipercaya mampu mengungkap permasalahan bank Century seperti kasus-kasus sebelumnya.

Selain itu kata dia, KPK memiliki kewenangan lebih tinggi dan serius dalam menangani kasus-kasus yang mengarah terhadap tindakan korupsi.

"Kami minta untuk menyerahkan kasus century kepada KPK yang lebih netral dan mampu menuntaskannya, sedangkan pansus lambat dalam menyelesaikan kasus Century," katanya.

Sementara itu, aksi tuntutan mahasiswa yang dijaga ketat puluhan personel polisi dari Polresta Tasikmalaya berlangsung tertib dan aman hingga para mahasiswa membubarkan diri. (Ant/OL-7)

Sent from my BlackBerry® powered by

Berselancar lebih cepat. Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka browser. Dapatkan IE8 di sini!
http://downloads.yahoo.com/id/internetexplorer

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
11. LAUNCHING MAJALAH BHINNEKA di CCCL
Posted by: "Soe Tjen Marching" smarching@yahoo.com smarching
Date: Wed Jan 27, 2010 12:45 am ((PST))

LAUNCHING MAJALAH BHINNEKA di CCCL Surabaya

Tempat            : CCCL, Jl. Darmokali 10 Surabaya

Waktu             : Kamis, 11 Febuary jam 18.30

Tema Diskusi   : Bhinneka – Tidak Sepenuh Hati?

Gratis dan terbuka untuk umum ! ! ! 

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
12a. You're Invited!
Posted by: "tattoobikeraqchick" tattoobikeraqchick@yahoo.com tattoobikeraqchick
Date: Wed Jan 27, 2010 3:44 am ((PST))

You're Invited to join my friends network, check my profile here:
http://www.ourlivespace.com/hotcoolguy/addme.htm

Messages in this topic (3)

————————————————————————
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/

<*> Your email settings:
Digest Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
psikologi_transformatif-normal@yahoogroups.com
psikologi_transformatif-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
psikologi_transformatif-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

————————————————————————

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: