[psikologi_transformatif] Digest Number 5984[2 Attachments]

There are 4 messages in this issue.

Topics in this digest:

1. Menghindari Hutang Dan Menyegerakan Membayarnya
From: Mujiarto Karuk

2. [BUKU INCARAN] Ceramah Panjang Langdon tentang Freemasons
From: Anwar Holid

3. [HRD Training] TRAINING FOR TRAINER (Batch VII) 24-25 Februari 2010
From: SL Training

4. [HRD Training] 1. DiSC Profile 2. MBTI
From: SL Training

Messages
________________________________________________________________________
1. Menghindari Hutang Dan Menyegerakan Membayarnya
Posted by: "Mujiarto Karuk" mkaruk@yahoo.com mkaruk
Date: Thu Feb 11, 2010 4:09 am ((PST))

Assalamualaikum
Warohmatullohi Wabarokatuh
Bismillahirrohmaanirrohiim

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan
keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu;
penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai
Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan
apa yang diperintahkan. QS. At-Tahrim (66) : 6.

Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada
Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta
orang-orang yang sabar. QS. Al-Baqarah (2) : 153.

Berhutang merupakan kenyataan yang melanda hampir setiap
rumah tangga muslim, Apalagi ketika menjelang hari raya, Agar kita terhindar dari
jerat hutang dan tidak menyesal karenanya, mari kita praktikkan nasihat-nasihat
di bawah ini:

Mari kita Renungkan selalu hadits-hadits tentang akibat hutang

Nabi
shallallahu 'alaihi wasallam mendatangi seorang laki-laki (yang meninggal
dunia) untuk dishalatkan, maka beliau bersabda, artinya:

"Shalatkanlah teman kalian, karena sesungguhnya dia
memiliki hutang." Dalam riwayat lain disebutkan: "Apakah teman kalian
ini memiliki hutang? Mereka menjawab, 'Ya, dua dinar'. Maka Nabi shallallahu
'alaihi wasallam mundur seraya bersabda, 'Shalatkanlah teman kalian!' Lalu Abu
Qatadah berkata, 'Hutang-nya menjadi tanggunganku'. Maka Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam bersabda, 'Penuhilah (janjimu)!, lalu beliau
men-shalatkannya." HR.
At-Tirmidzi dan Ibnu Majah, shahih.

Dari
Abu Hurairah radhiallahu anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam bersabda:

"Jiwa seorang mukmin itu terkatung-katung karena
hutangnya, sampai ia dibayarkan." HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah, shahih.

Dari
Abdullah bin Amr, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Semua dosa orang yang mati syahid diampuni, kecuali
hutang." HR. Muslim.

"Demi jiwaku yang ada di TanganNya, seandainya ada
seorang laki-laki terbunuh di jalan Allah, kemudian ia dihidupkan lagi, lalu
terbunuh lagi, kemudian dihidupkan lagi dan terbunuh lagi, sedang ia memiliki
hutang, sungguh ia tidak akan masuk Surga sampai hutangnya dibayarkan." HR.
An-Nasa'i, hasan.

Jangan berhutang kecuali karena terpaksa

Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun
sebesar zarrah, dan jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan
melipat gandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar. QS. An-Nisa
(4) : 40.

Perumpamaan harta yang mereka nafkahkan di dalam kehidupan
dunia ini, adalah seperti perumpamaan angin yang mengandung hawa yang sangat
dingin, yang menimpa tanaman kaum yang menganiaya diri sendiri, lalu angin itu
merusaknya. Allah tidak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang
menganiaya diri mereka sendiri. QS. Al-Imran (3) : 117.

Pada
kenyataannya, banyak diantara kita yang berhutang untuk bisa merayakan lebaran,
menyenangkan orang tua dan keluarga, dan lain sebagainya, termasuk agar bisa
menyelenggarakan pesta pernikahan putra putrinya dengan mewah, dan memaksakan
diri, agar dapat memiliki gaya hidup modern, misalnya dengan kredit mobil,
kredit rumah mewah, kredit perabotan-perabotam mahal dsb, Lebih ironi lagi, ada
diantara kita yang berhutang untuk selamatan keluarganya yang meninggal dunia,
karena malu kepada para tetangga jika tidak mengadakan selamatan tersebut, atau
dalam selamatan tersebut makanannya terlalu sederhana.

"Aisyah berkata: "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam
membeli makanan dari seorang Yahudi dengan tempo dan beliau memberi jaminan
baju besi kepadanya." HR.
Al-Bukhari.

Ibnul Munir berkata, 'Artinya, seandainya beliau shallallahu
'alaihi wasallam ketika itu memiliki uang kontan, tentu beliau tidak
mengakhirkan pembayarannya. 
(Lihat, Fathul Bari, 5/53).

Bertaqwalah kepada Allah sebelum
dan ketika berhutang.

" …….Dan barang
siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan
dalam urusannya." QS. Ath-Thalaq (65) 4.

Nabi
shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, artinya:

"Barangsiapa mengambil harta orang (berhutang) dan ia
ingin membayarnya, niscaya Allah akan menunaikannya dan barangsiapa berhutang
dengan niat menghilangkannya (tidak membayar), niscaya Allah membuatnya binasa.
" HR. Al-Bukhari.

"Siapa yang meminjam dan sengaja untuk tidak
membayarnya, niscaya ia menemui Allah dalam keadaan sebagai pencuri." (Shahih Ibnu Majah, no. 1954, 2/52).

Hutang adalah kesedihan di malam hari dan kehinaan di
siang hari

Mengapa Allah
akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman ? Dan Allah adalah Maha
Mensyukuri lagi Maha Mengetahui. QS. An-Nisa (4) : 147.

Banyak
orang yang menyembunyikan diri dari pandangan manusia karena takut bertemu
dengan orang yang menghutanginya, maka dari itu dianjurkan bagi yang
menghutangi untuk meringankan piutangnya, Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam bersabda:

"Barangsiapa meringankan hutang orang yang dihutanginya
atau membebaskannya maka ia berada di bawah naungan 'Arasy pada hari
Kiamat." HR. Muslim.

Jangan tertipu oleh promosi dan iklan bank

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah
dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang
beriman. QS. Al-Baqarah (2)
: 278.

Bank-bank selalu mengiklankan agar orang melakukan
transaksi keuangannya dengan jasa bank, juga mempromosikan mendapatkan kredit
secara mudah dan lain sebagainya, Hal itu karena hasil bank-bank ribawi adalah
dari prosentasi bunga uang yang dipinjamkannya. Semakin lama masa pinjaman
seseorang semakin besar pula keuntungan yang diraup bank, itulah yang
dikehendaki bank. Dan itulah hakikat riba, Allah berfirman, artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan
berlipat ganda dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat
keberuntungan." QS.
Al-Imran (3) : 130.

Nabi
shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Satu dirham uang riba yang dimakan seseorang dan dia
mengetahuinya lebih berat (dosanya) dari-pada 36 kali berzina." (HR. Ahmad, di- shahih-kan oleh Al-Albani).

"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sungguh telah
melaknat pemakan riba, pemberi riba, penulis dan kedua saksi atasnya. Beliau
bersabda, 'Mereka itu sama saja'." (HR. Muslim).

Dalam
mu'amalah ribawi, bank selalu mengeruk keuntungan, sedangkan peminjam bisa saja
sewaktu-waktu merugi. Adapun banyaknya bank ribawi yang bangkrut, padahal
secara matematis selalu untung maka hal itu adalah bukti kebenaran firman
Allah:

"Allah
memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang
yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa". QS. Al-Baqarah (2) : 276.

Berhati hati dengan Pemakaian kartu kredit

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada
apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari
jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang.
Itulah  kesenangan hidup di dunia dan di
sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). QS. Al-Imran (3) : 14.

Di
zaman supra modern ini banyak bertebaran kartu kredit. Pemiliknya bisa membeli
apa saja, karena perusahaan yang mengeluarkan kartu kredit itu menjamin
membayarnya, Secara lahiriah, pelayanan tersebut adalah rahmat, praktis dan
sangat memanjakan. Tetapi ingat, jika mengakhirkan pembayaran untuk beberapa
lama maka hutangnya akan menumpuk ditambah bunganya. Belum lagi pemilik kartu
kredit akan selalu ketagihan untuk berbelanja hingga barang-barang yang tidak
perlu sekalipun. Lalu, jika ia tidak segera membayarnya, maka ia akan
terperosok ke dalam riba.

Hindari membeli secara kredit

Kini
membeli barang-barang secara kredit seperti sudah menjadi simbol zaman ini.
Padahal ia adalah fenomena yang salah. Orang yang telah membeli secara kredit
apalagi dengan nilai nominal yang tinggi- kelak akan menyesal. Sebab misalnya,
orang yang membeli mobil secara kredit, dia akan membayar kira-kira dua kali lipat
dari harga biasanya. Dan semakin lama masa kreditnya semakin berlipat pula yang
harus ia bayar.

Jangan termakan oleh paham yang menyesatkan

Sebagian
orang ada yang berpendapat, orang yang tidak memiliki hutang adalah orang yang
diragukan kejantanannya. Bahkan mereka mengolok-olok kawannya yang memiliki
hutang sedikit

Syaikh
Muhammad Al-Utsaimin, berkata: "Tidak diragukan lagi, ini adalah keliru.
Bahkan hina tidaknya seseorang tergantung pada hutangnya. Siapa yang tidak
memiliki hutang maka dia adalah orang mulia dan siapa yang memiliki hutang maka
dialah orang yang hina. Karena sewaktu-waktu orang yang menghutanginya bisa
menuntut dan memenjarakannya. Ia adalah orang yang sakit dan menginginkan semua
orang sakit seperti dirinya. Karena itu, orang yang berakal tidak perlu
mem-pedulikannya."

Berlindung kepada Allah dari tidak bisa mem-bayar hutang

Rasululah
shallallahu 'alaihi wasallam memperbanyak do'a:

"Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari kegelisahan dan
kesedihan, dari kelemahan dan kemalas-an, dari sifat pengecut dan bakhil serta
dari tidak mampu membayar hutang dan dari penguasaan orang lain." (HR. Al-Bukhari).

Dari
Aisyah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dalam shalatnya berdo'a:

"Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari dosa dan
hutang."

Maka seseorang bertanya, 'Wahai Rasulullah, betapa sering
engkau berlindung dari hutang? Maka beliau menjawab, 'Sesungguhnya bila
seseorang itu berhutang akan berdusta dan berjanji tetapi ia pungkiri.' (Fathul Bari, 5/61).

Muliakanlah tamu tanpa berlebihan

Sebagian orang begitu sangat memuliakan tamunya. Mereka
berusaha untuk membeli berbagai makanan untuk menjamu tamunya tersebut, meski
terkadang dengan menghutang. Syari'at Islam mengajarkan agar kita memuliakan
tamu, tetapi juga menekankan untuk tidak boros. Allah berfirman, artinya:

"………Dan janganlah kalian berlebih-lebihan (boros), sesungguhnya
Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." QS. Al-An'am (6) : 141.

Jangan membebani diri melebihi kemampuan

Sebagian
orang ada yang memaksakan diri, misalnya pergi haji dengan menjual rumah atau
sawah tempat penghasilannya sehari-hari, sehingga sekembali dari haji ia
menjadi orang yang terlunta-lunta dan sengsara. Padahal Allah berfirman,
artinya:

"……….Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan
kemampuannya." QS.
Al-Baqarah (2) : 286.

Bahkan dalam masalah haji, secara khusus Allah berfirman,
artinya:

"……..Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah,
yaitu atas orang-orang yang mampu melakukan perjalanan ke Baitullah." QS. Ali Imran (3) : 97.

Mempertimbangkan untung-rugi sebelum berusaha

Sebagian
orang begitu melihat kawannya sukses dengan usaha tertentu serta merta ia
terjun di bidang yang sama. Tidak diragukan lagi bahwa semua ada dalam taqdir Allah,
tetapi membuka usaha tanpa pertimbangan matang adalah salah satu sebab kerugian
dan terjerat hutang.

Program membayar pinjaman

Di
antara hal yang membantu menyelesaikan hutang adalah membayarnya secara
berkala. Bayarlah pinjaman itu berangsur dan jangan menganggap remeh karena
sedikit yang dibayarkan. Hal ini insya Allah akan membantu menyelesaikan hutang
secepatnya. (ain).

Disadur
dari kitab hatta la taghriq fid duyun, Adil Muhammad Alu Abdil Ali.

 

Sumber
http://www.alsofwah.or.id/index.php?pilih=lihatannur&id=119

Ditambah
dan disempurnakan sesuai Al-Qur'anulkarim

 

Wassalamualaikum
Wr Wb

 

http://www.4shared.com/dir/27529881/e13c4f1d/Mujiarto_Karuk.html

Bagi saudara saudaraku yang
menginginkan kumpulan Khutbah Jum'at setahun, sebagai bahan baik bacaan bagi
yang ingin belajar khutbah jum'at, dipersilahkan dan semoga berkenan berkunjung
pada alamat url tersebut diatas kami juga sangat berterimakasih bila saudara berkenan
mendownload file yang kami sediakan dan membagikan kembali kepada saudara kita
yang membutuhkan, semoga bermanfaat, dan semoga menambah sebagai amal jariah
bagi kita semua. Aamiin Yarobbal Alamiin.

1 of 1 File(s) http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/attachments/folder/377061633/item/list

Menghindari Hutang.doc

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
2. [BUKU INCARAN] Ceramah Panjang Langdon tentang Freemasons
Posted by: "Anwar Holid" wartax@yahoo.com wartax
Date: Thu Feb 11, 2010 3:02 pm ((PST))

[BUKU INCARAN]

Ceramah Panjang Langdon tentang Freemasons
—Anwar Holid

Bentang mempertaruhkan rekor nilai kontrak yang pernah mereka buat untuk bisa mendapatkan hak terjemahan The Lost Symbol (707 hal.) karya Dan Brown ke dalam edisi Indonesia. Salah satu imprint kelompok Mizan ini menerbitkan novel yang penjualannya memecahkan rekor dalam sejarah pasar novel dewasa. Edisi Inggris The Lost Symbol diproduksi sebanyak 6,5 juta kopi untuk cetakan pertama—5 juta untuk pasar Amerika Utara, 1,5 juta untuk Inggris. Reuters melaporkan bahwa jaringan toko buku Barnes & Noble membukukan pembelian tertinggi untuk penjualan hari pertama sebuah judul buku, baik di toko maupun lewat online. Begitu terbit pada 15 September 2009, novel itu terjual lebih dari sejuta kopi di hari pertama. Jutaan penggemar Brown sudah beberapa tahun lalu menanti-nanti The Lost Symbol sejak dia dijadwalkan merilis novel baru tahun 2007 yang berjudul tentatif "The Solomon Key."

Di Indonesia The Lost Symbol terbit dengan persiapan matang. Untuk menggoda publik, penerbit mengadakan lomba komentar bertema lomba "Mengapa Saya Ingin Membaca The Lost Symbol" berhadiah novel tersebut beserta gimmick berupa gantungan kunci, tali handphone, dan kalender 2010 The Lost Symbol berbentuk piramida. Lebih serius dari itu, terasa betapa penerbit mengerjakan proses penerbitannya dengan sungguh-sungguh. Untuk buku setebal lebih dari satu rim, penyuntingan novel ini boleh dibilang sempurna. Tingkat keterbacaan buku ini tinggi dan boleh dibilang bersih dari noda salah eja. (Seingat saya hanya merasa menemukan satu salah eja di bagian akhir novel itu—yaitu 'mersusuar'—tapi tak langsung menandainya, jadi ketika memeriksa lagi malah gagal menemukan.) Kualitas editan dan terjemahan novel ini hebat. Dari segi penyajian, sisi ini patut dihargai. Edisi Indonesia novel ini terbit pada 25 Januari 2010. Untuk menambah bobot, penerbit meminta endorsement
dari penulis sekaliber Radhar Panca Dahana, Tasaro, dan E.S. Ito.

Saya sendiri mula-mula bereaksi sengit begitu tahu bahwa novel ini akan diterbitkan oleh kelompok Mizan. Namun komentar sejumlah orang, disusul press release Penerbit Mizan: Mengapa Bentang Pustaka (Mizan Grup) Menerbitkan The LOST SYMBOL?, akhirnya membuat saya maklum.

Kisah The Lost Symbol fokus pada gerakan Freemasonry, berlangsung kira-kira lebih dari 12 jam dalam kehidupan Robert Langdon. Mulai dari sore hingga fajar hari berikutnya, Langdon kebut-kebutan dengan penjahat gila yang terobsesi oleh janji religius untuk menjadi manusia-tuhan (demigod), ditambah intimidasi CIA yang curiga atas aktivitas dan keterlibatan Langdon. Dan Brown mengintensifkan ketegangan permainan berbahaya ala anjing dan kucing di antara ketiga pihak itu di sepanjang halaman, diselang-selingi jejalan berbagai informasi, perdebatan tentang iman, tafsir terhadap karya seni dan kekayaan arsitektur, teori konspirasi, studi ilmu noetik, dan tentu saja: pemecahan simbol rahasia.

Robert Langdon secara mengejutkan mentah-mentah tertipu oleh undangan dari Peter Solomon, mentor yang ia hormati, berasal dari keluarga aristokrat Amerika Serikat, sekaligus kepala Institut Smithsonian dan seorang patron Mason dengan pangkat derajat 33—derajat tertinggi di kelompok tersebut. Awalnya Langdon antusias memenuhi permintaan Solomon untuk berceramah di institusinya. Namun begitu sampai di Capitol, ia malah "dipancing" dengan potongan tangan kanan Solomon dengan tuntutan agar Langdon memecahkan misteri kuno sebagai tebusan atas penculikan Solomon. Berbekal telunjuk yang mengarah pada lukisan fresko The Apotheosis of Washington, cincin Freemason, dan sebuah kotak tua titipan Solomon, Langdon dipaksa mengerahkan seluruh kecanggihan intelektualitasnya untuk menyelamatkan Solomon. Rupanya, informasi Langdon dan tuntutan penjahat itu menimbulkan kecurigaan pihak CIA, yang menganggap bahwa pemecahan misteri itu terkait dengan "keamanan nasional"
pemerintahan Amerika Serikat. CIA yakin bahwa Langdon justru terlibat dalam gerakan makar, dan terus-menerus mencurigainya sebagai bagian dari teorisme agama.

Pemecahan misteri ini begitu rumit, penuh simbolik, sepotong-potong, berlatar belakang mitos di perkumpulan terkemuka yang melibatkan konspirasi sekte agama, ritual kuno, dan ambisi kekuasaan. Bagi orang yang tertarik pada perbincangan simbol agama, tafsir-tafsir implisit dalam kitab suci, bahwa hampir semua wahyu Tuhan itu pasti melangit lagi bersayap—dalam kasus ini terutama berasal dari Alkitab—dan makna penciptaan manusia, novel ini jelas mampu memenuhi kepenasaran mereka atas berbagai isu utama agama, misalnya siapakah Tuhan itu, mengapa dia kadang-kadang memaksa manusia melakukan hal-hal irasional? Apa gunanya iman, apa ia bisa menyelamatkan manusia dan kehidupannya? Apa isi utama kitab suci agama-agama? Kenapa ada banyak hal musykil terjadi di dalamnya? Dengan menjalankan prosesi dan ritual tertentu, penjahat dalam novel ini terobsesi oleh keyakinan bahwa manusia bisa mencapai derajat mirip tuhan, apalagi dia secara bertahap merasa mendapat
pencerahan. Dia percaya kunci perubahan derajat manusia itu disembunyikan oleh kaum Freemasons, dan karena Peter Solomon menolak membuka rahasia, dia memaksa agar Langdon bekerja untuk dirinya. Puncaknya dengan membalikkan skema ritual pengorbanan Ibrahim mengorbankan anaknya.

Tertekan oleh pengawasan dan interogasi Inoue Sato—Direktur Office of Security CIA yang langsung mengepalai operasi pencegahan upaya makar terhadap pemerintahan—Langdon terpaksa bercerita panjang lebar tentang Freemasons dan pengaruhnya pada visi di awal pendirian Amerika Serikat. Para bapak bangsa negeri itu memang menganut Freemasons, antara lain George Washington, Thomas Jefferson, Benjamin Franklin, dan James Madison. Meski boleh dibilang cukup terbuka, gerakan Freemasonry tetaplah terasa misterius. Di zaman itu, Freemasons berpengaruh besar terhadap pandangan dunia mereka, dan nilai-nilai itu mereka coba warisan ke generasi selanjutnya, meski lama-lama dipenuhi mitos misterius. Gale Encyclopedia of the Unusual and Unexplained memasukkan Freemasonry dalam entri Secret Societies and Conspiracies. Salah satunya ialah anggapan bahwa mereka menyimpan rahasia terhadap keberadaan Sang Mahatinggi. Organisasi perkawanan ini dahulu digjaya karena
anggotanya orang terkemuka dan berpengaruh, namun sejak 1826-an keanggotaan dan citranya mengalami kemunduran drastik dipicu oleh kontroversi internal atas kematian William Morgan, seorang Mason yang berniat membeberkan rahasia Freemason ke dunia. Dia mati di tangan anggota Mason sendiri.

"Yang bikin excited calon pembaca Indonesia mungkin antusiasme mereka terhadap Amerika Serikat yang selalu dikaitkan dengan kekuatan 'phantom power' à la Freemasons atau zionisme. Dengan baca buku ini publik berharap bisa mendapat jawabannya," demikian komentar Nuning Hallett, seorang warga Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat. Dia mendapat novel itu sehari sebelum peluncuran di AS.

Dengan cepat Brown membuka selubung ambisi kekuasaan dengan ilusi keabadian dan pencerahan sebagaimana janji-janji agama. Lawan tangguh Langdon ialah orang telah mengalami tiga fase kehidupan, itu membuatnya jadi begitu kuat, penuh perhitungan, dengan dendam tanpa ampun. Di masa kecil, orang ini awalnya bergelimang kenikmatan duniawi, tapi perjalanan hidup mengubahnya mampu mengalahkan hasrat duniawi maupun seksual, sampai mengalami epifani bahwa dirinya bisa mencapai kesempurnaan. Dia mempelajari cara melakukannya, hanya sedikit terhadang oleh rahasia yang disembunyikan begitu rapat dan berlapis-lapis oleh persaudaraan Mason. Kali ini misterinya terasa lebih sulit bagi Langdon karena mereka menyembunyikan kunci simbol di dalam simbol

Lepas dari kejar-kejaran dengan waktu dan ancaman baik dari sang lawan atau CIA, insiden itu sedikit-banyak bersinggungan dengan ilmu noetik, studi mengenai pikiran manusia dan upaya riset teknologi apa ruh bisa diteliti secara fisik. Di sini Langdon kembali beradu cakap panjang lebar dengan Katherine, eksponen utama ilmu noetik adik sang korban penculikan. Mungkin diskusi antara iman-ilmu pengetahuan-misteri kuno lebih menarik dibanding thrillernya, meski menurut Laura Miller—kritikus sastra pendiri Salon.com—argumen dalam novel ini dianggap pseudosains. Sebagai thriller, cerita The Lost Symbol mudah ditebak, ancamannya kurang melahirkan ketegangan puncak. Dan Brown sengaja merancang kisah ini lewat gaya bercerita serba tahu, mengisahkan secara menyeluruh, dan membiarkan pembaca mengira-ngira terus apa logika kejadiannya masuk akal atau musykil. Sangat mengherankan betapa persaudaraan yang sesama anggotanya saling menjaga ini juga bisa disusupi oleh
orang yang ingin menghancurkan dari dalam.

Lepas bahwa Dan Brown merupakan penulis populer dengan rekor penjualan gila-gilaan, namanya terabaikan dalam buku rujukan bacaan semacam 1001 Books You Must Read Before You Die (2008). Reputasinya di dunia kepenulisan, apalagi di hadapan para kritikus, memang buruk—ini diperparah oleh beberapa gugatan kasus pelanggaran hak cipta terhadap dirinya, meski semua dia menangi. Namun apa pun komentar kritik dan pendapat media terhadap karyanya, puluhan juta penggemar Dan Brown pastilah benar: mereka suka tenggelam ke dalam labirin konspirasi dan penuh imajinatif berusaha menguliti lapis demi lapis misteri. Di sisi pasar, kondisi, kontroversi, serta publisitas Dan Brown bakal memudahkan Bentang untuk bisa memenangi pertaruhan selera massa.[]

Anwar Holid bekerja sebagai penulis, editor, dan publisis. Blogger @ http://halamanganjil.blogspot.com. Dia suka kesulitan memahami misteri kehidupan.

KONTAK: wartax@yahoo.com | HP: 085721511193 | Panorama II No. 26 B Bandung 40141.

_________________
Sudilah mengunjungi link ini, ada lebih banyak hal di sana:
http://www.goethe.de/forum-buku
http://www.rukukineruku.com
http://ultimusbandung.info
http://www.visikata.com
http://www.gramedia.com
http://halamanganjil.blogspot.com

Come away with me and I will write you
—© Norah Jones

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
3. [HRD Training] TRAINING FOR TRAINER (Batch VII) 24-25 Februari 2010
Posted by: "SL Training" sltraining@yahoo.com
Date: Fri Feb 12, 2010 12:51 am ((PST))

 
(Batch 7) Conquer your Audience..!
TRAINING FOR TRAINER
24-25 Februari 2010 Apartemen Batavia, Jakarta Pkl. 09.00-17.00 wib
 
 
Tujuan Pelatihan
Dengan mengikuti pelatihan TRAINING FOR TRAINER, Anda diharapkan mampu memahami :
1. Peran trainer sebagai Fasilitator
2. Cara Kerja Otak yang mempengaruhi proses pembelajaran
3. Karakteristik Orang Dewasa sebagai peserta pelatihan
4. Cara Mengatasi Rasa Gugup ketika membuka sesi dan selama pelatihan
5. Tehnik mengelola Bahasa Tubuh dan Suara selama mengajar
6. Prinsip-prinsip mengelola Lingkungan Pelatihan (layout ruangan, ambiance, dll)
7. Cara Memaksimalkan Alat Audio Visual untuk memperkuat proses pembelajaran (Power Point & Flipchart dll)
8. Tehnik Bertanya untuk merangsang proses berpikir dan membangun partisipasi
9. Fungsi Ice Breaker, Energizer, Musik, untuk menarik perhatian peserta dan Mempertahankan Mood Belajar
10. Tehnik Bercerita secara efektif untuk memperkuat poin pembelajaran
11. Mempertahankan Pola Pikir Positif dan Kreatifitas dalam menangani peserta sulit 
 
Metode Pelatihan
* Presentasi
• Diskusi Interaktif
• Praktek (Role Play)
• Sesi Umpan Balik (Feed Back)
 
Materi Hari Pertama, 24 Februari 2010
 
09.00 : A. Memahami Peserta Anda
* Prinsip pembelajaran orang dewasa
* Whole Brain Approach: Reptil, Sistem Limbik & Neokorteks
* Preferensi belajar: Auditory, Visual, Kinestetik
* 8 Prinsip pembelajaran kreatif
 
B. Membangun Kredibilitas Trainer
* Personal Conduct
* Social Practice
* Content Expertise
* 14 hal yang harus diingat trainer
 
10.30 : Rehat kopi
 
10.45  : Bahasa Tubuh & Kualitas Suara
* Posture, Gesture, Ekspresi Wajah
* Energi, Volume, Artikulasi, Kecepatan, Intonasi
* Role Play
 
12.15: ISHOMA
 
 13.00 : Keterampilan Memfasilitasi
* Merancang "run-down" training
* Beberapa tehnik mengatasi rasa gugup
* 10 Tips untuk pembukaan training yang efektif
* Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam tampilan Power Point materi presentasi
* Mengoptimalkan Flipchart selama pelatihan
 
15.15 : Rehat kopi
 
 15.40 : Praktek (video-recorded)
Dalam sesi ini peserta akan membawakan presentasi dari modul pelatihan di hari pertama. Setiap peserta akan direkam (video-recorded) dan diberikan evaluasi umpan balik
 
 17.00 : Penutupan
 
Materi Hari Kedua, 25 Februari 2010
 
 09.00:  Tehnik Mengajukan Pertanyaan
* 5 Ciri pertanyaan yang baik
* Contoh Pertanyaan Terbuka,Tertutup, Konvergen,Divergen dan Evaluatif
 
 10.30 : Tehnik Membangun Mood Peserta 
* Panduan memilih Ice breaker, Energizer, Musik.
Role Play/ Praktek
 
12.00 : ISHOMA
 
13.00 Menangani Peserta Sulit
* Bagaimana menghadapi peserta :"tidak nyambung", pemonopoli, argumentatif, pengeluh, pendiam, bosan
* Mengantisipasi kejadian tidak terduga : peralatan elektronik, cuaca, keamanan
* Kiat menutup sesi dengan menarik  
 
15.15 Rehat kopi
 
15.30 Praktek ( video-recorded)
Dalam sesi ini peserta akan membawakan presentasi dari modul pelatihan di hari pertama dan kedua. Setiap peserta akan direkam dalam video dan diberikan laporan evaluasi umpan balik
 
17.00 Penutupan
 
Fasilitator
Sondang P Rumapea, SE, MSi
Sondang P. Rumapea  adalah Profesional Trainer khusus untuk materi Tehnik Mengajar, Komunikasi serta Service Excellence. Sebelumnya Sondang adalah Total Quality dan Customer Service Manager Citibank NA. Di Citibank, Sondang bertanggungjawab dalam proses implementasi proses pembelajaran dan pengembangan yang berfokus pada peningkatan kualitas layanan. Sondang juga melakukan service coaching serta memonitor semua sevice channel di Citibank. Sebelum bergabung dengan Citibank, Sondang adalah training consultant di Service Quality Centre Indonesia ( SQCI) selama 5 tahun.
 
Beberapa perusahaan yang telah menjadi kliennya a.l: British American Tobacco, Bank Central Asia, Bank Rakyat Indonesia, Bank Mega, Asuransi Astra Buana, Standard Chartered Bank, Bank Niaga, DBS Bank, BNI, Bank Danamon, Holcim Indonesia , Procon, PT Indomaret, PT Wartsila, PT Indosat, PT. Wijaya Karya, AJ Bringin Life, Sekolah Pangudi Luhur, PT. Arnotts Indonesia , Matahari Putra Prima, PAM Batam, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) NTT and Medan , Indonesia-Australia Specialized Training Project.
 
Sondang memperoleh gelar S1 jurusan Akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan menyelesaikan program S2 di program Pasca Sarjana Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
 
Investasi:
Early Bird, Pembayaran sebelum 10 Februari 2010: Rp 2.100.000
Early Bird, Pembayaran sebelum  15 Februari 2010: Rp 2.300.000
Full fare Rp 2.500.000/peserta
 
INFORMASI & REGISTRASI
HP 0812 802 83 52 / 0812 976 68 22
WWW.SERVICELEADERSHIP.WEB.ID
 Email : info@serviceleadership.web.id
 Fax :  021-79184127

 

Service Leadership Training Agenda
 
 
HRD    
  24-25 February 2010 Batch 7- Conquer Your Audience : Training For Trainer 
  5-6 Maret 2010 Batch 9: MBTI Training For Manager
  10-11 Maret 2010 Batch 11- Expanded DISC
     
CUSTOMER SERVICE    
  4 Maret 2010 Practical Skills For Customer Service Excellence
  18 Maret 2010 Contact Center That Your Customers Love
  25 Maret 2010 Batch 2 : Dealing with Angry and Difficult Customer
     
SELLING SKILLS    
  12-13 February 2010 Sales Presentation Skills & Negotiation Technique
  17-18 Maret 2010 Persuasive Selling Skills
     
LEADERSHIP    
  5-6 Maret 2010 Batch 9: MBTI Training For Manager
  7-8 April 2010 Problem Solving And Decesion Making ( PROSDEM)

or click http://www.serviceleadership.web.id/events.html

1 of 1 File(s) http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/attachments/folder/823776651/item/list

Brosur

Messages in this topic (1)
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
4. [HRD Training] 1. DiSC Profile 2. MBTI
Posted by: "SL Training" sltraining@yahoo.com
Date: Fri Feb 12, 2010 12:56 am ((PST))

 
Dear Bapak dan Ibu Praktisi HRD,

Berikut kami kirimkan Agenda Public dan Inhouse Training Service Leadership untuk bulan Februari - Maret 2010
Harapan kami, semoga informasi ini bermanfaat buat perusahaan Bapak dan Ibu 

Atas perhatian yang diberikan kami ucapkan terima kasih
 
Salam,
Service Leadership Training
www.serviceleadership.web.id
HP 08129766822 / 081280228352
E-mail : info@serviceleadership.web.id
 
 
Ps: silahkan klik judul training untuk mendownload brosur pelatihan 
 
HRD    
  24-25 February 2010 Batch 8- Conquer Your Audience : Training For Trainer 
  5-6 Maret 2010 Batch 9: MBTI Training For Manager
  10-11 Maret 2010 Batch 11- Expanded DISC
     
CUSTOMER SERVICE    
  4 Maret 2010 Practical Skills For Customer Service Excellence
  18 Maret 2010 Contact Center That Your Customers Love
  25 Maret 2010 Batch 2 : Dealing with Angry and Difficult Customer
     
SELLING SKILLS    
  12-13 February 2010 Sales Presentation Skills & Negotiation Technique
  17-18 Maret 2010 Persuasive Selling Skills
     
LEADERSHIP    
  5-6 Maret 2010 Batch 9: MBTI Training For Manager
  7-8 April 2010 Problem Solving And Decesion Making ( PROSDEM)

(Batch 9)
Kiat Sukses Membangun Tim yang Solid
Pelatihan MBTI untuk Manager 
 
5- 6 Maret 2010 (Jumat-Sabtu)
Apartemen Batavia Pkl 09.00-17.00 wib
 

Ingin meningkatkan sinergi di dalam Tim Anda?  
Lelah menghadapi konflik dan ingin meningkatkan kualitas komunikasi di dalam Tim (dan Keluarga)?
Ingin mengembangkan kemampuan mempengaruhi (influencing) bawahan serta memperbaharui tehnik coaching & counselling  agar lebih efektif? 

 
Ikuti Pelatihan MBTI untuk para Manager ( Batch 9):
Jurus Jitu Membangun Kerjasama Tim yang Solid
 
Manfaat yang Anda dapatkan setelah mengikuti Training ini :
 
1. Meningkatkan Kualitas Komunikasi : Anda menyadari situasi komunikasi di dalam tim saat ini, dan memahami hambatan komunikasi yang harus Anda atasi
 
2. Mengurangi Konflik : Tim Anda akan memahami perbedaan tipe kepribadian setiap individu sehingga mereka mampu meminimalkan konflik-konflik yang tidak perlu
 
3. Memperkuat Efektifitas Kepemimpinan: Anda lebih menyadari bahwa anggota tim Anda terdiri dari beragam tipe kepribadian, dan masing-masing individu membutuhkan pendekatan komunikasi yang berbeda
 
4. Mengurangi tingkat Stress di pekerjaan dan kehidupan sehari-hari : Tim Anda akan bekerja lebih efektif karena tidak dimasalahkan lagi dengan konflik antar pribadi. Dalam kehidupan sehari-hari, Anda akan lebih memahami gaya hidup pasangan dan anggota keluarga Anda
 
Target Peserta :
* Manager
* Supervisor
* Team Leader dan
* Semua level pimpinan organisasi yang ingin meningkatkan kemampuan berkomunikasi, efektifitas kerja serta kinerja tim
 
BONUS..!!
Pelatihan ini kami harapkan langsung memberikan dampak positif bagi tim dan organisasi Anda. Oleh karena itu kami memberikan Gratis Peserta ke-4 dan ke-5 apabila perusahaan Anda mendaftarkan 3 peserta.
 
Extra BONUS..!!
 
Khusus individu peserta alumni training Expanded DISC Service Leadership, Batch I s/d Batch X mendapatkan potongan harga extra Rp 750.000  
 
Materi Pelatihan:
 
1. Pemahaman konsep The Myers Briggs Type of Indicators ( MBTI)
2. Mengidentifikasi tipe kepribadian Anda dan anggota Tim Anda
3. Memahami 4 dikotomi dan 16 tipe kepribadian dalam MBTI
( Sumber Energi, Cara Mendapatkan Informasi, Proses Pengambilan Keputusan dan Gaya Hidup)
4. Mengalami langsung konflik/ perbedaan 4 dikotomi dengan serangkaian aktivitas / roleplay
5. Dinamika kombinasi 2 dikotomi dan dampaknya pada gaya kepemimpinan, pengambilan keputusan, karir, serta gaya berkomunikasi
6. 4 "A" yang selalu harus Anda sadari sebagai Manager : Aware, Accept, Appreciate dan Activate
7. Apliikasi MBTI untuk meningkatkan kemamapuan Coaching, Counselling serta kemampuan Manajerial
8. Akselerasi Peningkatan Kepemimpinan : Merancang akitivitas pribadi  untuk pengembangan diri dan anggota Tim
 
Metode Pelatihan:
* Presentasi
* Self Assessment
* Pemutaran Video
* Role Play – Dinamika Kelompok
 
Trainer :
Fidelis Waruwu, M.Sc.
Senior Trainer Service Leadership
– MBTI Qualified Administrator.
– Certified DISC.  
– Certified Trainer Personal Formation for Formators (Roma).
– Certified Trainer Living Values (Oxford).
 
Tohap P Simanjuntak
Managing Director Service Leadership
 
 
TERIMA KASIH KEPADA PERUSAHAAN-PERUSAHA AN YANG TELAH MENGIKUTI PELATIHAN MYERS-BRIGGS TYPE OF INDICATORS (MBTI)
 
Bank Mega, Lippo Bank, Bank Bukopin, Bank International Indonesia Bank Central Asia Ciputra Group,PT Amway Indonesia,Badan Meteorologi & Geofisika (BMG),PT Cakrawala Adhiwarna Semesta,Erraenersi Konstruksindo, PT Export Service Centre,PT Daya Adira Mustika,PT Kustodian Sentral Efek Indonesia,PT Nikko Securities Indonesia,PT Sapta Sarana Sejahtera,PT Grita Artha Kreamindo (5asec),PT Data Scrip, JC&K Advertising, Lembaga Pendidikan Perkebunan, High Scope, Yayasan Perguruan Budi Utomo, BPR Artha Karya Sejahtera, PT Qasa Strategic Consulting,. PT Grafindo Media,PT Solvay Pharma,PT Desindo Media,Santa Ursula,PT Nobu Indonesia,Bina Panca Potensia,PT Dynaplast Tbk.,PT Lead Pro,PT Thema Thibi,PT Changsin Industry,Yayasan Mercusuar,PT Arista Group,Bank Mayora,Kiara F&G,PT Persaels,PT Chingluh Indonesia,PT Roche Indonesia,PT Dexa Medica,BNI,PT Asuransi Astra Buana,PT Indo Food,PT Arpeni,PT Imeco, ANZ Bank, PT Swakarsa Wahana Sejahtera,Prudentia l,RS Pondok
Indah,PT Megapolis Manunggal Industrial Dev,PT BII Finance,PT Bukit Raya,PT Jotun Indonesia,PT Berca Indonesia,PT Astra Honda Motor,PT Prana Chandra Sejahtera,CNOOC SES Ltd,PT Akino Wahanamulia, PT Tekpak Indonesia,PT Karunia,Organisasi Wanita Katholik Pusat,Schenker Petrolog Utama,PT Intraco Penta,PT Protindo,PT Bank OCBC NISP,HasibuanBawazir & Pramono Tax Consultant ,PT Samator,CBN, PT Bina Plaspac Indonesia, PLN
 
Pendapat Peserta Training MBTI:  

"Two thumbs up for enthusiastic & knowledgeable instructor" ( Victor Siagian, PT Solvay Pharma Indonesia)

"Luar biasa, selain pak Fidelis expert, juga sabar menangani tipe peserta yang beragam ( Ririn, BCA)

"Very interesting and usefull topic"  (Haito Chandra, PT Changsin Industry)

" Bagus, membuka wawasan untuk pengembangan diri baik pribadi maupun tim" ( Rustin BCA Semarang)

" Jelas, makna bisa ditangkap, tidak membosankan ( Yunita, PT Nobu Indonesia )

"Konten sangat menarik. Kita menyadari tiap orang berbeda & bagaimana menghadapi setiap pribadi ( Joyce, BII)

"The Instructor is very excellent in explaining the contents. He gave many examples to make us easy to understand the contents. The contents is very interesting. We did not feel bored all the times. These subjects is very good to prepare us as the good manager and give us better managerial skills" ( Ery Venly, PT Nikko Securities Indonesia)

"Very broad knowledge in his field." Very interesting topic and useful  (Eddy Salim, Lippo Bank)

"It's realy help to enrich my knowledge about people's personality"  (Yani Maria, PT Data Scrip)

"Sangat membantu dalam mengetahui siapa diri kita dan memampukan kita untuk dapat menghargai orang lain.Instruktur sangat menguasai materi sehingga mudah dimengerti" (Sandra, Grup Ciputra)

 
Investasi
Sebelum tgl 10 Februari 2010 Rp 2.100.000/peserta
Sebelum tgl 25 Februari 2010 Rp 2.300.000/peserta
Full Fare Rp 2.500.000/peserta
 
BONUS..!!
Pelatihan ini kami harapkan langsung memberikan dampak positif bagi tim dan organisasi Anda. Oleh karena itu kami memberikan Gratis Peserta ke-4 dan ke-5 apabila perusahaan Anda mendaftarkan 3 peserta.
 
Extra BONUS..!!
Khusus individu peserta alumni training Expanded DISC Service Leadership, Batch I s/d Batch X, mendapatkan potongan harga extra Rp 750.000 
 
Transfer ke BCA Kelapa Gading, Jakarta
No 6300801704 a.n Tohap P Simanjuntak
 Informasi & Pendaftaran :
Service Leadership
0812.802.8352 / 0812.9766.822
www.serviceleadership.web.id
E-mail: info@serviceleadership.web.id

Foto Training Expanded DISC Batch X, 2-3 Februari 2010 Hotel Ciputra
 
Batch XI- Workshop 2 hari

MASTERING THE DISC PROFILE
(EXPANDED DISC)
(Powerful Tools for Recruitment, Selection, Placement, Promotion, Team Building, Career Planning & Improving Effective Communication)
 
10-11 Maret 2010, Hotel Ciputra
Jakarta Pkl 09.00 -17.00 Wib
 
* ANDA ingin terampil menggunakan DISC Profile untuk Assessment Cepat karyawan /calon karyawan?
 
* Ingin mendapatkan gambaran DISC para Best Employee di perusahaan Anda untuk selanjutnya menjadi profil DISC acuan  dalam seleksi karyawan baru?
 
* Ingin mengetahui pola DISC Profile yang sesuai dengan jabatan tertentu di perusahaan ANDA?

 
Ikuti Workshop 2 hari EXPANDED DISC..!

Kami jamin, ANDA PASTI mahir menggunakannya. !
 
BONUS..! BONUS..! 
√ FREE Software DISC Profile√ FREE Software program Excel untuk mempercepat perhitungan skor/grafik
Plus Voucher Discount Rp 750.000 untuk mengikuti Training Myers Briggs Type of Indicators ( MBTI) 5-6 Maret 2010
 
 
Definisi DISC
DISC Profile adalah sebuah alat untuk memahami tipe-tipe perilaku dan gaya kepribadian, yang pertama kali dikembangkan oleh William Moulton Marston. Dalam penerapannya di dunia bisnis dan usaha, alat ini telah membuka wawasan dan pemikiran, baik secara professional maupun secara personal.. 
 
DISC membagi 4 tipe perilaku individu ketika berinteraksi dengan lingkungannya, yakni : Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance
 
Manfaat
 
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu mengenal  perilaku karyawan dan calon karyawan perusahaan dalam beberapa hal antara lain:   1. Gambaran dan karakteristik umum kepribadian
2. Hal yang ditakuti
3. Kecenderungan dalam bekerja dan bersosialisasi
4. Kecenderungan dalam menerima dan memahami informasi
5. Kemungkinan kelemahan
6. Nilai terhadap kelompok
7. Karakteristik positif
8. Kecenderungan dalam berkomunikasi dan berhubungan dengan berbagai tipe kepribadian
9. Faktor-faktor yang memotivasi
10. Lingkungan atau suasana yang ideal
11. Wilayah pengembangan diri     
 
Hari pertama : 10 Maret 2010
 
Sesi 1: Pemahaman DISC sebagai Model Perilaku Manusia
* Definisi DISC* Mengenal berbagai laporan dan assesment rekrutmen yang ada
 
Sesi 2: Interpretasi DISC
* Pemahaman mendalam mengenai Dominant (D), Influence (I), Steadines (S) dan Compliance (C)
*  Peserta melakukan self assesment untuk mengetahui gambaran DISC masing-masing
 
Sesi 3:  Pembahasan Grafik DISC
* Kondisi transisi di grafik 1, grafik 2 dan grafik 3
* Karakteristik grafik Low C dan D sejajar 
* Karakteristik grafik High D dan High C
 
Hari kedua 11 Maret 2010
 
Sesi 5 Interpretasi Grafik DISC ( Lanjutan)
* Karakteristik grafik SC di bawah garis Nol
* Flick-up, Flick-down, Elongates
* Sumber stres ( pergerakan grafik I dan grafik S)
 
Sesi 6  : Praktek /  Presentasi 
Dalam sesi ini, setiap peserta mempresentasikan gambaran grafik DISC beberapa sample karyawan di perusahaan masing-masing untuk didiskusikan bersama
 
Sesi 7 dan Sesi 8 : Penyusunan Job Profile & Job Fit Profile
* Cara melakukan penelitian terhadap Job Fit Profile berdasarkan DISC
Sales/ Marketing, Finance, Produksi (pabrik), Administrasi untuk level Staf, Supervisor dan Manager*
* Latihan menyusun Job Fit berdasarkan data DISC
  
Trainer :
Fidelis Waruwu, M.Sc.
– MBTI Qualified Administrator.
– Certified DISC. 
– Certified Trainer Personal Formation for Formators (Roma).
– Certified Trainer Living Values (Oxford).
 
Co-Trainer :
Tohap P Simanjuntak
Managing Director Service Leadership
 
*Peserta membawa notebook/ laptop selama 2 hari pelatihan.
 
Sebelum mengikuti workshop, peserta diminta membawa profil 10-20 karyawan perusahaan dalam bentuk formulir kuesioner. Formulir kuesioner DISC dapat diperoleh ketika melakukan pendaftaran
 
TERIMA KASIH KEPADA PERUSAHAAN YANG TELAH MENGIKUTI WORKSHOP EXPANDED DISC
 
Bank Mayora, Coffey International Development, Kharisma Excellent Counsulting, Kiara F&G, PT Altecindo, PT Anugrah Argon Medica (AAM), PT Arpeny Ocean Line,PT BNI ( Persero )Tbk, PT Datascrip, PT Elnusa, PT Imeco Inter Sarana, PT Jababeka,Tbk, PT Kotaminyak Internusa, PT Nobu Indonesia,PT Orica Mining Services, PT Panarub Industry, PT Persaels, PT Telaga Sakti,Yayasan Monopati, PT Panen Lestari Internusa (Sogo), AJ Prudential, Bina Panca Potensia, Asuransi QBE Pool Indonesia,PT Prana Chandra Sejahtera /Bella Donna Institute,RS MMC, PT PLN,PT Bukit Raya, PT Murni Solusindo Nusantara, PT Swakarsa Wahana Sejahtera,RS Pondok Indah,PT Prambanan Kencana, PT Outsource Indonesia,PT Datacom Solusindo,PT Excelso Multirasa,PT Boehringer Ingelheim Indonesia,PT Andalan Anda Foto, PT Intraco Penta, Bank Danamon, Mall Artha Gading, PT Talent Box Indonesia, Prasanda Consultant, PT Cyberindo, PT Interbat, PT Tansri Gani, PT Asian Agri, PT Sanyo Indonesia, PT Bina
Plaspac Indonesia, PT Protindo,PT Avocet Mining, One Eleven Integrated Communication, PT Horiguchi Engineering Indonesia,PT IDS Manufacturing, PT Trans Ice, PT Medikon Utama Pharmalab, PT Plan Indonesia, PT Trimatra Talagraha, PT AJB Bumiputera 1912, Bank CIMB Niaga,PT Intraco Penta,PT Bayu Buana, PT Pura Group 

 
Pendapat Peserta Workshop EXPANDED DISC:
 
"Instruktur menjelaskan materi sangat gamblang & dibuat sederhana sehingga mudah dipahami" (Angelica D, HRD Manager PT Panen Lestari Internusa / Sogo)
 
"Good Facilitator" ( R Tonny B Surianingrat, HRD Manager PT Asuransi QBE Pool Indonesia)
 
"Excellent facilitator, pengajarannya jelas dan sangat membantu ( Antonius Tjahjadi, Agency Manager Prudential)
 
"Pak Fidelis adalah instruktur yang sangat mengesankan, penuh dan mampu menularkan semangat kepada peserta" ( Febi Herdajani MPsi, Bina Panca Potensia)
 
" Luar Biasa Bagus!! Saya sangat merasa puas. Contentnya bagus dan disampaikan oleh instruktur yang tepat. terima kasih sekali, sangat bermanfaat ( Tahoma Ria, HRD Manager PT Prana Chandra Sejahtera/ Bella Donna Institute)
 
" Bp. Fidelis Waruwu sangat bisa menghidupkan suasana training dapat berbagi ilmu dengan berbagai teknik/pendekatan. Baik sekali ( Veranita, SPsi, RS MMC)
 
 
Investasi
Pembayaran sebelum tgl 15 Februari 2010: Rp 2.100.000
Pembyaran sebelum tgl 30 Februari 2010: Rp 2.300.000
Full Fare Rp 2.500.000/peserta
Transfer ke BCA Kelapa Gading, Jakarta
No 6300801704 a.n Tohap P Simanjuntak

 
Informasi & Pendaftaran :
0812.802.8352 / 0812.9766.822

www.serviceleadership.web.id
E-mail :info@serviceleadership.web.id
 
 
 

(Batch 7) Conquer your Audience..!
TRAINING FOR TRAINER
24-25 Februari 2010 Apartemen Batavia, Jakarta Pkl. 09.00-17.00 wib
Silahkan download Brosur di www.serviceleadership.web.id
  
Informasi & Pendaftaran :
Service Leadership
0812.802.8352 / 0812.9766.822
www.serviceleadership.web.id
E-mail: info@serviceleadership.web.id

Messages in this topic (1)

————————————————————————
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/

<*> Your email settings:
Digest Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/psikologi_transformatif/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
psikologi_transformatif-normal@yahoogroups.com
psikologi_transformatif-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
psikologi_transformatif-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

————————————————————————

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: