Hubungan Locul Of Control Internal Dan Kecerdasan Emosi Dengan Prestasi Kerja Distributor MLM

Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Locus Of Control Internal Dengan Prestasi Kerja Distributor Multi-Level Marketing (Mlm)

Pada pekerjaan-pekerjaan tertentu, sifat-sifat kepribadian seseorang sangat mempengaruhi prestasi kerja yang dihasilkannya. Seperti yang dikatakan oleh Gibson dkk (1996), bahwa kepribadian merupakan faktor yang kompleks, tetapi tidak dapat diabaikan begitu saja. Perilaku seseorang tidak akan dimengerti tanpa mempertimbangkan konsep kepribadian, menurut Goleman (1999), untuk memiliki prestasi kerja yang menonjol hanya disyaratkan kecakapan emosi tertentu. Pekerjaan berbeda memerlukan kecakapan emosi yang berbeda pula.
Seperti yang telah diketahui, karakteristik dari MLM adalah tradisi kemandiriannya. Layanan ke konsumen dan komitmen untuk pertumbuhan kewirausahaan dalam system pasar bebas (http:/www.amway.co.id/directsale. Asp.25/06/2006). Layaknya seorang wirausahawan yang bekerja secara mandiri diperlukan rasa keyakinan diri kuat, karena akan sulit berhasil jika kita tidak yakin bahwa kita dapat dengan sangat efektif mempengaruhi hasil. Persepsi seseorang tentang sumber nasibnya diistilahkan dengan Locus of Control. Individu yang memiliki keyakinan bahwa mereka mengendalikan mengendalikan nasib mereka sendiri, dapat berhasil karena usaha mereka sendiri disebut sebagai individu yang memiliki Locus of Control Internal.
Kaitannya dengan layanan ke konsumen, tugas utama seorang distributor adalah melakukan distribusi produk secara langsung ke konsuman dan melakukan promosi usaha. Kegiatan ini mengharuskan seorang distributor setiap harinya untuk bertemu dengan banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda, dan setiap karakter membutuhkan penanganan yang berbeda. Tentunya untuk dapat mengetahui dan menangani emosi orang lain secara tepat diperlukan keterampilan untuk mengetahui dan menangani emosi diri. Seperti yang dikatakan Robbins (2003), bahwa orang yang mengetahui emosi mereka sendiri dan bisa dengan membaca emosi orang lain bisa menjadi lebih efektif dalam pekerjaannya, dan pada hakekatnya itu merupakan riset terkini tentang kecerdasan emosional.
Kecerdasan emosional menunjuk pada suatu keanekaragaman keterampilan, kapabilitas dan kompetensi nonkognitif, yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berhasil dalam menghadapi tuntutan dan tekanan lingkungan. Terdiri dari lima dimensi :
1)     Kesadaran  Diri        : Kemampuan untuk sadar akan apa yang dirasakan
2)     Mengelola Diri   : Kemampuan untuk bertahan dalam menghadapi       kemunduran dan kegagalan
3)     Motivasi Diri            : Kemampuan untuk bertahan dalam menghadapi
4)     Empati           : Kemampuan untuk merasakan bagaimana yang lain merasakan
5)     Keterampilan Sosial  : Kemampuan menangani emosi orang lain.
Locus of Control Internal dan kecerdasan emosi memiliki suatu keterkaitan. Ketika individu memiliki orientasi control internal yang mengarahkan mereka untuk membuat tujuan dan mengembangkan rencana tindakan untuk mencapai tujuan secara umum, mereka membangun rasa keberhasilan diri. Rasa kemampuan seseorang mempengaruhi motivasi seseorang dan Kecerdasan emosi pun menyebutkan motivasi sebagai salah satu aspeknya yang merupakan bagian penting dari kesatuan keterampilan tersebut.
Dari uraian di atas, peneliti menduga bahwa kecerdasan emosi dan locus of control internal dapat mempengaruhi prestasi kerja distributor  MLM. Semakin tinggi kecerdasan emosi dan semakin internal locus of control seorang distributor maka prestasi kerjanya semakn tinggi. Sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosi dan semakin tidak internal locus of control seorang distributor maka akan semakin rendah prestasi kerjanya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: