Dinamika Prestasi Atlet Tae Kwon Do DIY Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Dan Dukungan Sosial

Kondisi psikis atlet sangat mempengaruhi prestasi atlet. Apabila atlet mempunyai kondisi psikis yang kurang baik maka kemungkinan sekali atlet tidak mempunyai kesempatan mengembangkan potensi dirinya, sehingga akan mempengaruhi proses latihan atau proses bertanding atlit yang akibatnya atlet tidak dapat mencapai prestasi yang optimal. 

Sebaliknya jika kondisi psikis atlet baik maka sangat mungkin atlet mempunyai kesempatan untuk mengembangkan potensi dirinya, sehingga akan memberi dampak yang positif terhadap atlet. 

Dalam setiap kejuaraan Tae Kwon Do, secara fisik tentunya para atlet yang akan bertanding sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi kejuaraan. Akan tetapi kecenderungan atlet yang selalu menjadi juara adalah atlet yang mempunyai kepercayaan diri, ketenangan, dan kestabilan emosi yang baik. 

Bamister (Wirawan, 1999) menjelaskan bahwa batas-batas sirkulasi dan faal pada latihan otot penting, namun faktor psikologi di luar lingkup faallah yang bakal membedakan kalah atau menang dan yang akan menentukan bagaimana seorang atlet dapat mendekatkan diri pada batas puncak penampilan. 

Weinberg dan Gould (Satiadarma, 2000), berpendapat jika atlet tidak mempunyai rasa percaya diri  maka akan mempengaruhi emosi, konsentrasi, sasaran, usaha, strategi, dan momentum yang akibatnya atlet tidak bisa mencapai prestasi yang maksimal. Sebaliknya jika atlet mempunyai rasa kepercayaan diri yang tinggi, maka atlet dapat mengontrol emosinya, bisa berkonsentrasi, mempunyai sasaran yang menantang, mempunyai usaha untuk mendapatkan prestasi yang maksimal, mempunyai strategi yang dapat membantu mencapai prestasi maksimal, serta mempunyai daya juang yang hebat dan pantang menyerah. 

Setiap individu memerlukan adanya suatu dukungan terhadap dirinya. Hal ini akan menjadikan individu lebih berarti. Hal ini tidak berbeda dengan diri seorang atlet yang akan selalu memerlukan suatu dorongan atau petunjuk dalam mencapai suatu prestasi yang optimal. Dukungan sosial sangat bermanfaat bagi atlet yang terdidik dalam suatu budaya yang tegas, otoriter dan banyaknya aturan, sehingga individu yang memiliki kebutuhan sosial yang tinggi bermanfaat untuk mencapai prestasi yang maksimal. 
Adanya dukungan sosial memang sangat berpengaruh terhadap penampilan maupun mental atlet. Umumnya atlet Tae Kwon Do DIY yang bertanding di luar daerah kurang mampu mencapai prestasi yang optimal. Sebaliknya apabila atlet Tae Kwon Do bertanding di daerah sendiri cenderung bisa mencapai prestasi yang optimal. 
Menurut Crow & Crow (1973), salah satu faktor yang mempengaruhi proses meraih Prestasi adalah faktor lingkungan atau dukungan sosial, yaitu faktor yang secara psikologis mempengaruhi proses secara keseluruhan. 
Dukungan sosial sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi atlet. Apabila lingkungan atau dukungan sosial mendukung apa yang dilakukan oleh atlet, maka kemungkinan atlet itu akan berhasil mencapai prestasi yang maksimal. Sebaliknya jika lingkungan atau dukungan sosial tidak mendukung maka kemungkinan sekali atlet tidak mempunyai kesempatan mengembangkan potensi dirinya, sehingga akan mempengaruhi proses latihan atau proses bertanding atlit yang akibatnya atlet tidak dapat mencapai prestasi yang optimal. 
Hasil penelitian Hartanti (2002) menunjukkan bahwa atlet yang berprestasi tidak lepas dari perhatian dan dukungan orang yang berarti bagi subyek. Bila memperoleh dukungan, ia akan melangkah lebih yakin dan tidak mengalami kegamangan dalam bertindak. 
Berdasarkan hasil uraian dan teori di atas dapat disimpulkan bahwa (1) ada hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi. Atlet yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi cenderung memiliki prestasi yang tinggi, sebaliknya atlet yang mempunyai kepercayaan diri rendah cenderung tidak bisa mencapai prestasi yang optimal. (2) ada hubungan antara dukungan sosial dengan prestasi. Atlet yang dukungan sosial yang baik cenderung memiliki prestasi yang tinggi, sebaliknya atlit yang kurang mempunyai dukungan sosial cenderung tidak bisa mencapai prestasi yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: