Resiliensi Korban Gempa

RESILIENCE PADA KORBAN GEMPA (STUDI KASUS PADA KORBAN GEMPA BUMI YOGYAKARTA 27 MEI 2006)

 

Kebanyakan dari korban bencana yang selamat mengalami reaksi stress setelah peristiwa traumatik. Reaksi yang dapat terjadi selama beberapa hari atau beberapa minggu termasuk reaksi emosional  seperti shok, takut, marah, merasa bersalah, merasa tidak berdaya, kosong, tertekan. Reaksi kognitif misalnya bingung, disorientasi, khawatir, sulit konsentrasi, kehilangan memori, menyalahkan diri sendiri. Reaksi fisik, insomnia, tegang, gelisah, lelah. Reaksi interpersonal: tidak percaya, mengalami konflik, menarik diri, bermasalah pada pekerjaan, kehilangan kedekatan, tidak terkontrol, merasa terbuang (Young, 2006). 
Penelitian menunjukkan satu dari tiga korban bencana yang selamat memiliki gejala stress yang beresiko menjadi post traumatic stress disorder (PTSD) (Young, 2006). Setelah mengalami peristiwa yang sangat traumatis, sangat wajar jika mengalami gejala depresi dan kecemasan. Pada PTSD, gejalanya akan hilang setelah berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun. Bencana gempa bumi adalah salah satu dari peristiwa yang menyebabkan trauma bagi individu yang mengalaminya.
Resilience sangat berperan dalam recovery terhadap trauma atau meminimalkan resiko terhadap PTSD. Dr Judith Herman penulis buku Trauma And Recovery menggambarkan bagaimana resilience meningkatkan kemampuan seseorang untuk menghindari stress dan menurunkan resiko PTSD. Orang yang memiliki resilience yang tinggi ketika dihadapkan pada trauma akan melindungi diri mereka dari PTSD dan mempercepat proses recovery (Reivich, 2002). Hiew  dalam Astuti (2005) menyatakan bahwa orang yang memiliki resilience dapat kembali normal setelah mengalami trauma karena kemampuan mereka untuk dapat mengatur sendiri kondisi kognitif emosional dan biologi yang seimbang. Orang yang resilience dapat mengatasi tekanan dengan baik, ramah dan dapat berafiliasi dengan orang lain (McClelland dalam Astuti 2005).

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: